Last Update: October 20th, 2022 at 10:07 am

3 Alasan Kenapa Membuat ID Card Panitia Terlihat Keren

Pada masa kini sudah banyak sekali organisasi atau perkumpulan yang dibentuk oleh banyak orang di luar sana dengan tujuan dan sasaran tertentu di dalamnya. Mulai dari yang formal hingga informal seperti organisasi bisnis, organisasi sosial, organisasi politik dan juga organisasi teknik. Dari organisasi atau komunitas inilah membuat suatu acara seperti pameran, konser musik, atau berbagai kegiatan besar lainnya pasti memiliki panitia di dalamnya untuk mengatur bagaimana berjalannya suatu acara supaya lancar dan rapi.

Seperti adanya penanggung jawab, ketua panitia, bendahara, keamanan dan yang lainnya dimana diperlukan penggunaan Id Card panitia sebagai kartu tanda pengenal. Id Card ini memiliki banyak desain yang disesuaikan dengan tema acara agar terlihat keren.

Id Card merupakan kartu tanda pengenal yang memiliki fungsi tidak hanya sebagai kartu identitas masing-masing panitia, akan tetapi Id Card mempunyai arti sendiri dalam mendukung formalitas dan image suatu acara, organisasi ataupun perusahaan. Yuk cari tau alasan kenapa id card panitia bisa terlihat keren di bawah ini

Custom Id Card Panitia Keren

3 Alasan mengapa Id Card panitia terlihat keren

1. Memberikan kesan rapih dan formal

Saat semua panitia menggunakan Id Card maka kesan yang terlihat adalah rapi dan formal sehingga memberikan kesan positif pada panitia dan suasana acara yang berlangsung.

2. Memudahkan saat di butuhkan

Peserta acara tidak akan susah mengenal dan meminta bantuan kepada panitia yang bertugas sesuai dengan divisi dan nama pada Id Card yang sudah tertera.

3. Memisahkan panitia dan peserta

Untuk memisahkan secara tegas antara panitia dan peserta acara. Selain itu dengan adanya Id Card untuk panitia dapat menjaga keamanan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Mengapa Perusahaan Wajib Memiliki Tali ID Card Custom

Cara Membuat ID Card Panitia di Microsoft Word

Microsoft Word, Ms Word, Ms Word Icon

Cara membuat ID card panitia cukup mudah untuk dilakukan hanya dengan menggunakan microsoft word. Perangkat microsoft Word telah menyediakan berbagai template yang bisa Anda pilih sebagai desain ID card. Anda dapat mengikuti dan menerapkan tutorial yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Buka Microsoft Word di laptop atau komputer yang Anda gunakan.
  • Klik File, kemudian klik opsi New.
  • Lalu, pilih Business Cards. Nantinya akan terlihat banyak pilihan template ID card dengan bentuk yang bermacam-macam, mulai dari vertikal sampai horizontal.
  • Pilih template yang ingin Anda pakai sesuai keinginan dan tujuan tim panitia.
  • Klik Download atau Create untuk membuka template yang sudah Anda pilih.
  • Berikutnya, isi informasi atau data diri yang perlu tertulis di ID card tersebut.

Membuat ID card panitia di template microsoft word ini umumnya Anda hanya perlu dengan mengisi informasi atau data diri pada kartu nama yang awal saja. Setelah itu seluruh kartu nama sisanya secara otomatis akan terisi dengan informasi yang sama.

Meskipun Anda sudah memilih template yang disukai, Anda tetap bisa mengubahnya dengan desain lain pada ID card tersebut. Seperti gambar, tata letak, warna, ukuran font, dan lainnya. Jika perlu, Anda juga dapat memasukkan logo panitia atau organisasi agar terkesan lebih profesional. Pastikan keseluruhan informasi dan desain yang harus dicantum dalam kartu nama sudah lengkap serta tersusun rapi sehingga siap untuk dicetak dan digunakan.

Baca Juga: Tidak Hanya Untuk ID Card, Ini 5 Fungsi Bahan Lanyard

Selain bisa menggunakan template yang disediakan dari microsoft word. Anda juga dapat menggunakan tabel dalam membuat ID card panitia. Berikut ini langkah-langkah membuat ID card menggunakan tabel di microsoft word.

  • Buka Microsoft Word di laptop atau komputer yang Anda gunakan.
  • Lalu, klik tab Page Layout, kemudian pilih Margins.
  • Sesudah muncul opsi ukuran Margins (batas kertas), lalu pilih Narrow.
  • Klik tab Insert, kemudian klik opsi Table.
  • Buat tabel dengan lebar 2 sel dan panjang 5 sel.
  • Kemudian, buk table properties. Caranya klik kanan di kursor bidik silang pada pojok kiri atas tabel, lalu pilih Table Properties.
  • Agar memudahkan Anda ketika meratakan informasi di dalam ID card, atur tata letak tabel dengan cara memilih opsi Center.
  • Berikutnya klik tab Row, kemudian tanda centang di kotak Specify Height. Lalu masukkan ukuran 2 cm, serta pilih Exactly dalam kolom Row Height is.
  • Klik tab Column, kemudian tanda centang di kotak Preferred Width. Masukkan ukuran 3.5 cm, serta pilih Exactly dalam kolom Measure in.
  • Agar ukuran tabel bisa menyesuaikan dengan layar, ulangi klik kanan di bidik kursor tabel, lalu pilih AutoFit, kemudian klik Fixed Column Width supaya ukuran tabel tidak berubah saat Anda memasukkan data atau informasi di ID card.
  • Masukkan data atau informasi yang ingin Anda cantum di dalam ID card. Anda dapat memilih ukuran dan jenis font, warna, serta beragam tools.
  • Sesudah Anda memasukkan data atau informasi dalam satu sel tabel, copy atau salin untuk bisa memindahkannya ke dalam sel lainnya. Pastikan juga saat sebelum mengisi informasi pada kartu nama sudah benar.
  • Setelah isi dari sel pertama sudah di copy dan di paste ke dalam sel-sel lainnya, kemudian ulangi klik kanan di bidik silang tabel, lalu kembali masuk ke Table Properties. Klik opsi Borders and Shading dan klik None untuk garis tabel. Hal itu bertujuan agar garis batas tabel tidak nampak saat kartu dipotong.
  • Terakhir, cetak ID card tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Tali ID Card Custom?

Bahan material untuk membuat Id Card

Material yang digunakan untuk membuat Id Card ada beberapa contohnya Art Paper yang terbuat dari kertas dengan gramatur antara 300-500 gram atau bahan PVC yang terbuat dari campuran plastik dan kertas, teksturnya keras dan licin. Bahan PVC juga ada dua tipe yaitu glossy type (mengkilat) atau doff type (tidak mengkilap).

Di Tshirtbar tersedia Id Card untuk panitia maupun perusahaan. Material yang digunakan untuk membuat Id Card adalah PVC dengan tipe glossy dengan dimensi 5.4 cm x 8.5 cm. Kamu bisa custom Id Card di Tshirtbar sesuai dengan keinginan, mulai dari warna, tulisan, hingga desain yang sudah disiapkan. Lebih baiknya lagi, Tshirtbar juga menyediakan custom tali lanyard yang bisa di sesuaikan dengan tema Id Card kepanitiaan kamu sehingga terlihat lebih keren dan stylish.

Lanyard dari Tshirtbar menggunakan bahan tissue, kelebihan bahan lanyard tissue yaitu memiliki tekstuk yang halus, mudah menyerap keringat dan juga mempunyai partikel yang padat sehingga jika dilakukan proses printing akan menghasilkan cetakan yang sangat tajam dan jelas. Tunggu apalagi? Segera hubungi tim sales kami dan pesan sekarang.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *