Cara Kreatif Menghilangkan Noda Cat yang Sudah Kering di Baju

Jika Anda sedang melakukan pengecatan rumah atau perabot rumah lainnya, biasanya cat akan memerciki baju atau celana Anda. Noda cat yang menempel jika tidak segera dibersihkan akan mengering. Ketika noda cat sudah mengering, beberapa orang sangat kesulitan untuk menghilangkannya. Berikut cara kreatif menghilangkan noda cat yang sudah kering di baju.

Secara keseluruhan, cara menghilangkan cat kering pada pakaian terdapat dua jenis. Pertama, Anda perlu mengetahui jenis cat yang Anda hadapi. Sebagian besar cat berbasis air atau berbasis minyak, tergantung pada komposisinya. Cat berbasis air termasuk cat akrilik dan cat lateks. Akrilik biasanya digunakan untuk karya seni dan kerajinan, sedangkan cat lateks digunakan untuk melukis dinding dan langit-langit. Cat berbasis minyak biasanya lebih mengkilap dari cat berbasis air dan sering digunakan untuk mengecat kabinet, pintu logam dan kayu.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Putih

Jika Anda tidak yakin jenis cat yang Anda hadapi, periksa label pada kemasan cat tersebut. Jika ini cat berbasis air, Anda beruntung karena cat jenis ini sedikit lebih mudah dihilangkan daripada berbahan dasar minyak. Namun tidak perlu khawatir, menghilangkan cat berbasis minyak dari pakaian juga bisa dilakukan. Berikut cara kreatif menghilangkan cat berbasis air dan minyak dari pakaian Anda.

Cara menghilangkan cat berbasis air dari pakaian

Antara proyek kerajinan pribadi atau tugas sekolah anak, cat berbasis air seperti akrilik dan lateks adalah yang paling sering digunakan. Meskipun anak-anak cenderung mengecat kertas, pakaian mereka juga tak luput dari percikan cat. Kabar baiknya adalah cat berbasis air ini relatif mudah dihilangkan. Sekarang Anda bisa bernapas lega karena pakaian kesayangannya tidak akan dibuang. Untuk menghilangkan cat berbasis air dari pakaian, ikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1

Kikis cat yang telah kering menggunakan sendok, pisau atau sikat gigi.

Langkah 2

Bilas bagian belakang noda dengan air hangat yang mengalir. Beberapa mesin cuci dapat mengalirkan air hangat. Atau, Anda dapat menghapusnya menggunakan lap bersih atau handuk yang telah dibasahi dengan air hangat untuk menyerap sebanyak mungkin cat yang tersisa.

Langkah 3

Jenuhkan noda dengan campuran setengah deterjen, setengah air hangat, lalu bersihkan dengan lap atau kain handuk. Bilas dan ulangi sampai cat benar-benar hilang. Lakukan pada spot noda yang kecil dan tersembunyi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tidak satupun dari noda yang tertinggal.

Langkah 4

Oleskan penghilang noda jika perlu dan cuci pakaian dengan cara yang direkomendasikan oleh label kemasan penghilang noda.

Langkah 5

Jika ada cat yang masih tersisa setelah dicuci, coba bersihkan dengan lembut menggunakan penghapus cat kuku non-aseton, hairspray atau alkohol. Gosok secara perlahan, lalu cuci ulang.

Langkah 6

Jika noda terlihat membekas, pertimbangkan untuk membawa pakaian ke dry cleaning profesional.

Cara menghilangkan cat berbahan minyak dari pakaian

Meskipun banyak cat dinding yang sekarang kebanyakan telah menggunakan lateks, cat berbasis minyak masih menjadi pilihan populer untuk furnitur kayu, pintu, dan permukaan lainnya untuk sentuhan hasil akhir yang mengkilap atau awet. Jenis cat satu ini mungkin agak sulit untuk dihilangkan dan membutuhkan bahan pembersih yang lebih agresif. Tetapi ketika masih basah, cat jenis ini juga tak sulit unutk dihilangkan. Untuk menghilangkan cat berbasis minyak dari pakaian, ikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1

Balikkan pakaian gosok noda dari belakang menggunakan lap atau kain handuk yang telah diolesi terpentin atau pengencer cat yang direkomendasikan pada label cat. Gosok terus menerus sampai noda hilang. Sama seperti yang sebelumnya, lakua dulu pada bagian noda kecil yang tersembunyi, ini berguna untuk memastikan bahwa pengencer cat tidak merusak atau mengubah warna kain.

Langkah 2

Bilas. Dengan air dari keran yang mengalir. Anda juga dapat melakukan ini menggunakan mesin cuci.

Langkah 3

Oleskan deterjen pencuci piring pada noda lalu rendam pakaian selama semalam dalam air panas yang telah ditambahi sabun. Periksa simbol cuci pada label perawatan pakaian untuk mengetahui berapa suhu air yang disarankan.

Langkah 4

Hari berikutnya, bilas pakaian sampai bersih dan cuci seperti biasa.

Langkah 5

Jika noda tetap ada setelah dicuci, coba lakukan kembali menggunakan penghilang noda dan cuci. Jangan mencoba menjemur atau mengeringkan pakaian sampai noda benar-benar hilang.

Langkah 6

Jika noda memang terbukti permanen, ubahlah musibah ini menjadi karya seni! Banyak inspirasi desain yang dapat Anda dapatkan melalui youtube.

Setelah mengetahui cara menghilangkan noda cat, kini Anda tak perlu risau lagi untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan cat. Tips di atas tentunya telah menyelamatkan pakaian Anda.

Bagaimana, mudah bukan cara menghilangkan noda cat yang kering di baju?

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

One response to “Cara Kreatif Menghilangkan Noda Cat yang Sudah Kering di Baju”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *