Last Update: July 7th, 2020 at 11:46 am

Suka Masak? Jangan Lupakan Gunakan Apron

Apron adalah benda yang sudah tidak asing di telinga Anda. Benda yang satu ini memang cukup penting karena bisa menjadi alat yang melindungi diri dari kotoran saat beraktivitas, seperti memasak atau berkebun. Jika menggunakan apron, pastinya bagian depan pakaian Anda akan terjamin bersih meski melakukan aktivitas yang cukup berisiko terkena kotoran. 

Apron adalah sebutan dari celemek yang memiliki fungsi khusus untuk melindungi tubuh penggunanya dari kotoran atau noda saat beraktivitas. Mungkin sebagian besar orang mengira bahwa apron hanya dibutuhkan oleh para ibu-ibu saja karena bisa melindungi dari kotoran saat sedang memasak. 

Namun, sebenarnya apron juga cocok digunakan untuk aktivitas lain. Sebut saja saat sedang melukis atau berkebun. Aktivitas tersebut tentunya dapat menyebabkan noda pada tubuh. Jika Anda ingin terbebas dari noda, maka bisa menggunakan apron untuk melindungi pakaian dan tubuh. 

Fungsi apron untuk memasak

Seperti yang sudah sempat dijelaskan di atas, apron memang memiliki fungsi yang penting saat digunakan dalam kegiatan tertentu. Kini ada banyak apron yang dijual di pasaran yang khusus digunakan untuk memasak. Memang saat memasak Anda sangat berisiko terkena noda-noda, sehingga apron bisa menjadi pilihan untuk melindunginya. 

Berikut ini akan dijelaskan beberapa fungsi apron untuk memasak yang perlu Anda ketahui:

  • Menjaga pakaian dari cairan atau noda bahan memasak

Saat memasak, Anda akan mempersiapkan banyak sekali bahan yang dibutuhkan. Tidak hanya bahan yang bertekstur padat saja, pastinya juga ada bahan cair yang digunakan. Sayangnya, bahan bertekstur cair tersebut sangat mudah tumpah. Bahkan, saat tumpah dan terkena pakaian bisa cukup sulit untuk dihilangkan. 

Itulah mengapa Anda sangat perlu untuk menggunakan apron sebagai alat pelindung diri. Menggunakan apron dengan mengikat tali leher yang tersedia akan tetap membuat pakaian Anda tetap bersih saat memasak. Cairan-cairan yang terpercik akan terkena apron terlebih dahulu, jadi tidak akan sampai ke pakaian Anda. 

  • Menjaga pakaian dari bau asap

Memasak pastinya tidak bisa jauh dari api dan asap. Apalagi jika Anda harus memasak dengan cara digoreng atau ditumis, tentu akan menghasilkan bau yang cukup menusuk hidung. Bau tersebut juga akan sangat mudah menempel pada pakaian. Tentunya hal itu juga bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dengan pakaian yang digunakan. 

Itulah mengapa sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan apron. Saat memasak dan menggunakan apron tentunya bau asap tersebut akan menempel di apron dan tidak langsung ke pakaian. Bau asap yang menyengat itu pun bisa Anda hindari dengan mudah.

  • Menjaga dari bahaya percikan api

Beberapa orang menyebut dapur sebagai tempat yang paling menyenangkan karena bisa digunakan untuk bereksperimen dan membuat makanan. Akan tetapi, dapur juga bisa disebut sebagai tempat yang berbahaya jika Anda tidak bisa hati-hati saat berada di sana. Ada api serta banyak benda tajam seperti pisau yang bisa melukai Anda kapan pun. 

Percikan api juga sangat mudah terjadi di dapur. Misalnya saat Anda menggoreng sesuatu dan minyaknya agak tumpah ke kompor tentu akan menyebabkan terjadinya percikan api. Untuk melindungi Anda dari hal tersebut, gunakan saja apron. Percikan api atau minyak panas tersebut sangatlah berbahaya jika langsung terkena kulit. Itulah mengapa Anda perlu menggunakan apron untuk melindungi diri dari hal-hal tersebut. 

Baca juga: Jenis-jenis Kain Katun Ini Membuat Baju Jadi Nyaman Digunakan

  • Menjadi tempat membawa perlengkapan memasak

Salah satu hal unik dari apron adalah memiliki cukup banyak saku. Saku tersebut dirancang agar para penggunanya bisa memanfaatkannya dengan baik. Saku pada apron tersebut bisa berfungsi sebagai tempat membawa perlengkapan memasak. Misalnya saja Anda ingin membawa sendok takar atau tambahan bumbu. 

Dengan memasukkannya ke dalam saku, tentu Anda tidak perlu repot-repot untuk mencarinya. Apalagi jika Anda suka memasak dan melihat resepnya lewat YouTube, tentunya Anda bisa menyimpan smartphone ke dalam saku agar lebih aman. Jadi, saat Anda perlu untuk melihat resepnya, tinggal mengambil dari saku. Benar-benar praktis bukan?

Apron chef adalah benda yang sangat dibutuhkan saat memasak. Setelah Anda mengetahui kegunaan apron untuk memasak di atas, cobalah untuk menggunakannya saat memasak di dapur agar keamanan Anda selalu terjaga. 

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *