Mungkin Anda sudah sering mendengar kata merchandise. Namun, sudahkah Anda tahu apa itu merchandise dan fungsinya? Merchandise adalah produk ataupun barang yang diberikan secara cuma-cuma layaknya hadiah kepada seseorang yang mengikuti suatu kegiatan. Akan tetapi, di lain waktu, merchandise bisa jadi produk yang diperjualbelikan, misal merchandise dari grup musik, promosi film, atau bahkan seminar. Agar tidak bingung, mari simak penjelasannya berikut ini.
Daftar isi
Mengenal Apa Itu Merchandise
Perihal apa itu merchandise masih banyak orang yang salah sangka dan keliru mendefinisikannya sebagai gift. Berbeda dengan gift yang memang diproduksi untuk diberikan secara cuma-cuma kepada orang yang telah mengikuti suatu acara (seminar, pelatihan, konferensi, dll), pengertian merchandise adalah produk yang memang dibuat untuk dijual.
Biasanya, merchandise adalah bagian dari suatu promosi. Bisa itu promosi suatu brand, acara, grup musik, film, atau bahkan klub sepak bola. Tujuan pembuatan merchandise sebagai alat promosi adalah untuk menarik perhatian orang, menonjolkan keistimewaan produk, memenangkan hati konsumen, dan juga merekatkan ikatan antara brand dengan penggunanya.
Fungsi Merchandise
Sedikit sudah disinggung di atas tadi bahwa merchandise adalah barang yang diproduksi sebagai bagian dari promosi. Oleh karena itu, merchandise biasanya memiliki fungsi untuk bisa menarik lebih banyak perhatian audiens dan meningkatkan penjualan. Berikut adalah beberapa fungsi merchandise:
- Sebagai magnet yang menarik orang agar berkumpul dan melihat sebuah brand ketika sedang berada di sebuah pameran, seminar, dan acara keramaian lain yang biasanya diselenggarakan di tempat umum. Bentuk produk yang bisa Anda jadikan merchandise pun bermacam-macam. Bisa pin, mug, jam dinding, kaos, ataupun benda lainnya.
- Menjadi bagian dari branding perusahaan baik itu perusahaan produk maupun jasa. Misal, kalender bank yang diberikan kepada seluruh nasabahnya atau kaus pabrik untuk seluruh karyawannya. Dari segi bisnis ini bisa sangat menguntungkan.
- Sebagai ucapan terima kasih atas partisipasi atau kehadiran seseorang dalam suatu acara.
- Menjadi pembeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Hal ini tentunya dilakukan demi memenangkan persaingan pasar.
Manfaat Membuat Merchandise
Kalau tadi sudah membahas mengenai apa itu merchandise beserta dengan fungsinya, kini saatnya Anda mengetahui apa saja manfaat atau keuntungan membuat merchandise bagi sebuah brand.
Personal Touch
Sebuah merchandise yang diberikan secara personal serta terlihat unik kepada karyawan, nasabah, pelanggan, maupun masyarakat umum akan memberikan efek personal touch yang akan menyentuh hati mereka. Personal touch ini pun dapat membangun kedekatan antara brand dengan audiensnya. Terlebih bila barang yang Anda pilih untuk merchandise termasuk produk long-lasting yang digunakan sehari-hari. Ini juga bisa menjadi pembeda dengan perusahaan lain.
Membangun Awareness Dan Juga Media Promosi yang Efektif
Saat ini cara promosi dengan menggunakan iklan mungkin sudah sangat mainstream dan “kuno.” Anda harus memikirkan cara berbeda untuk mempromosikan produk selain dengan menggunakan iklan dan kata-kata promosi yang terkadang seperti angan-angan belaka. Makanya, merchandise sebagai alat promosi bisa membangun kesadaran akan keberadaan dan posisi brand Anda dengan cara kontak langsung dengan pengguna sehari-hari. Apalagi jika merchandise yang Anda buat menampilkan logo perusahaan yang bisa membantu orang-orang untuk mengingat Anda.
Jenis-Jenis Merchandise
Sekarang, Anda sudah lebih tahu kan, mengenai apa itu merchandise, fungsi, dan manfaatnya untuk strategi promosi sebuah produk? Kalau begitu, kini saatnya Anda tahu benda apa saja yang dapat dijadikan media promosi melalui merchandise. Berikut pilihannya!
Kaos
Kaos sangat populer dijadikan merchandise karena produk ini bersinggungan langsung dengan kehidupan masyarakat, entah itu usia muda maupun tua, sebagai pakaian yang dikenakan harian. Bila memilih kaos sebagai merchandise, Anda dapat menempatkan logo perusahaan serta beberapa kata yang menarik perhatian.
Tas
Pilihan lain di samping kaos adalah tas. Contohnya saja tas belanja atau tote bag yang di buat dengan desain custom dapat digunakan dalam berbagai aktivitas harian . Tas ini bisa jadi wadah penyimpanan barang. Masyarakat pastinya akan menggunakan tas ini untuk belanja maupun bepergian keluar. Secara tidak langsung, hal tersebut sudah menciptakan brand awareness pada audiens.
Baca juga: Pilihan Merchandise Unik untuk Hadiah Acara Kantor
Topi
Barang lain yang juga kerap dipakai dalam aktivitas sehari-hari adalah topi. Selain sebagai pelindung dari panas matahari, topi bisa juga jadi fashion item untuk melengkapi penampilan sehari-hari. Nah, di sini Anda bisa mengambil kesempatan untuk menjadikan topi sebagai merchandise promosi. Pengguna produk akan bersinggungan langsung dan tanpa sadar sudah memahami pesan yang brand Anda sampaikan.
Begitulah tadi penjelasan singkat tentang apa itu merchandise, fungsi, manfaat, hingga produk-produk yang dapat dipilih untuk dijadikan merchandise. Bila Anda tertarik untuk menyablon dan membuat promosi melalui merchandise menggunakan kaos, topi, tas, maupun jaket, silahkan pakai jasa Tshirtbar yang menyediakan jasa merchandise dan souvenir custom printing. Kami siap membantu Anda membuat sablon berbagai produk untuk merchandise.
Leave a Reply