Last Update: July 8th, 2021 at 3:23 pm

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Baju putih adalah salah satu warna baju yang paling populer di banyak kalangan masyarakat, dikarenakan warna putih yang bersifat netral dan bisa dicocokan dengan celana atau jaket berwarna apapun. Namun baju putih juga memiliki satu kelemahan yaitu cepat kotor, ini alasan kenapa beberapa orang enggan memakai baju berwarna putih karena salah satunya sulit menghilangkan noda kuning di baju putih

Noda-noda yang hinggap dibaju warna putih memang sangat mudah terlihat karena warna nodanya akan kontras dengan dasar baju yang berwarna putih. Padahal baju putih seringkali menjadi baju formal yang wajib dipakai diacara tertentu, contohnya seperti seragam sekolah, baju ritual keagamaan, baju kerja dan lain-lain.

Noda yang seringkali muncul di baju warna putih biasanya adalah noda berwarna kuning sebab ketika mengenakan baju putih, si pengguna bisa saja kecipratan makanan saat menyantap hidangan, terkena minyak atau bahkan deodoran yang dipakai setiap hari.

Lalu bagaimana cara menghilangkan noda kuning di baju putih? Tentu cara terbaik ialah secepatnya segera mencucinya setelah terkena noda. Namun perlu diperhatikan karena ada beberapa cara menghilangkan noda kuning di baju putih. Simak yang berikut: 

Menghilangkan noda kuning di baju putih dengan pemutih

cara menghilangkan noda kuning di baju putih dengan pemutih

 

Sudah cukup jelas bahwa pemutih adalah cairan cuci yang sangat efektif untuk baju yang berwarna putih. Hampir semua jenis noda bisa dibersihkan menggunakan pemutih, namun pemutih hanya efektif untuk baju warna putih saja. Sehingga disarankan untuk selalu memisah antara cucian baju putih dan cucian baju warna. Setelah dipisah dan dicuci menggunakan deterjen yang ditambah dengan pemutih. Biasakan menjemurnya tidak langsung dibawah sinar matahari namun juga hindari penggunaan mesin pengering bertemperatur tinggi.

Menggunakan cuka dan bubuk soda untuk hilangkan noda kuning

cara menghilangkan noda kuning di baju putih dengan cuka dan bubuk soda

 

Keduanya ini sering dipakai untuk membersihkan noda yang membandel, sebab kedua bahan ini cukup mudah didapat bahkan bisa didapat banyak dapur di rumah tanggal. Keduanya memiliki tingkat konsentrasi keasaman yang tinggi, asam bisa memecah noda agar lepas dari permukaan kain. Namun perlu diperhatikan agar memastikan bahwa bahan kain aman dioleskan dengan cuka dan bubuk soda, caranya ialah dengan mencobanya di bagian baju yang tidak terliihat. Aplikasinya keduanya hampir serupa, untuk cuka dioleskan bagian noda sedangkan untuk bubuk soda ditaburi dibagian noda. Lalu sama-sama digosok dan dibiarkan selama 30 menit.

Untuk cuka, jika nodanya berubah noda luntur yang cukup besar, bisa dengan membuat larutan cuka dengan air dan merendam baju didalam larutan tersebut selama 30 menit.

Setelah itu baju dicuci seperti biasanya menggunakan deterjen pilihan. Jika noda terus membandel bisa menggunakan tambahan pemutih. Cuci dan bilas sampai bersih dan dijemur serta hindari penggunaan mesin pengerin bertemperatur tinggi.

Menggunakan sabun cuci piring untuk noda kuning

 

cara menghilangkan noda kuning di baju putih dengan sabun cuci piring

 

Apabila noda berupa minyak, maka kita bisa menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan nodanya. Sebab sabun cuci piring memiliki kandungan yang dapat memisahkan minyak dari permukaan yang menempel pada benda. Biasanya diaplikasikan pada piring, namun kita bisa juga mencobanya untuk kain. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan sabun cuci piring di areal noda pada baju dan didiamkan selama 15-30 menit, sebelum dicuci dengan deterjen sampai bersih.

Jangan takut memakai baju putih karena memang keren. Di tshirtbar kamu bisa memesan kaos putih, jersey dryfit putih atau jaket warna putih dengan desain sesuai keinginan kamu sendiri, semua tanpa minimum order.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *