Last Update: September 23rd, 2022 at 11:19 am

Fungsi Lanyard Custom yang Wajib Perusahaan Miliki

Tali ID card atau sering disebut lanyard ternyata memiliki cukup banyak manfaat untuk penggunannya atau perusahaan. Meski bentuknya hanya tali agak lebar, kalau tali ID card custom dengan maksimal juga bisa dipakai untuk kebutuhan promosi atau branding dari perusahaan yang memakainya.

Apa Itu Lanyard ID Card?

Lanyard merupakan sebuah tali gantungan yang dikenakan pada leher dan umumnya dipakai guna menggantungkan kartu identitas, ponsel, atau usb. Lanyard yang sering kita temukan umumnya terbuat dari bahan polyester sehingga tak mudah rusak. Tali gantungan ini juga kerap digunakan untuk id card pada perusahaan instansi pemerintah maupun swasta, kegiatan travel, ibadah umroh serta haji, dan juga acara-acara tertentu misalnya seminar, pameran, dan workshop.

Jenis Lanyard

Secara garis besar lanyard terbagi menjadi 2 jenis yaitu lanyard sablon serta lanyard printing. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan dari kedua jenis lanyard tersebut agar Anda bisa memilih jenis mana yang paling cocok untuk Anda.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Membuat ID Card Panitia Terlihat Keren

1. Lanyard Sablon

Tali lanyard sablon adalah tali gantungan yang metode pewarnaannya menggunakan teknik sablon. Kelebihan memakai jenis lanyard sablon adalah harganya yang relatif lebih terjangkau. Oleh karena itu, banyak perusahaan maupun instansi yang memilih untuk menggunakan lanyard sablon ini.

Akan tetapi, dibalik harganya yang murah tersebut, terdapat beberapa kekurangan yang akan ditanggung pembeli, seperti warna lanyard-nya mudah luntur bila digunakan dalam jangka waktu panjang. Disamping itu, ketika menggunakan jenis lanyard sablon ini, Anda hanya bisa memakai satu atau dua warna saja serta Anda harus memesan dalam jumlah yang cukup banyak.

2. Lanyard Printing

Lanyard printing adalah jenis lanyard yang dicetak dengan menggunakan mesin percetakan digital. Keunggulan dari lanyard jenis ini yaitu dalam proses pembuatannya dapat memakai beragam macam warna serta lebih awet saat digunakan. Selain itu, produk lanyard printing juga lebih halus serta perpaduan warnanya lebih menarik untuk dipandang. Tetapi, keunggulan tadi tentu memerlukan harga yang relatif lebih mahal daripada harga dari lanyard sablon.

Fungsi Landyard

Mungkin Anda akan langsung bertanya, bagaimana mungkin desain seperti itu bisa memiliki banyak manfaat? Kira-kira apa yang menjadi nilai plus dari lanyard sehingga dewasa ini banyak perusahaan menggunakannya. Berikut alasan mengapa tali id card custom atau fungsi lanyard wajib dimiliki perusahaan.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Tali ID Card Custom?

1. Dipakai Sebagai Identitas Resmi

Identitas adalah sesuatu yang sangat penting dari sebuah perusahaan dan juga pekerjanya. Kalau identitas yang diberikan jelas, proses untuk keluar masuk kantor bisa dilakukan dengan mudah. Pemeriksaan perlu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Biasanya lanyard berisi nama dari perusahaan atau merek yang dimiliki. Semua dicetak pada kain yang dipakai untuk tali. Informasi lain seperti nomor telepon perusahaan, medsos, dan website.

2. Bisa Dipakai untuk Melakukan Branding

Saat menggunakan lanyard dan berada di luar kantor, secara tidak langsung Anda sedang melakukan branding. Mengapa demikian? Karena orang lain yang akan melihatnya tahu kalau ada nama perusahaan itu, kontak, dan lainnya.

Karena fungsi lanyard adalah untuk branding, pembuatan desain atau logo harus dibuat semenarik mungkin. Selain itu, desain juga harus mudah dikenali. Jangan membuat terlalu kecil atau malah terlalu besar sehingga tidak cukup atau terpotong di tali.

3. Membantu Proses Branding

Disadari atau tidak, fungsi tali lanyard membantu proses branding berjalan dengan baik. Proses ini berjalan dengan baik dari logo yang ada di dalamnya, tagline, dan hal-hal lain terkait dengan brand atau merek yang sedang dibangun.

Proses branding akan berjalan dengan baik kalau lanyard juga diberikan sebagai hadiah pada orang lain. Misal dibuat menjadi lebih kecil untuk gantungan kunci atau cantolan untuk dompet. Kalau diberikan, branding bisa dibuat tidak berlebihan agar tetap bisa dipakai sehari-hari.

4. Lebih Mudah Dibuat dan Dipakai

Lanyard adalah salah satu aksesori yang sangat bermanfaat dan mudah dibuat. Satu set lanyard hanya membutuhkan waktu pembuatan sekitar beberapa hari saja. Jadi, kapan pun dibutuhkan bisa segera dibuat sesuai dengan desain yang diinginkan.

Selain itu, aksesori ini juga mudah sekali dipakai. Anda cukup mengalungkannya ke leher dan ditambah ID card di bagian bawah. Selain itu, lanyard juga bisa dialihkan ke saku, sabuk, dan bagian lain dari pakaian yang bisa terlihat.

5. Bisa Diganti secara Berkala

Satu hal yang harus dipahami oleh perusahaan yang ingin menggunakan lanyard adalah biaya yang dikeluarkan. Kalau pesan cukup banyak, harganya akan menjadi murah sehingga perusahaan bisa menggantinya secara berkala.

Penggantian secara berkala dilakukan kalau sedang ada promo baru. Jadi, ada masih banyak lagi fungsi lanyard atau tali ID card. Terlebih kalau perusahaan memproduksi tali khusus yang diberikan kepada pelanggannya.

Baca Juga: 3 Cara Print ID Card dengan Mudah untuk Pemula

Tips Menjaga Lanyard ID Card Tetap Awet

Ada banyak kegiatan yang dilakukan dengan memakai lanyard sebagai tanda identitas. Lanyard yang kotor tentunya tidak bagus dan akan mengganggu penampilan diri kita. Lantas, bagaimana cara menjaga lanyard agar tetap awet dan bersih? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk merawat lanyard.

1. Simpan Lanyard di Tempat Bersih

Lanyard merupakan benda yang sering apalagi ketika bekerja di kantor. Ketika tidak digunakan, simpanlah barang ini di tempat yang bersih dan kering. Anda bisa menyimpannya di dalam lemari atau laci tertutup serta tidak lembab supaya lanyard terbebas dari kotoran atau jamur.

2. Pastikan Tangan Bersih saat Memegang Lanyard

Lanyar sebagai gantungan id card tentu seringkali kita pegang pada saat memakainya ataupun saat melepaskannya. Agar lanyard tidak gampang kotor, ketika memegangnya usahakan tangan Anda dalam kondisi bersih. Selain untuk memastikan kebersihan lanyard, memegang lanyard dengan tangan keadaan bersih juga bisa meminimalisir kotoran atau kuman yang menempel pada tali lanyard.

Lanyard yang bersih tentu lebih enak dipandang. Anda yang mengenakannya juga lebih nyaman bukan? Agar lanyard tidak mudah kotor, saat memegangnya usahakan tangan Anda dalam keadaan bersih. Selain untuk menjaga kebersihan lanyard, memegang lanyard dengan tangan bersih juga dapat meminimalisasi kuman yang menempel pada lanyard.

Setelah membaca ulasan di atas, terlihat dengan jelas kalau tali ID card custom memiliki banyak manfaat. Tidak mengherankan kalau banyak sekali perusahaan di luar sana menggunakannya. Bahkan, mewajibkan semua karyawan mengenakannya saat jam kerja baik di dalam atau di luar kantor.

Kalau saat ini perusahaan atau merek yang sedang Anda bangun belum memiliki lanyard untuk berbagai kebutuhan, coba lakukan di Tshirtbar.id. Anda bisa melakukan custom lanyard sesuai dengan keinginan dan memaksimalkan branding yang sedang dijalankan. Miliki ID card khusus untuk Anda sekarang!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published.