Last Update: August 22nd, 2022 at 2:32 pm

Kenali Jenis-Jenis Ukuran Atau Fit Pada Kaos

Hari terus berjalan, sama halnya dengan produk fashion yang semakin berjalan perkembangannya. Tapi kalau berbicara item busana apa yang wajib dimiliki bahkan dalam jumlah banyak, kaos adalah jawaban paling tepat. Fleksibilitas yang tinggi baik dari sisi guna serta estetika membuat produk ini kerap melekat di berbagai kalangan—tanpa mengenal status sosial maupun gender.  Tak lengkap rasanya bila tidak memiliki produk satu ini; entah kaos merchandise dari salah satu musisi, event bergengsi, dan bahkan untuk kebutuhan jasmani juga bisa menggunakan kaos sebagai pakaian untuk menunjang aktifitas seperti berolahraga. Kaos memang sangat multifungsi, kenyamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Berkaitan dengan kenyamanannya sendiri, ada satu hal penting yang patut diperhatikan. Selain melihat dari sisi tampilan, bagaimana kaos ini harus nyaman dipakai tentu menjadi topik utama. Sama seperti produk busana lainnya, kaos pun punya beragam macam jenisnya. Untuk artikel kali ini, kami akan membahas jenis-jenis kaos berdasarkan fit-nya.

 

(referensi untuk gambar perbandingan oversize, regular fit, fashion fit, ladies fit)

 

Apa saja jenis fit pada kaos?

Kebutuhan setiap orang untuk bergaya tentunya berbeda-beda, namun juga disesuaikan dengan keperluannya dan tipe tubuh. Lebih dalam lagi, baik untuk pria maupun pria, mereka juga punya jenis fit-nya sendiri. Mari ikuti panduan kami mengenai ukuran kaos yang bisa dijadikan patokan untuk kalian sebelum membeli atau akan menggunakan produk tersebut. Silakan di simak:

1. Oversize Fit

 

Oversize merupakan gabungan dari kata over dan size. Secara pengertian, oversize merupakan jenis kaos yang di mana dari cutting-an nya sendiri terlihat lebih lebar dari kaos lainnya. Kaos ini cocok digunakan untuk kalian yang ingin tampil dengan look ala streetwear dan tidak ingin menampilkan lekuk tubuh sama sekali.

 

Selain itu, kaos oversize memiliki size chart yang berbeda, namun bila dilihat dari segi desain tidak berbeda dari kaos oblong pada umumnya. Bahan yang digunakan untuk kaos oversize jauh lebih tebal dan paling berkualitas di antara kaos lainnya, sehingga kaos dengan oversize cocok dikenakan saat cuaca dingin karena bahannya lebih hangat.

 

Saat menggunakan kaos oversize, perlu diperhatikan agar tidak memakai ukuran yang terlalu besar supaya badan kalian tidak terlihat besar dan lebih pendek. Kaos oversize juga diyakini dapat menyamarkan tubuh kalian yang berisi, caranya dengan memilih kaos oversize satu ukuran lebih bawah dari size kaos kalian pada umumnya. Untuk tips & trick lengkapnya bisa cek di sini:

 

@tshirtbarid

Insecure sm body shape kamu? nih Tshirtbar kasih tips agar kamu tetap kece dengan penampilan mu☺ #styling #kaospolos #oversize #hoodies #fyp #jaket

♬ INDUSTRY BABY – Lil Nas X & Jack Harlow

 

2. Regular Fit

 

Kaos yang juga biasa dikenal dengan standar fit merupakan jenis fit kaos yang banyak dijumpai di berbagai brand seluruh dunia. Ciri-ciri dari kaos regular fit adalah bentuknya yang lurus dan memiliki kesan pas namun meninggalkan sedikit longgar di tubuh. Lain dari itu, kaos regular fit menjadi salah satu produk busana wajib yang perlu dimiliki.

 

Bila dibandingkan dengan fit lainnya, regular fit memiliki pilihan kerah yang lebih bervariasi. Ada o-neck, v-neck, dan bahkan kaos regular fit juga punya jenis model tank-top atau sleeveless. Meski begitu, kaos regular fit umumnya lebih mengutamakan sisi kenyamanan daripada fungsi modis.

 

Selain digunakan untuk kebutuhan busana yang nyaman dan santai, kaos regular fit juga bisa dipakai sebagai lapisan dalam untuk berbagai item outfit lainnya seperti blazer, jas, ataupun jaket. Namun, perlu dicatat bahwa kaos regular fit menghasilkan tampilan yang lebih “berisi” bila di selipkan di celana. So, pastikan bila kalian menggunakan kaos regular fit sebagai inner, bagian pinggang bawah di atas celana jangan sampai terlalu mencondong maju.

 

3. Fashion Fit

 

Pernah mendengar istilah slim fit? Jika iya, fashion fit kurang lebih sedikit mendekati slim fit. Akan tetapi fashion fit posisinya cenderung berada di antara slim fit dan regular fit, sehingga memberi kesan sedikit baggy dari slim fit namun tetap lebih ketat bila dibandingkan dengan regular fit. Ciri-ciri lainnya dari fashion fit adalah panjang lengannya yang cenderung lebih pendek, kaos dengan jenis fit tersebut juga sangat cocok untuk di gunakan oleh pria bertubuh atletis.

 

Karakteristik utama yang ditampilkan oleh fashion fit bila di sandingkan dengan regular fit ialah lebar kerah yang lebih kecil, armhole lebih sempit, lengan baju yang meruncing, dan juga lebih menyesuaikan bentuk tubuh sehingga sedikit lebih ketat.

 

 

4. Ladies Fit

 

Biasanya para kaum wanita ingin penampilan mereka terlihat menawan dan menonjolkan sisi feminimnya, maka dari itu terciptalah kaos dengan jenis ladies fit. Mungkin ft satu ini jarang ditemui khususnya oleh jenama kaos unisex. Bagi kalian yang belum tahu, kaos ladies fit merupakan salah satu jenis fit yang di mana potongan dari kaos tersebut menyesuaikan tubuh; dalam artian kaos ini  menyanjung dan memamerkan lekuk tubuh penggunanya khususnya bagi para wanita.

 

Kaos ladies fit selain itu juga terasa lebih fleksibel untuk bergerak, terutama untuk melakukan aktifitas olahraga. Bila kalian menginginkan penampilan yang smart-casual, kaos ladies fit juga lebih cocok dijadikan inner untuk blazer dan dipadukan dengan rok. Keunggulan lainnya dari ladies fit ialah tingkat penyerapan keringatnya yang baik.

 

Kesimpulan

Kaos memang sudah jadi produk wajib yang perlu dimiliki semua kalangan. Dengan fleksibilitas serta fungsi multiguna dari kaos itu sendiri perlu memperhatikan jenis fit-nya sesuai dengan lingkungan, cuaca maupun kegiatan. Semuanya balik lagi ke diri kalian fit mana yang di rasa cocok untuk dikenakan. Untuk informasi jenis-jenis kaos yang akan kalian beli, kalian bisa cek di sini. Dari semua jenis fit yang sudah kami jelaskan, manakah yang jadi andalan utama kalian?

 

Berbagai info mengenai fashion tentunya akan selalu kami update secara berkala. Pastikan kalian tidak melewatkannya. Pantau terus website dan media sosial Tshirtbar setiap hari nya☺

 

Referensi:

 

  1. https://www-theadairgroup-com/blog/2018/07/06/baggy-versus-fitted-t-shirts-the-pros-cons-of-each/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=wapp
  2.  https://theclassictshirt-com/blogs/stories/classic-fit-vs-regular-fit-t-shirt?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=wapp

 

 

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat