Last Update: September 12th, 2022 at 3:30 pm

Bagaimana Bahan Kaos Terbaik Untuk Beraktivitas?

Kaos yang digunakan untuk aktivitas harian cukup berbeda dengan kaos yang dipakai bepergian. Ada kriteria khusus yang harus dimiliki seperti menggunakan bahan yang lembut, berkualitas, dan tidak menyebabkan terjadinya alergi. Singkatnya, bahan kaos terbaik untuk dipakai sehari-hari tidak bisa sembarangan dibeli.

Untuk mendapatkan kaos yang nyaman dipakai untuk aktivitas harian, Anda disarankan untuk memilih bahan yang tepat. Bahan kaos terbaik biasanya terbuat dari katun atau kombinasinya. Berikut beberapa bahan yang bisa dipilih untuk dijadikan pakaian saat di rumah atau sedang tidur.

Jenis Bahan Kaos Terbaik Untuk Anda

Ada beberapa jenis kain yang bisa Anda pilih sebagai bahan kaos Anda. Tiap bahan kaos dibawah ini tentunnya bisa Anda pilih sesuai dengan kecocokan Anda. Inilah informasi penting mengenai jenis-jenis kain yang bisa Anda pilih:

1. Soft Cotton

Kaos cotton lembut atau soft cotton adalah bahan kaos yang bagus dan terbuat dari serat kapas dan paling umum dipakai untuk pakaian baik polos atau sablon. Biasanya distro besar atau toko premium menggunakannya sebagai bahan baku. Tidak mengherankan kalau secara kualitas, soft cotton ini sangat bisa diandalkan.

Selain berkualitas dan tidak mudah sekali mengalami kerusakan, soft cotton juga diproses dengan teknologi Silverline. Teknologi ini membuat serat kain menjadi terlindungi dari bakteri. Saat dipakai, pakaian akan nyaman dan menghindari patogen lain untuk hidup di dalamnya.

2. Modal Cotton

Kaos bahan katun modal adalah bahan lain yang biasanya digunakan untuk membuat kaos sablon harian. Bahan ini terbuat dari campuran katun dan serat kayu beechwood. Saat disatukan, dua bahan itu akan menjadi serat yang sangat kuat, tidak mudah terkikis, dan paling penting dari semua ada komponen anti bakteri.

Memiliki kelebihan yang besar membuat katun modal banyak dipakai untuk kaos premium. Tidak mengherankan kalau kaos dari distro atau brand kenamaan dunia kerap menggunakannya sebagai bahan baku.

Baca Juga: Cotton Combed, Cotton Carded, dan Cotton Bamboo. Temukan Perbedaannya!

3. Bamboo Cotton

Bahan cotton bamboo juga bisa dibuat menjadi bahan pakaian saat dicampur dengan katun. Bahan yang terbuat dari serat dari bambu, kain katun bambu ini memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satunya adalah tidak menyebabkan alergi di kulit serta memiliki kemampuan anti bakteri yang besar.

Dengan dua kemampuan itu, jenis kain katun bambu sering dipakai untuk membuat kaos atau pakaian dalam. Jadi, meski dipakai setiap hari, area sensitif akan terlindungi dengan baik. Selanjutnya, kalau dibuat jadi kaos, Anda bisa memakainya untuk tidur sampai melakukan olahraga karena bisa menyerap keringat dengan baik dan juga adem.

4. Fleece Cotton

Katun fleece adalah salah satu bahan yang biasanya dibuat jadi kaos atau jaket. Bahan ini sebenarnya hampir sama dengan katun pada umumnya. Namun, berbeda dengan bahan lainnya, gramasi atau ketebalan dari bahan cukup tinggi. Tidak mengherankan kalau bahan ini sering dipakai untuk pakaian musim dingin atau jaket.

Sebelum memutuskan untuk membeli kaos dengan bahan fleece, ada baiknya untuk mencoba dulu di tangan. Kalau Anda merasa gatal atau alergi, kemungkinan besar bahannya dari serat sintetis. Namun, kalau tidak memberikan efek apa pun, kemungkinan besar bahannya kapas asli.

5. Cotton Combed

Cotton combed atau katun combed adalah bahan kaos yang paling halus, karena bahan ini melalui proses penyisiran (combed) sebelum dipintal hingga menjadi gulungan benang. Karena proses penyisiran ini, kualitas dan harga dari bahan ini sangat lumayan dibandingkan dengan bahan yang lain. Untuk jenisnya ada, bahan katun combed 20s, 24s, 30s, dan 40s.

Bahan kain katun combed ini juga banyak digunakan untuk membuat berbagai macam produk, seperti kaos polos, cover, taplak, sarung bantal dan masih banyak lagi. Tidak heran jika bahan katun ini begitu banyak dicari, mengingat pada dasarnya bahan katun telah menjadi favorit semua orang.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Ukuran Atau Fit Pada Kaos

6. Cotton Galaxy

Jenis cotton galaxy atau cotton mamboo ini adalah bahan kan yang terbuat dari kombinasi 99% katun dan 1% bahan polyester. Struktur kain dari cotton galaxy secara keseluruhan hampir sama dengan kain polos lainnya. Karakteristik dari bahan cotton galaxy ini adalah permukaan bahannya yang terdapat rajutan bintik-bintik berwarna seperti hitam, putih, maupun warna-warni.

Meskipun terdapat rajutan berbintik pada permukaan bahan cotton galaxy, namun tekstur kain ini tetap lembut dan halus. Komposisi bahan katun di kain ini juga membuatnya memiliki daya serap keringat yang sangat baik. Oleh karena itu, baju yang terbuat dari cotton galaxy akan tetap nyaman dipakai sekalipun dalam kondisi cuaca panas.

7. Cotton Pique Diamond

Bahan kaos yang bagus berikutnya adalah terbuat dari jenis kain cotton pique diamond. Kain ini adalah bahan yang umum digunakan untuk membuat kaos polo dengan jahitan bermotif seperti belah ketupat atau diamond. Bahan kain cotton pique diamond terlihat lebih tebal dan lebar, sehingga dapat menghasilkan bahan yang dingin, halus, dan nyaman dipakai. Tak hanya itu, jenis kaos ini juga memiliki daya tahan serap keringat yang tinggi. Karena memiliki kualitas yang bagus, harga yang ditawarkannya pun tentunya relatif lebih tinggi.

8. Cotton Carded

Hampir mirip dengan bahan cotton combed, cotton carded memiliki kategori atau golongan, yang teridiri dari ukuran 20s, 30s, dst. Namun, yang menjadi perbedaan mendasar antara cotton carded dengan cotton combed adalah pada bagian serat benangnya. Tekstur bahan cotton carded yang tidak sehalus combed, sehingga permukaan kainnya sedikit kasar dan kurang rata.

Walau demikian, harga bahan kaos cotton carded lebih murah daripada cotton combed. Cotton carded juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain seperti lebih mudah disablon, tidak mudah luntur atau kusut serta daya serap keringatnya yang cukup baik.

Baca Juga: Tampilkan Kreativitas Kalian Dengan Design Kaos Sendiri!

9. Tri-Blends

Bahan tri-blends adalah jenis kain hasil campuran dari 3 bahan berbeda, yang terdiri 50% polyester, 25% katun, dan 25% rayon. Pencampuran ketiga komposisi tersebut menghasilkan bahan yang berkualitas hampir sempurna. Ciri khas dari bahan tri-blends yakni halus, tidak cepat kusam, lentur, dan juga lembut. Bukan hanya itu, berat bahannya yang ringan dan daya serap keringatnya yang baik, membuat bahan tri-blends menjadi opsi tepat untuk bahan kaos terbaik terutama pakaian olahraga.

10. Supima Cotton

Supima cotton merupakan salah satu bahan kaos terbaik dengan kualitas tinggi serta langka yang terbuat dari benang cotton premium yakni Kapas Pima. Bahan kapas Pima didapatkan dari hasil perkebunan di bagian barat negara Amerika Serikat.

Proses produksi jenis katun supima ini sangat eksklusif, sebab katun ini hanya diproduksi 1% dari keseluruhan produksi katun di dunia. Sehingga berdampak pada harganya yang menjadi jauh lebih tinggi, namun harga tersebut sebanding dengan kesan kemewahan bagi penggunanya. Karakteristik supima cotton dapat dilihat dari seratnya yang lebih panjang dari serat katun pada umumnya, memiliki warna lebih terang, serta tekstur kainnya sangat lembut.

11. Linen

Tahukah Anda bahwa kain linen adalah bahan tertua yang ada di dunia saat ini dan diperkirakan telah dipakai sejak 6000 tahun silam sebelum masehi ketika peradaban Mesir Kuno dan Mesopotamia. Terkenal karena kualitasnya yang sangat bagus dan juga awet, hal ini membuat bahan katun linen digunakan oleh Kerajaan Mesir Kuno khususnya untuk membalut jasad mumi para rajanya.

Sampai detik ini, bahan katun linen sering digunakan sebagai bahan kaos untuk segala jenis musim. Bahan dasarnya yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan menjadikan bahan ini nyaman digunakan apalagi untuk orang yang berkulit sensitif. Kelebihan dari bahan linen adalah daya menyerap keringat yang sangat baik, serta ketahanannya juga 30% lebih tinggi daripada bahan katun lainnya.

12. Viscose Cotton

Kemudian bahan kaos terbaik berikutnya adalah viscose cotton, bahan ini merupakan kain sejenis rayon yang terbuat dari hasil olahan pulp kayu. Dengan tekstur semi-elastis, kain viscose cotton ini memiliki warna yang tidak mudah pudar dan mudah menyerap keringat. Sehingga kain ini sangat cocok untuk dijadikan bahan kaos yang bagus terutama saat cuaca panas. Tampilan dari katun viscose pun terkesan cukup mewah dengan dibandrol harga cukup terjangkau.

Bahan kaos terbaik di atas adalah beberapa yang mudah didapatkan di luar sana. Anda bisa memilih salah satu dari bahan di atas lalu membuatnya jadi kaos atau jaket yang cocok untuk dipakai di rumah atau aktivitas harian.

Baca Juga: Pilihan Kaos Yang Pas Untuk OOTD

Salah satu cara untuk mendapatkan kaos untuk aktivitas harian terbaik adalah pesan di Tshirtbar.id. Mereka menyediakan berbagai kebutuhan kaos terbaik yang berfokus pada kain katun. Anda bisa memilih sendiri jenis bahan sampai ke ukuran dari kaos yang akan dibeli dengan berbagai warna.

Lebih dari itu, kaos yang dibuat di sana juga bisa didesain sesuai dengan keinginan. Mau melakukan sablon atau cetak penuh, bisa dilakukan. Bahkan Anda bisa membuat kaos dan masker dengan tema sama. Ayo buat kaos atau masker khusus untuk Anda sekarang!

 

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published.