6 Rekomendasi Outfit Musim Panas dan Tips Memilihnya

Outfit musim panas baik untuk liburan atau aktivitas sehari-hari. Faktor cuaca memang berpengaruh terhadap mobilitas. Musim panas sering kali membuat hawa terasa lebih lembab dari biasanya. Terlebih di Indonesia sendiri berada di iklim tropis yang hanya terdiri dari dua musim. Sehingga kita sebagai penduduk dituntut untuk bisa beradaptasi dengan cuaca panas.

Ada dua tantangan yang harus kamu hadapi ketika bertemu dengan musim panas. Pertama, bagaimana pakaian yang dikenakan tidak membuat kamu gerah. Selanjutnya,kulit harus tetap terjaga supaya tidak kepanasan dan terjaga kelembabannya. Penggunaan baju yang tepat adalah salah satu hal yang patut kamu cermati. 

Bagaimana Tips Memilih Outfit Musim Panas?

Menyiasati cuaca memang bukan perkara mudah. Salah sedikit bisa mengganggu kegiatan yang kamu lakukan. Bukan cuma itu, penampilan juga bisa saja terganggu. Misalnya keringat jadi terlihat jelas pada bagian tubuh tertentu. Tapi, semua itu bisa teratasi kalau kamu ikuti tips berikut:

1. Hindari Pakaian Ketat

Pakaian yang longgar merupakan pilihan paling tepat untuk tetap sejuk di musim panas. Hal ini dikarenakan ada ruang lebih sehingga sirkulasi udara pada tubuh tetap masuk. Baju yang ketat mengunci kulit. Akibatnya keringat akan cepat muncul dan terasa lebih gerah.

Karena sinar matahari pada musim panas sangatlah terik, maka baju yang digunakan pun harus memiliki aliran udara sebanyak mungkin. Tidak perlu pakaian terlalu terbuka untuk menghindari gerah. Cukup pakaian longgar yang sedikit menyentuh tubuh.

2. Pilih Bahan yang Adem

Poin ini juga harus kamu ketahui. Sebab tidak semua bahan kain bisa cocok dengan iklim musim panas. Lebih baik kamu gunakan bahan seperti katun yang memang dikenal adem. Ada banyak jenis katun dan mudah sekali dijumpai di pasaran.

Jika kamu bosan dengan bahan katun biasa, kamu bisa gunakan bahan lain. Contohnya adalah bamboo cotton yang kualitasnya jauh lebih baik dari cotton combed. Selain punya sirkulasi udara baik, bamboo cotton juga mampu menangkal sinar UV masuk.

3. Warna Terang Jadi Opsi Utama

Coba saja bandingkan ketika kamu memakai baju warna gelap dengan warna terang di bawah terik sinar matahari, pasti akan terasa perbedaannya. Warna terang mampu memantulkan cahaya. Tidak seperti warna hitam yang menyerap cahaya.

Warna hitam bisa dibilang sebagai tanda akan hilangnya seluruh jenis gelombang warna. Berlawanan dengan putih yang jadi tanda adanya seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang. Meski begitu, medium berwarna putih tetap juga menarik panas melalui cahaya inframerah.

4. Kurangi Aksesoris Berlebihan

Menggunakan aksesoris memang bisa buat tampilan makin menawan. Banyak ragam perhiasan yang mungkin kamu sendiri sangat ingin sekali memakainya. Tapi di musim panas, sebaiknya penggunaan aksesoris harus lebih dikurangi.

Alasannya, produk aksesoris yang menjuntai bisa terkena kulit. Terlebih untuk anting dan gelang dengan bahan dasar emas. Kamu cukup gunakan aksesoris seadanya, seperti topi.

5. Jangan Pilih Teknik Layering

Luaran seperti jaket berfungsi sebagai penghangat tubuh. Karena cuaca panas, maka sebaiknya tidak menggunakan outer. Apalagi kalau kamu harus berada di luar ruangan. Supaya tidak terasa kegerahan ketika beraktifitas.

Kenyamanan dalam berpakaian memang harus selalu diperhatikan. Bila ingin mengaplikasikan teknik layering, coba gunakan outer berbahan tipis seperti linen. Kain linen sangat adem digunakan dan cocok untuk musim panas.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Street Style dan Rekomendasi Outfitnya

Rekomendasi Outfit Musim Panas

Persiapkan outfit terbaik versimu untuk melawan musim panas. Jika masih ragu apa yang harus dipakai, kami berikan contoh produk outfit yang mampu melawan rasa gerah. Tentunya semua produk di bawah ini harganya terjangkau!

1. Kemeja Pantai

kemeja pantai

Pilihan pertama ini tentunya jadi favorit banyak orang. Motifnya beragam dan bahan yang digunakan pun juga adem. Kemeja pantai juga sangat pas untuk foto OOTD. Selain estetik pun kemeja santai pun sangat praktis.

Kemeja santai bisa dipakai secara tunggal. Tapi, tak ada salahnya bila ingin memakai dalaman kaos. Opsi warna aman untuk dalaman kemeja pantai adalah warna putih dan hitam. Bisa masuk untuk berbagai warna kemeja.

2. Tunik Dress

tunik dress

Pilihan kedua ini sangat cocok untuk para wanita, bahkan para hijaber sekaligus. Tunik dress adalah sebuah gaun yang bentuknya seperti T-shirt dress. Namun yang membedakan adalah potongannya yang lebih longgar.

Sifatnya tidak menampilkan lekukan tubuh. Dibuat dari 100% katun alami yang punya keunggulan hypoallergenic dan tidak panas. Adem saat digunakan karena punya sirkulasi udara yang baik.

3. Kaos Berlengan Pendek

kaos berlengan pendek

Kaos terdiri dari bahan cotton combed yang dikenal karena bahannya bagus. Harga yang dibanderol pun masih terjangkau. Pilihan paling pas untuk cuaca panas adalah kaos berlengan pendek.

Kaos lengan pendek terasa lebih adem dan praktis dipakai. Warna gelap sebaiknya dihindari supaya kaos tidak menyerap banyak cahaya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Outfit Pantai Pria dan Cara Memilihnya

4. Celana Pendek

celana pendek

Maka dari itu perlunya celana yang pas. Celana pendek berbahan dryfit bisa jadi solusi tepat. Memiliki bahan yang mampu membuat sirkulasi udara dengan baik agar penggunanya tetap betah dan nyaman. DI satu sisi juga bahannya sangat ringan.

5. Topi 

topi

Topi adalah penutup kepala yang termasuk ke dalam kategori aksesoris. Karena pada dasarnya kepala tidak boleh terlalu kepanasan, maka topi kerap dijadikan perlindungan ekstra. Terutama saat cuaca sedang panas-panasnya dan butuh aktivitas di luar lapangan.

Selain jadi pelindung kepala,. topi juga bisa menunjang outfit-mu. Gunakan topi dengan warna terang. Pilihan warna terang mampu memantulkan cahaya dengan baik. Supaya tidak menimbulkan panas pada kepala.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Outfit Monokrom dan Cara Memilihnya

Mix and match outfit musim panas memang harus dilakukan secara cermat. Di luar dari sisi kenyamanan, look kamu pun tetap bisa tampil maksimal dan cerah. Semoga tips yang sudah kami jelaskan bisa kamu aplikasikan saat musim panas telah tiba.

Tshirtbar sebagai penyedia pakaian siap membantu kebutuhan outfit, termasuk untuk musim panas. Ada kaos dan opsi lainnya yang bisa dibuat secara custom tanpa minimum pembelian. Jangan sampai kehabisan!

Custom Fashion Wear

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *