4 Perbedaan Cotton Combed dan Cotton Bamboo

Seringkali kita menjumpai kaos dengan bahan yang memiliki perbedaan dari segi tekstur, jahitan, proses pembuatannya, dan lainnya.  Ada 2 macam bahan kaos yang beredar di pasaran, yakni bahan kain organik dan bahan kain sintesis. Bila bahan kain organik mengambil bahan utama dari alam, lain halnya dengan bahan kain sintesis. Bahan kain sintesis telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan campuran komposisi kimia sehingga menghasilkan produk yang lebih terjangkau.

Biasanya, bahan kain organik menggunakan kapas sebagai komponen utama lalu diolah menjadi bahan cotton (katun). Bahan ini (cotton) pasti sudah tidak asing bagi para pecinta kaos, karena bahan cotton merupakan bahan yang paling sering dipakai. Ternyata, bahan cotton juga memiliki banyak jenisnya. Biasanya kaos menggunakan ketiga jenis cotton berikut: cotton combed, cotton carded, dan cotton bamboo. Di artikel ini, Tshirtbar ingin membahas perbedaan ketiganya sebagai acuan kalian dalam memilih bahan kaos.

Cotton Combed

cotton combed

Jenis cotton satu ini merupakan jenis bahan katun yang paling sering dipakai. Untuk mendapatkan bahan ini, kapas diproses dengan teknik combed atau disisir menggunakan mesin combing. Dibuat dari 100% kapas, hasil yang didapatkan lembut, halus dan rata sehingga nyaman digunakan.

Bahan cotton combed sendiri ada beberapa bagian lagi, tergantung ketebalan kain serta gramasi atau kerapatan benangnya. Kalian pasti pernah mendengar cotton combed 20s, 24s ataupun 30s kan? Ketiga gramasi tersebut yang sering ada di pasaran, termasuk di Tshirtbar.

Cotton Carded

cotton carded

Jenis katun ini sama dengan cotton combed yang menggunakan 100% serat kapas murni, namun yang membedakan adalah prosesnya. Cotton carded tidak melewati proses combing sehingga tingkat kehalusan bahan katun ini tidak sehalus cotton combed. Proses pembuatan kain ini menggunakan teknik garuk dengan mesin carding.

Karena tekstur kainnya yang lebih kasar inilah membuat bahan ini kurang cocok bila kalian pakai untuk beraktifitas yang membutuhkan banyak gerakan meskipun cotton carded juga punya daya serap keringat baik. Selain tekstur, dari segi harga pun cotton carded jauh lebih murah dibandingkan dengan cotton combed.  Semua balik lagi ke kebutuhan kalian ya!

Baca Juga: Kenali Jenis Bahan Cotton Combed Dan Perbedaannya

Cotton Bamboo

cotton bamboo

Diantara kedua bahan di atas tadi, cotton bamboo tidak hanya menggunakan serat kapas alami. Bahan katun ini juga menggunakan benang serat bambu sebagai bahan baku utama dengan perbandingan 70:30 benang bamboo dan serat kapas. Sehingga katun ini memiliki kelebihan yakni lebih nyaman dan bagus ketika digunakan sebagai pakaian.

Karena komposisinya yang premium inilah membuat harga kaos dengan bahan cotton bamboo dibanderol lebih mahal bila dibandingkan cotton combed maupun cotton carded. Namun yang pasti nominal yang dikeluarkan pun sudah setimpal dengan kualitas yang dihadirkan kaos ini.

Untuk lebih jelas lagi, berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan cotton combed dan cotton bamboo serta cotton carded.

Baca Juga: Kelebihan Bahan Cotton Bamboo yang Perlu Kamu Tahu

@tshirtbarid

Kalian lebih suka pakai kaos Cotton Combed atau Cotton Carded nih?? Comment ya 😄!!! #fyp #jaksel #fypsoundsss #xyrbca #cotton #combed #carded #kaos

♬ original sound – Tshirtbar – Tshirtbar

Perbedaan Cotton Combed dan Cotton Bamboo serta Cotton Carded

Setiap bahan kaos tentunya memiliki karakter dan keunggulannya masing – masing. Selain itu, ketiga jenis kain katun ini mempunyai penggunaan yang menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari cotton combed, cotton carded, dan cotton bamboo.

1. Bahan Dasar

Perbedaan cotton combed dan cotton bamboo serta cotton carded yang pertama adalah dari segi bahan dasarnya. Cotton combed dan cotton carded terbuat dari 100% serat kapas yang diolah menjadi sebuah kain. Sedangkan cotton bamboo terbuat dari 70% serat bambu dan 30% serat kapas.

2. Tekstur

Kemudian jika dilihat dari segi tekstur kainnya, cotton combed memiliki tekstur bahan yang lembut dan adem. Sementara cotton carded mempunyai tekstur yang cenderung lebih kasar dan mudah berbulu. Lalu untuk cotton bamboo teksturnya lebih ringan dan sangat lembut ketika digunakan.

3. Daya Serap

Berikutnya daya menyerap keringat yang ditawarkan oleh kain cotton combed dan cotton carded cukup baik karena bahan dasarnya yang terbuat dari 100% katun. Sedangkan daya serap yang ditawarkan oleh cotton bamboo jauh lebih baik, selain itu juga cotton bamboo memiliki daya serap sinar UV (Ultra Violet) lebih rendah dan anti bakteri.

4. Harga

Lalu apabila melihat dari harganya, cotton combed memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan cotton carded, namun tidak semahal kain kaos cotton bamboo. Sehingga, harga cotton bamboo paling mahal dinatara kain cotton combed dan cotton carded.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bahan Kaos yang Menyerap Keringat

Itu tadi penjelasan Thsirtbar mengenai ketiga jenis kain katun yang biasanya menjadi bahan kaos. Bagi Anda yang sedang mencari kaos custom dengan bahan cotton berkualitas, cek langsung di Tshirtbar dan dapatkan penawaran menarik dari kami!

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222