Tampilkan Kreativitas Kalian Dengan Design Kaos Sendiri!

Pakaian jenis kaos memang sangat nyaman dikenakan, terlebih bagi orang yang menyukai penampilan yang simple. Seringkali kita menjumpai berbagai model kaos baik tidak bergambar (polos), bermotif, maupun desain gambar yang variatif. Karena kaos bisa di bilang serbaguna, siapa saja—termasuk kalian–bisa mengekspresikan diri dalam bentuk karya seni visual yang bisa ditumpahkan melalui berbagai medium, salah satunya melalui kaos polos.

Bagi sebagian besar dari kalian pasti sudah bosan, atau setidaknya ingin menghadirkan desain kaos yang lain dari biasanya. Seperti halnya kaos polos yang juga memiliki peran sebagai “sarana” pelampiasan yang dimana sebuah kreativitas dari seseorang (termasuk dari kalian) dapat tersalurkan menjadi nyata. Oleh karena itu, bagi kalian para penggiat kreatif sekaligus penggemar kaos, silakan simak artikel ini hingga selesai.

 

Awal Mula Terciptanya T-Shirt beserta desainnya

 

Dikutip dari berbagai sumber mengatakan bahwa tahun ‘50 merupakan cikal bakal kaos dengan grafis mulai ada di pasaran oleh Tropix Togs, sebuah perusahaan asal Miami, Florida yang memegang lisensi atas karya grafis Walt Disney dan kemudian dirilis lewat t-shirt. Setelah memasuki tahun 1960-an, munculah sablon sebagai alat  untuk mencetak desain pada kaos. 

Memasuki tahun 1970-an, akhirnya gerakan dari anak punk mulai bermunculan. Salah satunya, melalui kaos sebagai media untuk menyalurkan aspirasi-. Sejak saat itulah kaos sudah menjadi kebutuhan tersendiri untuk berkreasi dan sudah bisa dipersonalisasi desainnya.

 

Baca Juga: 5 PILIHAN KOMBINASI WARNA PAKAIAN SUPAYA TERLIHAT KECE!

Apa yang perlu diperhatikan saat akan custom design kaos?

Kebutuhan akan kaos sudah semakin beragam, begitu pun dengan kustom desain kaos yang sudah lebih mudah untuk dijangkau. Penggunaan custom design sangat multifungsi, misalnya untuk kebutuhan  merchandise, event ataupun identitas dari sebuah organisasi. 

Dilihat dari sisi emosional, custom design kaos sendiri juga bisa memiliki kesenangan tersendiri karena kalian merasa puas dengan hasil kreasi kalian dan puas saat menggunakannya. Selain itu, kalian juga bisa menjualnya dan menunjukkan personal branding baik untuk diri sendiri maupun brand kalian. 

Custom design untuk kaos juga tidak boleh sembarang, loh. Dalam artikel kali ini, Tshirtbar punya beberapa tips bermanfaat untuk kalian yang akan desain kaos sendiri. Silakan disimak

 

Detil gambar untuk kaos

Pastikan file desain yang akan dicetak memiliki resolusi  yang tinggi, hal ini bertujuan agar gambar yang dihasilkan tidak pecah ataupun buram. Perhatikan juga untuk cropping gambarnya sendiri sudah dilakukan sangat detil sehingga hasil cetak gambar pada kaos semakin sempurna.

 

Gunakan gambar vector

Bukan tanpa alasan, gambar vector sejatinya memiliki resolusi yang lebih besar bila dibandingkan dengan foto. Resolusi gambar tentunya juga berpengaruh terhadap hasil gambar yang akan dicetak, format yang direkomendasikan adalah format .png, karena format ini rentan pecah saat gambarnya diperbesar. Agar hasil cetak semakin maksimal, kalian juga bisa konsultasikan langsung kepada jasa penyedia sablon kaos.

 

Komposisi warna

Poin satu ini juga perlu mendapatkan perhatian khusus, Sebagai orang dibalik pembuatan sebuah karya gambar, pastikan untuk menyelaraskan warna dasar pada kaos serta warna gambarnya juga. Perlu diingat lagi agar hasil cetak desain tidak terlihat kurang menarik, kalian juga bisa memastikan bahwa tingkat kecerahan dari gambarnya sendiri sudah pas. Dan voila, hasil kreatifitas kalian sudah bisa dinikmati sendiri, bahkan kalian juga bisa memasarkan hasil design kalian baik secara massal maupun terbatas!

 

Untuk urusan metode printing, terdapat berbagai metode yang tersedia. Antara lain: DTF, DTG, sublimation, dan Poliflex. Pembahasan lebih lanjut mengenai metode-metode tersebut akan kami bahas di artikel selanjutnya.

 

Sebagai referensi bagi kalian yang akan custom design sendiri, bisa dilihat dua contoh di bawah ini yang cetak baik non full print maupun full print.

 

kaos non fullprint

 

 

kaos fullprint

 

 

Untuk proses cetak gambar dari awal sampai akhir, kalian bisa lihat contoh video di bawah ini untuk melihat detail prosesnya:

@tshirtbarid

Yuk custom kaos mu dengan kata plesetan lucu seperti ini hanya di Tshirtbar 😉 #fyp #plesetan #kaos #tshirtchallenge #xyrbca #xyrcba #sepedahan

♬ DJ Lala MP Club – tio_sonik___

 

Jasa penyedia custom desain kaos terpercaya

Sebagai penyedia jasa custom design kaos, Tshirtbar menyediakan berbagai macam kaos dengan model pakaian yang berbeda-beda Mulai dari model kaos o-neck, lengan panjang hingga ladies fit. Kalian bisa custom sendiri untuk satuan maupun partai besar. Setiap produk bisa di-print dengan berbagai metode, seperti sublimiton, polyflex, DTG dan fullprint. Selain itu, kami juga menyediakan pola untuk kalian kreasikan di kaos maupun produk lainnya. Untuk pola nya sendiri kalian bisa klik di sini: DOWNLOAD POLA

 

Menggunakan kaos dengan kreasi gambar sendiri tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kalian yang menggunakannya. Mari tuangkan ide kalian yang menarik dan berbeda, lalu lampiaskan langsung melalui kaos dan pamerkan juga kepada kerabat dekat serta tunjukkan kepercayaan diri kalian. Selamat berkreasi dengan kaos!

Referensi:

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *