5 Rekomendasi Outfit Monokrom dan Cara Memilihnya

Outfit monokrom sangat digandrungi oleh banyak orang. Pengaplikasian paduan warna tersebut tentunya mudah diikuti. Terlebih untuk kamu yang sepertinya kurang suka dengan warna yang nyentrik atau mencolok. Sebenarnya apa sih pengertian dari monokrom itu?

Istilah monokrom (monochrome) merupakan gabungan dari dua kata; mono dan chrome. Secara sederhana monokrom bisa diartikan warna tunggal. Mungkin  banyak orang yang menganggap bahwa monokrom hanya terbatas pada warna hitam dan putih. Namun sebenarnya warna  apa saja yang masih satu gradasi pun bisa dikategorikan sebagai monokrom.

Meski terbilang gampang, namun kamu juga harus tahu seperti apa menggunakan outfit senada yang pas. Sebab, kamu pun bisa tampil keren meski hanya mengandalkan satu warna saja.

Bagaimana Tips Memilih Outfit Monokrom?

Sudah jadi tren sejak lama, outfit monokrom tetap saja tidak termakan oleh waktu. Sebagai pecinta fashion juga harus bisa eksplor gaya apa saja. Termasuk monokrom yang kian jadi andalan.

Outfit dengan nuansa monokrom tentu bisa kamu aplikasikan untuk segala kegiatan. Mau formal, non formal dan santai di rumah pun bisa. Agar semakin memudahkan kamu, simak bocoran dari kami yang bisa membantu kamu dalam berpakaian dengan tampilan monokrom.

Baca Juga: Rekomendasi Desain Baju Seragam Keluarga

1. Tentukan Gradasi Warna

Sebelumnya, kita mesti tahu mau warna apa yang akan di pilih. Semisal kamu mau pilih hitam, maka atribut busana lainnya juga harus warna yang sama. Coba sortir warna dasar dengan rona gelap dan terang. Hal ini bertujuan agar outfit kamu tidak terlalu “tenggelam”. Sehingga kamu bisa tampil lebih segar.

Di dunia ini ada banyak nama warna dan punya keunikannya tersendiri. Namun warna yang paling primer adalah merah, hijau, dan kuning.

2. Tambahkan Item Bermotif

Tips kedua ini bisa kamu terapkan. Busana dengan motif cantik bisa buat tampilan kamu tidak terlalu monoton. Selain itu, tambahan produk bermotif menambah kesan lebih ceria dan playful. Ragam motif yang bisa dipilih misalnya motif binatang, polkadot atau stripe line.

Jangan ragu untuk menunjukkan outfit yang sedikit berbeda. Bisa jadi orang terkesima dengan penampilan kamu saat kamu sedang berjalan di tempat yang ramai.

3. Aksesori Sebagai Pemanis

Untuk menambah aksen ciamik, aksesori pun sah-sah saja untuk digunakan. Aksesori yang bisa kamu gunakan contohnya perhiasaan tangan dan headwear seperti topi.

4. Coba Teknik Layering

Teknik layering berarti menambah satu lapis pakaian pada bagian badan. Teknik tersebut membuat tampilan kamu lebih bervolume namun tetap aman dikenakan. Tapi ada hal yang perlu di ingat. Jangan gunakan baju yang terlalu tebal. Sebab bahan tebal bisa buat tubuh terasa gerah,

5. Sesuaikan dengan Acara

Biasanya, di acara tertentu selalu ada dresscode mengenai warna baju. Bukan cuma warna, model bajunya saja sudah diatur sedemikian rupa. Bahkan tidak jarang untuk menghindari pemakaian produk tertentu, misalnya sandal jepit.

Artinya, kamu perlu sesuaikan dengan acara yang akan dikunjungi. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk pergi hangout. Rasanya tampil dengan gaya monokrom tetap bisa dinikmati.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Desain Baju Polos Lengan Panjang

Rekomendasi Outfit Monokrom untuk Berbagai Acara

Pada akhirnya, tujuan fashion sendiri bisa menunjang segala aktifitas. Di luar itu juga dapat mencuri perhatian banyak orang. Dengan segala tren fashion sejak dulu, gaya monokrom tetap jadi salah satu pilihan paling aman yang mudah diadaptasi oleh berbagai generasi. Tak perlu berlama-lama, kami hadirkan pilihan outfit monokrom yang bisa kamu contoh. Tentunya bisa dipakai untuk acara formal maupun non formal.

1. Outfit Serba Hitam

Pertama, hitam adalah warna populer. Kedua, warna hitam juga sangat fleksibel. Dan yang terakhir, baju berwarna hitam sangat aman. Jadi artinya, warna serba hitam adalah alternatif pertama sebagai warna dasar outfit untuk kamu.

Warna hitam juga punya keunggulan lain. Yakni bisa sedikit menyamarkan lekuk tubuh. Jadi tidak heran bila banyak yang menyukai warna ini. Kamu bisa pakai kaos hitam dan terapkan teknik layering. Tambahkan juga aksesori dengan warna sedikit lebih terang seperti abu-abu.

2. Outfit Serba Hijau

Warna hijau juga kerap jadi idaman para pecinta fashion. Bahkan di tahun 2022 pun sedang jadi salah satu warna yang trend. Khususnya untuk warna hijau army.

Kamu bisa gunakan polo shirt warna forest green dengan celana bahan, Warna celana yang kamu pilih punya warna satu atau dua tingkat lebih gelap dari atasan. Alasannya, supaya outfit tidak terlalu nyentrik. Tampilan kamu jadi terkesan segar sekaligus kasual. Cocok untuk kegiatan semi-formal.

3. Outfit Serba Biru

Biru juga menjadi pilihan aman untuk digunakan. Warnanya tidak segelap hitam dan banyak opsi gradasi warna. Padukan baju biru muda dengan outer biru gelap supaya tidak monoton. Celananya bisa pakai jeans atau model lainnya yang tentunya berwarna biru. Warna ini juga punya banyak opsi, Antara lain: navy, electric blue atau biru terang seperti maya. 

4. Outfit Serba Putih

Keempat, ada putih yang melambangkan arti suci. Warna ini juga bisa jadi alternatif lain. Putih terbilang aman dan bisa buat kamu terlihat segar dan cerah. Namun resiko terbesar dari warna adalah mudah bernoda.

Jadi, kamu harus bisa memilih baju putih dengan kualitas terbaik supaya tidak mudah luntur dan tidak sulit dibersihkan.

5. Outfit Serba Merah

Terakhir, warna merah juga jadi salah satu warna favorit. Pilihan warna ini akan membuat kamu tetap keren. Caranya adalah dengan memilih warna merah dalam gradasi berbeda, misalnya merah marun gelap dan merah terang.

Warna merah dikenal sebagai simbol keberanian. Jadi tidak heran bila merah bisa buat look kamu semakin bold, tanpa menghilangkan esensi kalem.

Baca Juga: Rekomendasi Warna Baju untuk Kulit Gelap

Jadi, itu tadi beberapa tips dan rekomendasi outfit monokrom yang bisa kamu coba terapkan. Sekarang kamu tidak perlu takut lagi berurusan dengan paduan warna. Sah saja jika hanya ingin mengandalkan satu warna. Pilihlah tempat jual baju dengan berbagai pilihan warna yang bisa kamu mix and match sesuai dengan yang kamu inginkan.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *