Last Update: May 28th, 2021 at 10:18 am

Cara Menghilangkan Noda Bandel di Baju

Noda pada baju sering menjadi momok pada cucian kita, sebab noda sering kali susah untuk dihilangkan sehingga biarpun sudah dicuci akan tetap terlihat sehingga kita sering enggan memakai baju itu lagi. Terutama jika baju berwarna putih dan noda sangat mudah untuk dilihat. Bahkan baju warna hitam pun berpotensi untuk terkena noda yang mudah terlihat seperti noda dari deodoran.

Noda pada baju ternyata banyak sekali ragamnya dan cara membersihkannya agak berbeda tergantung dari jenis noda pada baju tersebut. Berikut adalah cara menghilangkan noda bandel di baju berdasarkan jenisnya:

1. Noda minyak

cara menghilangkan noda bandel minyak di baju

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan noda bandel seperti minyak kita bisa dengan cara menaburkan bubuk soda ke areal noda minyak dan membiarkannya selama 24 jam lalu menyemprotkan larutan air dan sudah dicampur dengan cuka ke areal noda. Setelah itu cuci baju seperti biasa dengan deterjen. Setelah dicuci, hindari penggunaan mesin pengering bertemperatur tinggi, karena akan membuat noda minyak semakin sulit untuk dihilangkan. Keringkan dengan cara dijemur.

2. Noda jamuran

cara menghilangkan noda bandel jamur di baju

Bila menyimpan baju di tempat yang lembab untuk waktu yang terlalu lama, maka akan berpotensi menyebabkan baju menjadi jamuran. Hal ini cukup berbahaya karena noda jamur berpotensi untuk menyebar, untuk mengatasinya dengan efektif salah satunya ialah dengan menggunakan borax, karena borax mengkonvesi molekul air menjadi hidrogren peroxida sehingga jamur enggan tumbuh dan menghilangkan bau tidak sedap. Cukup taburkan borax pada noda jamur lalu diamkan selama 20 menit dan cuci seperti biasa.

3. Noda deodoran

cara menghilangkan noda bandel deodoran di baju

Jangan salah, baju hitam pun bisa berpotensi mendapati noda putih apabila terkena deodoran dengan cairan warna putih. Cara membersihkan dengan ialah dengan cairan yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi, yaitu lemon dan cuka. Caranya ialah dengan mengoleskan bagian noda tersebut dengan lemon dan cuka, atau bisa juga ditambah garam. Lalu diamkan terlebih dahulu selama satu jam sebelum kita cuci bersih dengan deterjen.

4. Noda hitam

cara menghilangkan noda bandel hitam di baju

Noda ini bisa berasal dari bermacam sumber seperti tinta pulpen dan sebagainya. Untuk permulaan, sebelum mencuci baju yang terkena noda, lakukan langkah mudah yang tidak berbeda jauh dengan cara lainnya, yaitu menuangkan bubuk soda, cuka atau lemon ke bagian baju yang terkena noda lalu didiamkan selam 24 jam. Namun jika noda tetap bandel dan enggan untuk hilang. Cara terakhir yang sangat efektif namun paling berisiko adalah menggunakan semprotan WD40. Cairan ini biarpun sangat efektif namun memiliki resiko yang akan merusak baju juga sebab WD40 tergolong cairain keras bahkan bisa membersihkan noda karat sekalipun. Maka coba semprotkan WD40 ke areal yang tidak terlihat agar dicoba apakah baju aman disemprotkan.

5. Noda luntur

cara menghilangkan noda bandel luntur di baju

Luntur sering sekali terjadi apabila kita mencampur pakaian berbeda-beda warna, terutama jika pakaian kita berwarna putih lalu dicuci bersamaan dengan pakaian warna lain. Sebab warna pada pakaian lain berpotensi bermigrasi ke baju yang biasanya berwarna lebih cerah, terutama putih. Jika baju kita berwarna putih maka kita bisa menggunakan pemutih, dengan cara dioleskan ke bagian yang terkena noda luntur atau direndam ke larutan air dengan pemutih. Apabila baju kita berwarna, makan bisa menggunakan larutan air dengan cuka. Lalu dicuci seperti biasa dengan deterjen.

Demikian cara menghilangkan noda bandel di baju, untuk kamu yang menyukai memakai baju berwarna tidak perlu khawatir lagi. Jika kamu sedang mencari custom kaos berkualitas tshirtbar.id tentunya, menjual banyak kaos polos dengan berbagai warna dan bahan. Mulai dari bahan katun, katun bambu, dryfit, jaket dan lain-lain. Semuanya bisa dicustom sesuai dengan desain yang kita inginkan dan tentunya tanpa minimum order, tunggu apalagi yuk segera hubungi tim sales kami untuk dapatkan penawarannya di sini!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *