Mengenal Apa Itu Street Style dan Rekomendasi Outfitnya

Street style adalah satu dari banyaknya jenis konsep gaya di industri fashion. Mungkin saja kamu pernah tidak sengaja melihat pejalan kaki terlihat pede dengan outfit mereka. Atau misalnya kamu lihat foto paparazzi selebritis Hollywood.

Alih-alih tren busana selalu hadir, nyatanya street style masih jadi andalan banyak kalangan. Tak peduli dengan barang mewah, kehadiran gaya modis satu ini bisa kamu tiru dengan mudah. Kunci utamanya adalah bisa tampil percaya diri.

Jika kamu bosan dengan gaya yang itu-itu saja, mari coba bergaya ala street style. Berikut kami akan beri panduannya.

Apa Itu Street Style?

apa itu street style

Street style merupakan sebuah kiblat fashion yang tidak berpaku pada tren. Pendekatan mode ini hadir sebagai ajang ekspresi bagi individu, dimana mereka bebas bergaya senyaman mungkin. Bagaimana orang bisa tampil maksimal, dan menjadikan jalanan sebagai tempat mereka show off. Gaya jalanan tidak cuma mencakup satu gaya. Namun juga memadukan beberapa gaya, sebagai bagian dari bentuk identitas diri.

Kiblat fashion ini sudah melekat menjadi bagian dari sub budaya. Bahkan di beberapa negara pun hadir dengan ciri khas yang berbeda. Biasanya kita dengan mudah bisa lihat street style di pusat kota besar. Contoh kecilnya adalah Citayam Fashion Week yang sempat jadi topik hangat beberapa bulan lalu.

Mari kita sampingkan soal runway. Street style sama seperti namanya, lahir di jalanan. Sejarah mengatakan bahwa street style sudah muncul sejak abad ke-20. Tepatnya pada saat Perang Dunia II, yang dimana bahan material untuk baju sipil sangat langka dan mahal. Lebih rinci lagi, street style pertama kali lahir di kultur fashion Inggris.

Dengan memilih street style, kamu bisa lebih kenal dengan karakter dan apa yang ingin ditonjolkan. Semua balik lagi ke persona masing-masing. Sebelumnya mari kita bahas plus dan minusnya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Style Kemeja Oversize Korea Agar Terlihat Keren

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Street Style?

kelebihan dan kekurangan street style

Ada banyak plus dan minus dari fashion satu ini. Semua bisa jadi pertimbangan untuk kamu agar bisa tampil lebih maksimal. Berikut penjelasannya:

Kelebihan

1. Sebagai Bentuk Ekspresi

Bagaimana sebuah fashion dapat merepresentasikan diri sendiri. Dimana street style tidak terpaku pada koleksi musiman. Semua orang berhak untuk tampil keren.

2. Bisa Sesuaikan Anggaran Biaya

Karena ini bukan ajang fashion mewah, street style sangat mudah disesuaikan dengan budget kamu. Kamu tak perlu memaksakan untuk beli item yang sifatnya tidak urgent. Bisa juga di mix and match dengan koleksi lama.

3. Tidak Harus Ikut Tren

Semua balik lagi pada kamu. Bagaimana kamu bisa percaya diri sesuka hati, tanpa takut karena tidak beli barang trendy. Kamu bisa gunakan barang-barang yang punya value tinggi dan timeless.

Baca Juga: Apa Itu T-Shirt? Pengertian, Jenis, dan Bedanya dengan Shirt

Kekurangan

1. Timbulnya Pola Hidup Konsumtif

Bahwasannya street style memang diperuntukkan untuk diri sendiri. Dimana kita bisa bergaya dengan sesuka hati. Karena kita selalu ingin all out, maka tak heran kita akan sering beli baju. Bahkan fashion item lainnya yang mungkin sebelumnya kita tidak selalu butuh.

Kegiatan belanja adalah salah satu kegiatan yang paling disukai. Apalagi untuk para wanita. Sering kali merasa kalap karena sudah banyak beli banyak produk. Semua dilakukan agar tetap menawan dan trendy. 

2. Mengundang Banyak Komentar

Street style yang berbasis di jalanan tentu akan banyak dilihat oleh orang sekitar. Namun kenyataannya tidak semua orang bisa menerima segala hal yang ada di dunia ini. Seperti halnya outfit kita di mata orang. Mungkin saja kita aneh di mata mereka. Salah sedikit bisa timbul rasa insecure kan? 

Tidak dipungkiri juga bila sebagian besar orang akan menghargai penampilan kita. Walau pada nyatanya kita bukan seorang model untuk high fashion. Bahkan outfit kita bisa jadi inspirasi untuk orang lain. 

Bagaimana Cara Berpenampilan Street Style?

@tshirtbarid

Yuk dapetin kaos kece + sablon yang unik dari T-ShirtBar!! Hasil print yang berkualitas dan tahan lama. Gak ada lagi kaos dengan desain yang retak-retak di lemarimu! #fypシ #xyzbca #lokalbrand #beranda #foryou

♬ Originalton – CharcoalHearts

1. Pilih Bahan yang Nyaman

Dari semua fungsi fashion yang ada memang kenyamanan harus jadi prioritas utama. Sesuaikan dengan cuaca untuk menghindari rasa gerah atau kedinginan. Perhatikan bahan pakaiannya dengan teliti. Bila cuaca sedang panas maka pilihlah bahan tipis. Sebaliknya kalau misalkan cuaca hujan gunakan baju berbahan tipis.

Kenali bahan pakaian juga bisa tahu seberapa awetnya baju kamu. Amati cara laundry pada yang ada di tag maupun pada label bagian dalam baju. Tips lainnya kamu bisa pilih pakaian yang tidak mudah lecek.

2. Mix and Match Warna

Ada banyak jenis mix and match warna untuk kebutuhan outfit kamu. Mulai dari monokrom, color blocking atau lebih lanjut lagi kamu bisa memahami lebih dahulu tentang teori diagram warna.

Bahkan saat ini sudah banyak istilah paduan fashion. Semisal fashion mamba yang serba hitam dan fashion kue yang serba colorful. Semuanya balik lagi pada kepribadian.

3. Tambahkan Aksesoris

Aksesoris seperti perhiasan dan kacamata bisa buat outfit kamu makin menarik. Apalagi kalau kamu sedang ingin memakai baju serba polos. Di sinilah kamu bisa menambahkan aksesoris semacam gelang dan cincin.

Bila cuaca sedang panas, kamu bisa tambahkan topi dan kacamata hitam. Kamu sudah bisa tampil lebih kece.

4. Padukan dengan Koleksi Jadul

Baju jadul alias old skool memang punya auranya sendiri. Inilah faktor yang membuat fashion ini kian jadi tren apalagi bagi kawula muda. Biasanya bagi para generasi sebelumnya telah mengoleksi sejak dulu untuk kemudian diwariskan pada generasi berikutnya.

DItambah dengan baju kekinian akan buat kamu semakin terlihat catchy. Atau mungkin kamu bisa pakai koleksi lama yang sudah jarang digunakan.

5. Coba Teknik Layering

Sering kali kita melihat para selebriti papan atas yang menggunakan banyak lapisan baju. Entah memadukan dengan jaket, atau mungkin dengan blazer. Kamu bisa gunakan teknik ini untuk tampil lebih bervolume.

Dengan teknik layering, kamu juga bisa padukan dengan legging atau celana panjang. Sesuaikan saja dengan keinginan.

Baca Juga: 4 Tips OOTD Hijab Kaos Oversized Agar Terlihat Keren

Rekomendasi Outfit Street Style

Berikut adalah beberapa inspirasi outfit street style yang bisa kamu contoh. Sesuaikan juga dengan preferensi masing-masing:

1. Serba Polos

Tampilan ini sangat cocok bagi kamu yang tidak mau tampil terlalu wah. Padukan kaos polos warna netral dengan celana pendek. Lalu gunakan jaket sebagai luaran serta kacamata bening.

Atau pilihan lainnya, kamu bisa memilih warna earth-tone, serba hitam atau warna merah yang terlihat sedikit bold.

2. Color Blocking

Teknik ini menggabungkan dua warna yang sifatnya saling berlawanan. Sebagai contoh, kamu gunakan kaos polo warna daisy dengan celana warna biru. Keduanya terlihat berbeda bukan? Tapi tenang saja, masih bisa terlihat menarik.

Kamu juga bisa tambahkan aksesoris yang warnanya beda. Tapi yang penting masih tetap selaras ya.

3. Sporty Look

Gaya ini pasti sudah tidak asing lagi. Kamu bisa tunjukkan look yang lebih sporty dengan item berikut. Pilih kaos oversize warna hitam dan celana denim. Sandingkan dengan sneakers klasik.

Tampil sporty bisa jadi pilihan aman. Terlebih bila kamu hanya ingin ke tempat santai bersama teman-teman.

Baca Juga: 4 Style Baju Baseball yang Kece Buat Kamu

Bagaimana, sudah berani tampil lebih beda? Street style adalah salah satu pilihan gaya yang tak pernah lekang oleh zaman. Kamu juga bisa padu padankan dengan kaos, jaket ataupun aksesoris lainnya. Dapatkan ragam fashion item berbeda hanya di Tshirtbar.

 

Custom Fashion Wear

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *