Last Update: November 19th, 2020 at 2:50 pm

3 Cara Print ID Card dengan Mudah untuk Pemula

ID Card merupakan tanda pengenal yang umum digunakan di berbagai acara khusus dan area perkantoran. Benda ini berfungsi untuk menunjukkan posisi Anda di sebuah acara atau kegiatan tertentu. Karena bentuknya yang kompak, cara print ID Card tidak sama dengan pencetakan dokumen lainnya.

Material untuk membuat ID Card pada umumnya berupa kertas PVC. Selain awet, kertas berbahan plastik ini juga cenderung tahan terhadap paparan air dan warnanya tidak mudah memudar. 

Terlepas apakah Anda ingin membuat ID Card untuk jangka pendek, seperti kepanitiaan acara tertentu, atau membuatnya untuk jangka panjang, misalnya sebagai identitas di kantor, sebaiknya gunakanlah bahan PVC dan rangka plastik berkualitas tinggi.

Untuk membuat ID Card, Anda perlu menyiapkan peralatan berikut ini:

  • Komputer yang dilengkapi perangkat lunak editing, seperti Corel Draw atau Photoshop
  • Alat laminating
  • Rangka ID Card
  • Alat pemotong (berupa gunting/cutter)
  • Kertas PVC
  • Mesin cetak 

Setelah semua peralatan siap, ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk membuat ID Card:

 

  • Siapkan Desain ID Card 

Anda bisa membuat desain sesuai keperluan. Saat ini ada beragam sumber di internet untuk mendesain ID Card yang menarik. Anda bahkan bisa mengunduh template gratis di beberapa situs web. Jika tidak yakin dengan hasil desain sendiri, atau ingin membuat desain yang original, Anda bisa menggunakan jasa desainer atau percetakan.

Desain ID Card kemudian harus disunting dengan perangkat lunak di komputer agar ukurannya sesuai (pada umumnya, ukuran ID Card adalah 5,4 x 8,6 cm dengan pengaturan gambar potrait). Adapun perangkat lunak yang digunakan umumnya adalah Corel Draw dan Photoshop.

 

  • Cetak Gambar ID Card

Untuk mencetak ID Card, Anda harus menggunakan pengaturan mirror pada printer. Jika sudah, siapkan kertas PVC, lalu letakkan sisi kertas yang kasar menghadap ke bawah. Sisi tersebut digunakan untuk menampilkan gambar pada ID Card.

Proses pencetakan biasanya hanya berlangsung beberapa menit. Jika mesin cetak yang digunakan cukup canggih, ID Card bahkan bisa dicetak dalam hitungan detik! Setelah kertas berhasil dicetak, diamkan dulu kertas tersebut selama beberapa menit untuk memastikan tintanya sudah kering.

 

Baca juga: Tidak Hanya Untuk ID Card, Ini 5 Fungsi Bahan Lanyard

 

  • Menyelesaikan Proses Pembuatan ID Card

Sekarang, satukan kedua kertas PVC yang sudah dicetak. Anda perlu menggunakan alat laminating untuk menyelesaikan proses ini. Alat tersebut harus memiliki temperatur lebih dari 100 derajat Celsius. Setelah dilaminasi, kertas PVC akan terasa sangat panas. Jadi, tunggulah beberapa menit sampai kertas dingin sebelum melanjutkan prosesnya.

Jika sudah dingin, Anda dapat memotong kertas PVC untuk merapikan pinggirannya, serta membuat lubang di bagian atas untuk menyematkan tali/penjepit. Selesai!

 

Yuk buat ID card unik khusus untuk Anda

 

Alternatif yang Lebih Mudah

Seperti yang bisa Anda lihat, cara print ID Card ternyata tidak rumit. Namun, jika hendak membuatnya dalam jumlah banyak, Anda tentu akan kerepotan. 

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan ID Card yang cepat dan terpercaya. Selain bisa menghemat waktu dan tenaga, cara ini juga bisa memastikan ID Card dicetak dengan rapi dan profesional.

tshirtbar.id menawarkan jasa pembuatan ID Card  yang bisa Anda kustomisasi sesuai keinginan. Pencetakan kartu menggunakan teknologi UV sehingga hasilnya lebih awet dan tidak mudah pudar. Selain menerima pesanan dalam jumlah besar, tshirtbar.id juga menawarkan custom ID card untuk kerperluan jumlah kecil, seperti acara kepanitiaan di sekolah atau tanda pengenal khusus organisasi.

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *