Last Update: October 20th, 2022 at 11:37 am

Tidak Hanya Untuk ID Card, Ini 5 Fungsi Bahan Lanyard

Bahan Lanyard mungkin masih asing di telinga sebagian orang. Padahal bahan Lanyard sebenarnya sangat sering kita lihat bahkan digunakan. Lanyard adalah tali gantungan yang biasanya digunakan untuk meletakkan ID card atau kartu identitas nama yang digunakan oleh karyawan atau panitia dalam sebuah event. Untuk mengetahui jenis dan fungsi lanyard, yuk simak ulasannya berikut ini.

Jenis Lanyard

Secara general, lanyard memiliki dua jenis yaitu lanyard sablon dan lanyard printing. Berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan dari kedua jenis lanyard tersebut agar Anda bisa memilih bahan lanyard yang terbaik.

1. Lanyard Printing

Lanyard printing adalah jenis tali lanyard yang dicetak dengan menggunakan mesin percetakan digital. Keunggulan dari jenis lanyard ini adalah pada proses produksinya Anda mengaplikasikan berbagai macam warna serta lebih tahan lama. Disamping itu, tekstur tali lanyard printing juga lebih halus dan juga perpaudan warnanya nyaman untuk di pandang. Namun dengan adanya kelebihan tersebut, tentunya Anda harus merogoh kocek yang lebih mahal.

Tali lanyard printing sendiri biasanya dibuat dari bahan polyester dan tisu. Jenis lanyard polyester memiliki keunggulan seperti tekstur yang cukup keras sehingga tidak mudah rusak sehingga bisa tahan lebih lama saat digunakan. Selain itu, cetak tali lanyard dari polyester juga tidak mudah kusut dan mudah kering saat terkena air. Sedangkan lanyard tisu memiliki keunggulan seperti lebih nyaman saat digunakan dan mudah menyerap keringat. Sayangnya, lanyard tisu sangat mudah sobek dan basah.

2. Lanyard Sablon

Sesuai dengan namanya, warna tali lanyard ini dibuat dengan menggunakan teknik sablon. Harganya yang cukup terjangkau menjadi sebuah kelebihan dari penggunaan lanyard sablon ini. Itulah sebabnya perusahaan-perusahaan jasa seperti acara seminar atau workshop, travel agent serta biro perjalanan haji dan umroh lebih memilih untuk menggunakan tali identitas jenis ini.

Namun, disamping harganya yang murah tersebut, tentu terdapat beberapa kekurangan yang menjadi risiko bagi pemesannya. Kekurangan yang pertama adalah warna lanyard ini cepat pudar bila dipakai dalam periode waktu yang lama. Selain itu, Anda hanya bisa menerapkan satu hingga dua warna saja dan juga banyaknya lanyard yang harus dipesan harus berjumlah banyak.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Membuat ID Card Panitia Terlihat Keren

Fungsi Lanyard

Meskipun saat ini banyak orang yang hanya mengenakan tali lanyard sebagai gantungan ID Card, tapi sebenarnya terdapat fungsi lain dari tali jenis ini. Dibawah ini merupakan lima fungsi dan kegunaan bahan lanyard adalah sebagai berikut.

1. Gantungan Kunci

Bentuk kunci yang kecil mungil biasanya membuat kita jadi mudah lupa saat menaruhnya. Apalagi jika Anda tipe orang yang cukup ceroboh pastinya akan cukup kesusahan saat harus mencari kunci. Nah, daripada harus selalu bingung dan repot karena harus selalu mencari-cari kunci, sebaiknya Anda mulai mencoba memberikan gantungan untuk kunci milik Anda yang penting.

Tidak hanya gantungan yang lucu-lucu saja, gantungan kunci dari bahan lanyard juga layak untuk dicoba lho. Panjang gantungan kunci dari tali lanyard bisa diatur sesuai dengan keinginan. Jadi Anda bisa memanjangkan atau memendekkan sesuai dengan selera. Namun, sebaiknya buatlah gantungan kunci yang agak panjang agar bisa menemukannya dengan mudah.

2. Gantungan Flashdisk

Flashdisk saat ini telah menjadi salah satu hal yang penting bagi banyak orang. Apalagi bagi mahasiswa atau pelajar yang tiap hari harus mengerjakan tugas, tentu saja keberadaan flashdisk cukup penting dan sangat diperlukan. Namun bentuk flashdisk yang kecil ini sering kali membuat kita repot saat mencarinya.

Bahkan cukup sering juga flashdisk harus hilang karena keteledoran kita yang lupa meletakkannya atau memang jatuh di suatu tempat. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan tali lanyard untuk dijadikan gantungan dari flashdisk kesayangan agar lebih mudah ditemukan.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Tali ID Card Custom?

3. Gantungan Pena

Pena atau pulpen pastinya menjadi barang yang sangat diperlukan baik di sekolah, kampus maupun kantor. Sayangnya pena juga menjadi barang yang sangat mudah hilang. Entah itu karena jatuh atau dipinjam oleh orang laian dan tidak dikembalikan.

Namun jika Anda memiliki pena kesayangan dan favorit yang selalu dijaga agar tidak hilang, lebih baik mulai menggunakan lanyard sebagai gantungannya. Memberikan tali lanyard untuk gantungan pena bukanlah hal yang aneh, malahan hal ini bisa sangat membantu untuk menjaga pena agar tidak mudah hilang. Jadi apakah Anda ingin mencoba menggunakan tali lanyard untuk dijadikan gantungan pena?

4. Gantungan Dompet

Lanyard juga bisa dimanfaatkan untuk mengamankan dompet milik kita. Selain bisa digunakan untuk tempat menyimpan uang,  dompet juga berguna sebagai tempat penyimpanan kartu-kartu yang penting seperti mulai dari SIM, KTP hingga ATM. Jika dompet hilang maka pastinya bisa membuat kita kerepotan karena banyaknya hal penting yang disimpan di sana.

Nah, sebagai salah satu cara agar dompet tidak mudah hilang ialah dengan memberikan gantungan. Tali lanyard bisa Anda manfaatkan untuk digunakan sebagai gantungan dompet. Sambungkan saja tali lanyard pada dompet dengan salah satu bagian pengait di celana. Dompet yang diberi gantungan dengan tali lanyard pastinya bisa lebih aman saat dimasukkan ke dalam celana.

Baca Juga: Apa Itu Merchandise? Dan Apa Fungsinya?

5. Promosi Bisnis

Selain sangat berfungsi digunakan sebagai gantungan, tali lanyard adalah media untuk memberikan promosi bisnis Anda. Saat ini cukup banyak perusahaan besar yang sudah memanfaatkan tali ID card sebagai media promosi. Anda hanya perlu menambahkan logo perusahaan ke tali lanyard untuk branding bisnis Anda.

Tali lanyard memang sangat serbaguna karena bisa ditambahkan elemen seperti teks atau gambar. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi Anda yang ingin mempromosikan bisnis yang sedang dirintis.

Menggunakan tali lanyard yang memiliki desain gambar atau tulisan tentunya bisa menarik perhatian orang lain dan sangat berguna sebagai branding bisnis Anda. Jika Anda tertarik untuk memiliki lanyard dengan desain menarik, saat ini Tshirtbar menyediakan custom tali lanyard tanpa minimal order untuk Anda.

 

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

One response to “Tidak Hanya Untuk ID Card, Ini 5 Fungsi Bahan Lanyard”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *