Cara Membuat Celemek Masak Cantik

Bagi Anda yang hobi memasak atau bahkan sering bekerja di dapur, celemek sudah jadi atribut wajib untuk memastikan pakaian tidak kotor saat memasak. Apalagi mengingat selama memasak, bisa saja pakaian terkena cipratan minyak panas, air, saus, atau yang lain. Celemek masak cantik untuk Anda ini ternyata bisa dibuat sendiri.

 

Ada begitu banyak cara membuat celemek masak. Tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda untuk membuat celemek. Alat serta bahan-bahan untuk membuat celemek masak ini pun termasuk mudah untuk didapatkan. Beberapa di antaranya bahkan mungkin sudah Anda miliki di rumah.

 

Celemek dari kemeja bekas

Kalau Anda memiliki beberapa kemeja bekas yang sudah tidak terpakai di rumah, Anda dapat mencoba cara membuat celemek masak yang satu ini. Selain kemeja bekas, Anda juga akan membutuhkan alat-alat lainya seperti gunting, jarum, benang jahit sewarna, korek api, lilin, kapur jahit, dan pensil. Untuk mesin jahit ini opsional, jika ada bisa Anda pakai. Anda pun bisa menjahit secara manual.

 

Setelah melengkapi alat dan bahan di atas, berikutnya Anda tinggal menerapkan cara membuat celemek masak ini. Langkah pertama, pastikan kemeja bekas ini memiliki ukuran yang cukup besar dan sudah dicuci sebelumnya. Berikutnya, Anda harus menggambar pola pada kemeja bekas ini. 

 

Buatlah garis melengkung dimulai dari sisi leher kanan, terus sampai ke sisi leher bagian kiri, hingga bagian bawah lengan kemeja. Gunakan pensil atau kapur jahit saat membuat pola. Lalu, gunting pola yang sudah Anda gambar ini. Berikutnya gunting juga bagian belakang kemeja hingga tersisa bagian depan kemeja untuk jadi bagian depan celemek.

 

Selanjutnya, lipat sisi-sisi kemeja yang sudah digunting selebar 2 cm untuk dijahit. Setelah selesai, ambil sisa kemeja yang tadi tidak terpakai, lalu gunting memanjang. Kemudian, Anda jahit agar jadi lebih rapi untuk dijadikan sebagai tali celemek. Terakhir, tinggal Anda sambungkan dengan badan celemek dan celemek dari kemeja bekas Anda pun sudah siap dipakai.

 

Celemek dari kain perca

Cara membuat celemek masak lainnya yang juga layak untuk dicoba adalah membuat celemek dari kain perca atau kain sisa jahitan. Anda bisa memeriksa apakah Anda memiliki beberapa kain perca di rumah untuk dimanfaatkan. Selain itu, Anda juga dapat membeli kain perca dari tempat jahit yang biasa dijual per kilo.

 

Tidak terlalu berbeda dengan cara membuat celemek masak sebelumnya, Anda juga masih membutuhkan beberapa alat seperti gunting, kapur jahit, pita dan manik-manik, jarum jahit, serta benang. Untuk benang dan ornamen seperti pita dan manik-manik, dapat Anda sesuaikan warnanya dengan kain perca yang Anda miliki.

 

Langkah pertama cara membuat celemek masak ini adalah menyatukan kain perca sesuai dengan ukuran tinggi dan lebar tubuh Anda. Setelah mendapatkan satuan kain dengan ukuran yang cukup, berikutnya Anda tinggal menggambar pola celemek di atas kain tersebut. Pola ini bisa Anda temukan di internet, sekaligus bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda.

 

Setelah pola selesai digambar, gunting kain tersebut. Ingat, lebihkan sedikit pinggirannya selebar 2 cm untuk dilipat saat akan dijahit nanti. Lapisi pinggiran yang sudah dilipat dengan pita lebar tadi, lalu mulai jahit perlahan dengan rapi. Berikutnya gunting sisa kain perca memanjang untuk dijahit menjadi tali celemek. Anda bisa memasang manik di bagian dada sebagai hiasan.

 

Celemek dengan teknologi print

Terakhir, jika Anda menginginkan celemek masak yang lebih bergaya, Anda dapat memakai cara membuat celemek masak yang menggunakan teknologi print. Teknologi ini memungkinkan Anda mencetak logo atau gambar tertentu di atas bahan pilihan celemek yang Anda pilih sendiri juga.

 

Anda dapat mengunjungi situs milik Tshirtbar untuk melihat langsung pilihan dan contoh desain celemek yang bisa Anda dapatkan, mulai dari celemek fullprint yang terbuat dari bahan polyster hingga celemek masak dari bahan katun. Desainnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hasil akhirnya memuaskan, desain berkualitas dan tahan lama juga.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *