Last Update: November 11th, 2020 at 12:09 pm

Kenali Jenis Bahan Dry Fit untuk Kaos

Bagi Anda yang senang berolahraga atau pernah membeli kaus tim olahraga kesayangan, bahan dry fit tentu bukanlah nama yang asing. Bahan kaus olahraga yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir ini sering digunakan sebagai material dasar jersey olahraga mainstream, seperti sepak bola, bulu tangkis, dan basket.

Sama seperti jenis kain lainnya, dry fit juga dijual dalam berbagai tipe dan warna. Jika dulu kain ini cukup sulit ditemukan dan harus di-impor, kini dry fit sudah bisa Anda temukan di berbagai pedagang kain di dalam negeri. Karena itu, tidak heran jika harga kaus dengan jenis bahan dry fit kini semakin terjangkau.

 

Material Dasar Bahan Dry Fit

Pada dasarnya, bahan dry fit terbuat dari campuran dari material kain lainnya, seperti bahan polyester, spandex, dan nilon. Adapun rasio penggunaan material tersebut sangat beragam sesuai kebutuhan. Misalnya, jika ingin kain kaos atau outfit yang lebih lentur, carilah dry fit dengan campuran spandex yang lebih banyak.

Saat ini sebagian besar produsen baju olahraga terkenal sudah memiliki teknologi material bahan kain dry fit sendiri, misalnya Adidas dengan teknologi Adidas Climacool yang diklaim bisa menjaga tubuh tetap dingin. Desain khas seperti ini sangat mungkin dibuat mengingat material dry fit memang bersifat multiguna menjadi berbagai macam kain kaos dan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

 

Keunggulan Bahan Dry Fit

Popularitas bahan dry fit sebagai material baju olahraga bukan tanpa alasan. Selain mudah ditemukan di mana-mana, bahan ini juga memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki jenis kain lainnya, yaitu:

  • Lebih lentur – saat kegiatan olahraga, Anda tentu membutuhkan fleksibilitas untuk bergerak dengan cepat. Bahan dry fit merupakan salah satu bahan kain yang paling lentur. Uniknya, meskipun lentur, kain ini cukup tebal sehingga tidak mudah sobek dan gampang dilipat ketikan dirapikan.
  • Mudah kering – sebagai material baju olahraga, bahan kain yang menggunakan dry fit memiliki kemampuan yang baik untuk menyerap keringat. Hebatnya, kain ini juga mudah kering dan tidak menyimpan partikel air setelah pemakaian dalam jangka waktu lama. Hal ini tentu akan menambah kenyamanan saat Anda melakukan olahraga. Dan saat ini dijadikan salah satu bahan untuk berbagai bahan jersey klub olahraga di berbagai belahan dunia.
  • Terasa dingin di kulit – karakter dari bahan yang dry fit adalah memiliki pori-pori besar membuat kain ini terasa dingin di kulit meskipun cuaca sedang panas. Selain itu, kain ini juga mampu mengalirkan udara ke seluruh tubuh meskipun kondisinya sedang basah (misalnya karena keringat). Sangat menarik untuk digunakan sebagai bahan kaos baju Anda.

Baca juga: 4 Model Baju Olahraga yang Nyaman Digunakan

Merawat Pakaian Berbahan Dry Fit

Sama seperti jenis bahan kain lainnya, pakaian berbahan dry fit tetap harus dirawat agar awet dan nyaman dikenakan dalam jangka panjang. Untuk melakukannya, ikutilah kiat-kiat di bawah ini:

  • Cucilah secara manual – karakter material bahan dry fit yang berpori sebaiknya tidak dicuci dengan mesin. Rendamlah pakaian di dalam seember air yang sudah dicampur detergen, lalu kucek dengan tangan bagian yang kotor. Anda juga boleh menyikatnya, tetapi jangan terlalu keras agar warna atau sablon tidak luntur.
  • Gunakan detergen cair – membersihkan pakaian/kaos baju yang terbuat dari material dry fit dengan detergen bubuk kurang ampuh karena butiran detergen bisa tersangkut di dalam pori-pori kain sehingga sulit dibilas. Jangan gunakan pemutih dan detergen berbahan kimia keras.
  • Jangan dilipat – pakaian dari bahan kain dry fit sebaiknya disimpan dengan cara digantung di lemari. Jika dilipat terlalu lama, bahan dry fit akan meninggalkan bekas lipatan yang tidak sedap dipandang.
  • Berhati-hatilah saat menyetrika – pakaian yang terbuat dari bahan kain dry fit sebaiknya disetrika dengan suhu rendah atau sedang agar warnanya tidak pudar. Selain itu, salah satu kekurangan bahan dry fit adalah karakternya yang agak sulit disablon. Karena itu, jangan sembrono saat menyetrika pakaian ini. Jika tidak berhati-hati, setrika bisa merusak sablon.

Itu dia pembahasan tentang bahan dry fit untuk kaus, semoga bermanfaat! Cari tahu juga tentang keunggulan bahan dryfit lainnya hanya di Tshirtbar!

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *