Last Update: June 27th, 2021 at 12:41 am

3 Jenis Kain untuk Celemek

Celemek atau Apron adalah kain jenis aksesoris pelindung yang dipakai oleh chef, juru masak dan pegawai restoran. Terkadang juga dipakai oleh kapster atau juru pangkas rambut. Celemek umumnya berbentuk seperti dress panjang namun hanya dibagian depan saja sedangkan bagian belakangnya terbuka dan diikat menggunakan tali yang tersedia.

Beberapa celemek yang kita temui terkadang memiliki kantong dibagian depannya, yang bisa dipakai untuk menyimpan peralatan, catatan dan lain-lain. Untuk jenis bahan yang digunakan untuk membuat celemek atau apron, kita harus melihat dari keperluan situasi dapur yang sering dihadapi oleh juru masak, yaitu menahan tumpahan dan cipratan dari minuman dan makanan. Celemek juga sering dipakai oleh juru masak untuk menglap tangannya yang kotor.

Oleh karena itu, celemek memerlukan bahan yang cocok dilihat dari kegunaannya, berikut adalah beberapa jenis kain yang cocok untuk membuat celemek:

jenis dan tekstur kain untuk celemek

1. Bahan drill

Bahan ini adalah bahan yang terbuat dari katun dan paling umum dipakai untuk bahan dasar celemek. Sebab bahan ini cukup tebal awet dan tahan lama. Bahan ini tidak mudah ditembus oleh cipratan saus, kuah dan sisa makanan. Bahan ini juga memiliki perawatan yang mudah dan tidak mudah rusak. Celemek bahan ini bisa disablon dengan polyflex dengan desain yang kita sukai. Kelebihan bahan ini terdapat pada kesan mahal yang diberikannya. Namun bahan drill katun ini tidak cocok untuk diprint dengan sublimasi.

2. Bahan Verlando

Bahan ini mirip seperti bahan drill, namun letak perbedaannya adalah pada bahan dasar benangnya, di mana bahan ini terbuat dari benang polyester bukan katun. Hal ini membuat celemek jenis ini semakin awet dan tahan lama. Selain itu bahan ini juga bisa dicetak dengan print sublimation sebab bahan ini terbuat dari 100% polyester. Akan tetapi, dibanding bahan drill, Verlando cenderung lebih tipis. Verlando sering dipakai untuk pembuatan kemeja dan masker sebab bahan memiliki hasil print yang sangat baik.

3. Bahan Taslan

Berbeda dengan 2 bahan diatas yang punya kecenderungan untuk menyerap cairan, bahan ini sebaliknya justru lebih senang menahan cairain sebab bahan ini tergolong bahan water repelent. Dalam berbagai situasi, bahan Taslan bisa menjadi alternatif yang lebih superior dibanding bahan drill dan verlando. Serta bahan ini juga bisa diprint dengan sublimasi. Bahan taslan uniknya juga sering dipakai untuk keperluan totebag dan aksesoris fashion lainnya, sebab bahan ini sangat awet dan tahan lama. Hasil print sublimasi pada bahan taslan sangat baik sehingga banyak diminati orang.

Dari ketiga bahan diatas, kamu bisa memilih jenis kain untuk celemek yang paling cocok untuk kebutuhan. Tshirtbar menyediakan custom celemek yang dicetak dengan desain sesuai keinginan kamu. Tunggu apalagi, yuk pesan sekarang!

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *