Last Update: July 8th, 2021 at 3:45 pm

Cara Menghilangkan Noda Lipstik di Baju

Mungkin kita pernah mengalami situasi di mana kita mendapati bekas lipstik di baju kita, terutama jika baju kita berwarna putih karena akan sangat mudah terlihat. Situasi ini kadang sangat memalukan karena bentuk noda lipstik biasanya berbentuk bibir dan berbeda dengan noda lipstik dipipi, jika menempel dibaju noda lipstik akan sulit untuk menghilang. Biarpun kita mengusap noda lipstik berulang-ulang, biasanya akan tetap sulit untuk hilang. Semakin lama kita membiarkan noda lipstik ada di baju makan tintanya akan semakin masuk ke dalam serat kain dan akan semakin sulit dihilangkan. Lalu bagaimana cara menghilangkan noda lipstik di baju yang efektif? Berikut adalah beberapa caranya:

Menghilangkan noda lipstik dengan sabun cuci piring

cara menghilangkan noda lipstik di baju dengan sabun cuci piring

Menggunakan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda lipstick terbilang cukup efektif dan aman, sebab sabun cuci piring bukanlah cairan keras yang berpotensi ikut merusak kain yang dibersihkan. Pada dasarnya lipstick mengandung minyak, dan sabun cuci piring efektif membersihkan minyak dari piring, sehingga penggunaan sabun cuci piring bisa membantu mengangkat minyak dari lipstick tersebut dan membersihkan baju. Cukup dengan oleskan sabun cuci piring ke areal noda, dan pastikan untuk membersihkan bagian dalam bajunya juga. Lalu dilanjutkan dengan mencuci dan membilas pakaian sampai bersih. Keringkan baju dengan dijemur dan hindari penggunaan mesin pengering.

Lemon dan Soda bubuk ampuh hilangkan noda lipstik

cara menghilangkan noda lipstik di baju dengan lemon dan soda bubuk

Kedua bahan yang sering ditemui di dapur ini sama-sama terkenal akan kemampuannya membersihkan noda. Alasannya cukup jelas bahwa keduanya mengandung asam. Dan cairan asam terbilang cukup efektif untuk membersihkan bermacam noda dan kotoran dari kain dan permukaan lainnya. Asam dari lemon atau soda bubuk mampu untuk memecah molekul kotoran yang menempel pada baju. Caranya ialah dengan memeras lemon atau menabur soda bubuk ke daerah noda lalu menggosoknya secara perlahan dan mendiamkannya selama 30 menit. Setelah itu cuci baju dan bilas sampai bersih. Jemur baju dan
hindari mesin pengering untuk mengeringkan.

Hilangkan noda lipstik di baju dengan hairspray

cara menghilangkan noda lipstik di baju dengan hairspray

Produk kecantikan ini dapat ditemui di toko keperluan rias dan toko obat-obatan modern. Siapa disangka ternyata hairspray juga berpotensi sebagai alat untuk membersihkan noda. Kok bisa? Karena hairspray mengandung alkohol, dan alkohol memang mampu bersihkan kotoran dan noda. Caranya pun juga mudah tinggal menyemprotkan hairspray ke bagian noda sampai merata dan menggosoknya sampai bersih. Lalu dilanjutkan ke pencucian seperti biasa dan membilas pakaian sampai bersih. Hindari penggunaan mesin pengering karena akan memperparah noda dan jemur sampai kering.

Detergen dapat menghilangkan noda lipstik di baju

cara menghilangkan noda lipstik di baju dengan detergen

Tentu detergen adalah alat utama kita untuk mencuci baju, namun pada kasus di mana ada noda yang cukup berat pada kain, disarankan untuk melakukan tahap tambahan ini yaitu dengan menuangkan detergen bagian yang ternoda lalu menggosoknya hingga noda lipstik semakin berkurang. Diamkan selama 30 menit dan cuci baju seperti biasa. Lalu keringkan baju dengan cara dijemur serta menghindari mesin pengering.

Cuka dapat menghilangkan noda lipstik di baju

cara menghilangkan noda lipstik di baju dengan cuka

Yang terakhir dalam cara menghilangkan noda lipstik di baju yaitu menggunakan cuka untuk membersihkan noda, cuka mirip seperti bubuk soda, juga mengandung keasaman yang tinggi. Konsentrasi keasaman tinggi dapat memecah kotoran dan melepasnya agar tidak menempel pada serat kain. Caranya ialah dengan mencampur cuka dengan air dan mengoleskan larutan tersebut pada noda. Lalu diamkan selama 30 menit, setelah itu cuci baju tersebut dengan deterjen seperti biasa dan dilanjutkan dengan pengeringan alami dengan cara dijemur.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *