Last Update: November 19th, 2022 at 9:52 pm

3 Cara Print ID Card dengan Mudah untuk Pemula

ID Card atau kartu nama merupakan tanda pengenal yang umum digunakan di berbagai acara khusus dan area perkantoran. Benda ini berfungsi untuk menunjukkan posisi Anda di sebuah acara atau kegiatan tertentu. Karena bentuknya yang kompak, cara print ID Card tidak sama dengan pencetakan dokumen lainnya. Lalu, bagaimana cara print ID Card dengan baik dan benar? Berikut di bawah ini langkah-langkah yang bisa Anda simak.

Cara Print ID Card dengan Mudah

cara print id card

Material untuk membuat ID Card pada umumnya berupa kertas PVC. Selain awet, kertas berbahan plastik ini juga cenderung tahan terhadap paparan air dan warnanya tidak mudah memudar.

Terlepas dari Anda yang ingin membuat ID Card untuk jangka pendek maupun jangka panjang, seperti kepanitiaan acara tertentu dan identitas karyawan kantor, ada baiknya Anda menggunakan bahan PVC dan rangka plastik yang berkualitas tinggi.

Untuk membuat ID Card, Anda perlu menyiapkan peralatan berikut ini:

  • Komputer yang dilengkapi perangkat lunak editing, seperti Corel Draw atau Photoshop
  • Alat laminating
  • Rangka ID Card
  • Alat pemotong (berupa gunting/cutter)
  • Kertas PVC
  • Mesin cetak

Setelah semua peralatan siap, ikutilah langkah-langkah di berikut ini untuk membuat ID Card:

1. Siapkan Desain ID Card 

Anda bisa membuat desain sesuai keperluan. Saat ini ada beragam sumber di internet untuk mendesain ID Card yang menarik. Anda bahkan bisa mengunduh template gratis di beberapa situs web. Jika tidak yakin dengan hasil desain sendiri, atau ingin membuat desain yang original, Anda bisa menggunakan jasa desainer atau percetakan.

Desain ID Card kemudian harus disunting dengan perangkat lunak di komputer agar ukurannya sesuai (pada umumnya, ukuran ID Card adalah 5,4 x 8,6 cm dengan pengaturan gambar potrait). Adapun perangkat lunak yang digunakan umumnya adalah Corel Draw dan Photoshop.

2. Cetak Gambar ID Card

Untuk mencetak ID Card, Anda harus menggunakan pengaturan mirror pada printer. Jika sudah, siapkan ukuran kertas PVC sesuai kebutuhan, lalu letakkan sisi kertas yang kasar menghadap ke bawah. Sisi tersebut digunakan untuk menampilkan gambar pada ID Card.

Proses pencetakan biasanya hanya berlangsung beberapa menit. Jika mesin cetak yang digunakan cukup canggih, ID Card bahkan bisa dicetak dalam hitungan detik! Setelah kertas berhasil dicetak, diamkan dulu kertas tersebut selama beberapa menit untuk memastikan tintanya sudah kering.

Baca juga: Tidak Hanya Untuk ID Card, Ini 5 Fungsi Bahan Lanyard

3. Menyelesaikan Proses Pembuatan ID Card

Sekarang, satukan kedua kertas PVC yang sudah dicetak. Anda perlu menggunakan alat laminating untuk menyelesaikan proses ini. Alat tersebut harus memiliki temperatur lebih dari 100 derajat Celsius. Setelah dilaminasi, kertas PVC akan terasa sangat panas. Jadi, tunggulah beberapa menit sampai kertas dingin sebelum melanjutkan prosesnya.

Jika sudah dingin, Anda dapat memotong kertas PVC untuk merapikan pinggirannya, serta membuat lubang di bagian atas untuk menyematkan tali/penjepit. Selesai!

Manfaat Membuat ID Card dengan Baik dan Benar

Setelah Anda menegetahui bagaimana cara print ID card dengan mudah, baik, dan benar. Ternyata terdapat beberapa manfaat yang bisa didapat dari membuat dan merawat ID card. Berikut ini manfaatnya.

1. Menjaga Kepercayaan Diri

Manfaat pertama dari melakukan cara print ID Card secara berkualitas adalah membuat kepercayaan diri Anda semakin terjaga bahkan meningkat ketika beraktivitas yang menggunakan atribut ID card.

Dengan mengenakan ID Card yang berkualitas serta terawat dengan baik, tentunya Anda akan lebih semangat dan percaya diri ketika bertemu rekan kerja, konsumen atau klien. Namun, hal ini juga didukung dari penampilan Anda yang bersih, rapi, dan bahagia.

2. Lapisan Cetak dan Warna Tidak Mudah Rusak

Kemudian, apabila Anda melakukan cara print ID card dengan baik dan benar, maka lapisan cetakan laminating dan warna kartu tidak mudah rusak. Masalah seperti lapisan plastik laminating yang terkelupas dan desain cetakan yang memudar tidak akan terjadi jika bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ID card memiliki kualitas yang baik.

3. Menghemat Anggaran

Membuat ID card dengan memakai bahan-bahan yang berkualitas dan metode printing yang baik tentunya akan menghemat anggaran perusahaan. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan ID card yang berkualitas akan bersifat tahan lama dan tidak mudah rusak, sehingga perusahaan tidak perlu repot-repot untuk cetak ID card ulang di kemudian waktu.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Contoh Desain ID Card Terbaik

Tips Merawat ID Card dengan Tepat

Tips merawat ID card sebetulnya sangatlah mudah, kuncinya Anda hanya membutuhkan perhatian serta kehati-hatian. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda coba supaya ID card yang Anda miliki semakin tahan lama sampai bertahun-tahun.

1. Memakai Casing Full Cover

Tips yang paling mudah untuk Anda lakukan dalam merawat ID card adalah dengan menutupinya menggunakan casing ID card yang full cover atau tertutup secara rapat. Dengan begitu, hal-hal yang mungkin bisa merusak ID card tentunya tidak akan terjadi. Seperti gesekan, percikan air, debu dan noda minuman tak akan langsung kena kepada ID card, karena tertutupi oleh casing.

2. Membersihkan dengan Tisu atau Kain

Anda juga disarankan untuk membersihkan ID card dan juga casing-nya menggunakan tisu atau kain lap bersih setidaknya satu kali seminggu. Bersihkan dengan cara mengusapnya secara lembut pada permukaan ID Card, pastikan jangan sampai ada goresan atau tenaga yang berlebihan ketika membersihkannya agar tidak rusak.

3. Menyimpan ID Card dengan Cara Digantung

Setelah Anda menggunakan ID card selama beraktivitas, jangan lupa untuk menyimpannya dengan cara digantung di tempat yang bersih, kering, dan mudah dijangkau. Misalnya pada gantungan pakaian atau gantungan belakang pintu.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Membuat ID Card Panitia Terlihat Keren

Alternatif yang Lebih Mudah

Seperti yang bisa Anda lihat, cara print ID Card ternyata tidak rumit. Namun, jika hendak membuatnya dalam jumlah banyak, Anda tentu akan kerepotan.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan ID Card yang cepat dan terpercaya. Selain bisa menghemat waktu dan tenaga, hal ini juga bisa memastikan bahwa cara ID Card telah dicetak dengan rapi dan profesional.

Tshirtbar menawarkan jasa pembuatan ID Card  yang bisa Anda kustomisasi sesuai keinginan. Pencetakan kartu menggunakan teknologi UV sehingga hasilnya lebih awet dan tidak mudah pudar. Selain menerima pesanan dalam jumlah besar, kami juga menawarkan custom ID card untuk kerperluan jumlah kecil, seperti acara kepanitiaan di sekolah atau tanda pengenal khusus organisasi.

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211