3 cara menghilangkan noda oli di baju

Dari semua bentuk noda yang bisa menempel di baju Anda, minyak atau oli adalah beberapa hal yang paling menyebalkan. Noda ini tidak hanya tampak menonjol di pakaian Anda; mereka juga sangat sulit untuk dihilangkan. Masalah utama dari noda oli ini adalah bahwa alih-alih meninggalkan area yang sedikit kusam, oli akan cenderung meninggalkan area yang agak gelap yang mungkin sulit untuk segera disadari. 

Area yang terkena oli ini menjadi gelap seiring bertambahnya waktu, terutama jika tidak dihilangkan dengan cepat. Jika noda oli mengering, maka area yang kotor ini akan menjadi permanen, membuat pakaian Anda menjadi tidak enak untuk dilihat. Untuk bisa menghindari hal ini, kali ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan noda oli di baju Anda dengan mudah.

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

Bagi Anda yang senang bekerja dengan mesin atau memiliki hobi memodifikasi mesin, maka oli sudah bukan menjadi hal yang asing untuk Anda. Cipratan oli pada baju sudah menjadi pemandangan yang tidak asing lagi. Namun bukan berarti noda yang berada pada baju ini bisa dibiarkan begitu saja. Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk bisa membersihkan kotoran yang berada pada pakaian yang disebabkan oleh oli.

Cara Menggunakan Baking Soda untuk Menghilangkan Noda Oli

Baking soda akan bekerja dengan menarik minyak dari kain dan masuk ke dalamnya. Penggunaan soda kue sebagai garis pertahanan pertama sebelum Anda membersihkan noda menjadi hal yang cukup membantu. Jika Anda ingin menggunakan metode ini, maka ikuti cara berikut ini:

  1. Bersihkan sisa oli dengan handuk kertas atau kain.
  2. Taburkan soda kue pada kain yang terkena oli dan biarkan selama 24 jam.
  3. Setelah satu hari berlalu, sedot atau singkirkan soda kue.
  4. Semprot area yang terkena dengan cuka dan larutan air.
  5. Gosok dengan sabun, lalu bilas.
  6. Ulangi proses tersebut jika noda tetap ada.

Cara Menggunakan Kapur untuk Menghilangkan Noda Oli

Secara teknis kapur dapat menghilangkan minyak atau oli dari pakaian Anda dengan cara yang sama seperti soda kue, yaitu menarik minyak dari kain dan masuk ke dalamnya. Namun cara ini akan lebih baik digunakan untuk noda yang terbentuk karena cipratan kecil saja. Caranya:

  1. Bersihkan sisa oli dari pakaian dengan handuk kertas bersih.
  2. Tutupi seluruh bagian dengan kapur, biarkan beberapa menit agar minyak atau oli benar-benar terserap.
  3. Cuci pakaian yang kotor sesegera mungkin setelah noda muncul.

Cara Menggunakan Sabun Cuci Piring Untuk Menghilangkan Noda Oli

Sabun ini biasanya dirancang untuk menghilangkan minyak pada panci dan wajan, tetapi juga aman digunakan pada pakaian. Inilah yang harus Anda lakukan:

  1. Letakkan pakaian Anda hingga rata.
  2. Taruh handuk yang sudah tidak digunakan atau karton di bawah bagian baju yang terkena noda.
  3. Oleskan sedikit sabun ke noda oli.
  4. Gosok dengan lembut menggunakan kain untuk membasahi noda.
  5. Biarkan selama sekitar 5 menit.
  6. Cuci dan keringkan pakaian sesuai petunjuk label pakaian.

Inilah cara menghilangkan noda oli di baju. Jika Anda membutuhkan baju baru sebagai pengganti baju yang terkena noda oli ini, maka ada baiknya untuk mulai membuat baju baru di Tshirtbar, dengan desain sesuai keinginan Anda dan teknik sablon yang modern. Menghasilkan hasil sablon berkualitas. Tunggu apalagi, kunjungi website Tshirtbar sekarang juga!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *