Last Update: December 14th, 2020 at 4:03 pm

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Putih

Cara menghilangkan noda luntur pada baju tentunya sangat penting untuk dilakukan,terlebih lagi jika pakain yang terkena noda adalah pakaian dengan warna putih. Nah, untuk Anda yang masih kebingungan untuk menghilangkan noda luntur pada baju yang Anda miliki, maka berikut ini akan dipaparkan caranya mudah yang bisa kalian lakukan.

Inilah Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Anda

Pakaian yang terkena luntur tentu menjadi salah satu masalah yang ingin Anda hindari. Hal ini bisa membuat pakaian terlihat tidak bagus. Namun apabila sudah terlanjur terjadi, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari menggunakan larutan pemutih, baking soda dengan deterjen, hingga dengan bair belimbing wuluh untuk memulihkan pakaian kembali seperti semula. Perhatikan berbagai macam cara berikut ini.

1. Cairan Pelarut

Salah satu cara menghilangkan noda luntur pada baju putih atau berwarna lainnya adalah dengan cairan pelarut. Salah satu cairan pelarut yang bisa anda gunakan pada baju berwarna adalah alkohol gosok. Teteskan cairan tersebut pada kain lap yang berwarna putih, kemudian tekan-tekan di bagian yang terkena noda luntur. Tentunya Anda bisa langsung melihat jika noda luntur pada baju berwarna tersebut mulai memudar. Jika sudah bersih, selanjutnya bilaslah dengan menggunakan air hangat sebelum anda mencucinya kembali seperti biasa. Ulangi langkah tersebut sampai noda luntur di baju warna benar-benar menghilang.

2. Menggunakan Pemutih tanpa Klorin

Penggunaan pemutih tentunya digunakan untuk menghilangkan noda luntur di baju putih. Pemutih bisa menghilangkan noda luntur pada pakaian di baju putih secara efektif. Untuk cara menggunakannya, rendam pakaian baju putih yang terkena noda ke dalam mesin cuci.

Kemudian masukkan cairan pemutih secukupnya untuk merendam baju putih. Untuk anda yang mencucinya dengan menggunakan tangan, maka cukup masukkan pemutih satu tutup botol ke dalam sebuah ember yang diisi dengan air bersih dingin. Kemudian celupkan baju yang terkena noda luntur pada larutan tersebut sampai 1 hingga 2 jam sebelum anda mencucinya seperti biasa. Untuk mengetahui rincian takaran dari pemutih pakaian tersebut, ikutilah instruksi yang terdapat pada botol pemutih yang Anda gunakan tersebut. Untuk mendapatkan larutan pemutih ini juga bukan hal yang sulit, mulai dari warung kecil hingga supermarket besar memiliiki berbagai merek yang bisa Anda pilih untuk memutihkan kembali pakaian Anda yang terkena noda luntur.

3. Larutan Cuka Asam, Detergen, dan Garam

Tips menghilangkan noda luntur pada baju putih selanjutnya adalah menggunakan larutan cuka asam, jeruk nipis, detergen, dan garam. Untuk menghilangkannya, tambahkan garam, kemudian cuka dan deterjen yang rasionya sama banyaknya antara deterjen dan cuka/jeruk nipis. Kemudian di dalam ember tambahkan air panas sampai seluruh bagian baju terendam. Jika tidak terendam semua, tentunya noda luntur akan bergerak ke bagian yang tidak terendam. Jika sudah, diamkan baju selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air, dan Anda bisa melihat hasilnya setelah dibilas.

4. Larutan Citrun dengan Detergen

Tahukah anda bahwa bubuk citrun sudah sangat terkenal efektif untuk mengatasi noda, termasuk noda tinta dan noda luntur yang biasanya sangat sulit untuk diatasi. Anda hanya cukup memadukan detergen dengan bubuk citrum dan air belimbing wuluh secukupnya saja untuk digunakan dalam merendam baju hingga seutuhnya terendam. Selanjutnya diamkan selama 30 menit, kemudian cucilah kembali baju yang sudah direndam dngan larutan bubuk citrum dan air belimbing wuluh tadi menggunakan detergen, lalu bilas. Akan lebih baik lagi jika anda dapat menambahkan garam satu sendok makan yang tentunya dapat menambah kinerja larutan tadi.

Nah, setelah mengetahui beberapa langkah yang telah dipaparkan di atas, tentunya Anda bisa segera mempraktekkan cara menghilangkan noda luntur pada baju Anda. Semoga cara di atas bermanfaat untuk Anda. Selalu jaga agar pakaian Anda tidak terkena noda luntur yang sangat menggagu ini.

 

Artikel Terkait:

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *