Lebih Baik Mana Bahan Jaket Babyterry vs Fleece?

Jaket adalah outerwear atau pakaian lapis terluar yang biasa dipakai untuk melindungi tubuh dari cuaca yang lebih dingin. Ada banyak ragam jaket yang bisa dipakai untuk sebagai outerwear, masing-masing dengan keunggulannya masing-masing. Contohnya ada jaket yang berbahan jeans, bahan fleece, bahan waterproof dan masih banyak lainnya. Semuanya tergantung pada fungsi dan pilihan fashion yang diinginkan oleh penggunanya.

Jenis jaket yang tergolong umum dipakai oleh masyarakat adalah jaket fleece. Jaket ini cukup umum dipakai disegala kondisi, terutama jika cuaca cukup dingin seperti di negara barat atau daerah dengan daratan agak tinggi. Karateristiknya cukup jelas, yaitu jaket ini memiliki sisi yang agak berbulu sehingga memberikan kehangatan ekstra penggunanya.

Ada juga jaket dengan bahan yang sepintas mirip dengan bahan fleece namun ternyata berbeda ketika kita pegang dan perhatikan lebih jelas. Yaitu bahan baby terry yang sepintas hampir mirip dengan fleece. Lalu bagaimana cara membedakannya? Dan lebih baik mana antara bahan babyterry dan fleece? Mari kita analisa jaket satu persatu.

Apa Itu Jaket Bahan Fleece?

Bahan ini adalah bahan tebal yang biasanya terbuat dari katun, polyester atau campuran keduanya yang memiliki napped insulating fabric atau lapisan yang menjaga temperatur. Dibagian dalam jaket ini, terdapat tekstur mirip wool yang berbulu, sedangkan dibagian luarnya halus. Bahan ini biasa cukup tebal namun tidak terlalu berat sehingga nyaman dipakai. Umumnya bahan fleece memiliki ketebalan sekitar 280-330 gsm. Biarpun dia tebal, bahan ini umumnya tidak windproof. Akan tetapi bahan fleece rentan terhadap cara pencucian yang kasar dan mesin pengerin dengan temperatur tinggi. Sehingga diperlukan perawatan ekstra agar memastikan bahan fleece tetap lembut setelah dicuci berulang-ulang.

Baca Juga: Apa Itu Bahan Fleece Cotton?

Apa Saja Jenis-jenis Bahan Fleece?

Perlu diketahui bahwa jaket yang bahan dasar terbuat dari kain fleece mempunyai beberapa jenis dengan karakteristik yang sedikit berbeda. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis bahan fleece:

1. Fleece PE

Fleece PE adalah salah satu jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan jaket, sweater, dan hoodie. Kain ini terdiri dari serat katun dan polyester, akan tetapi jumlah serat polyester dalam komposisinya lebih dominan daripada katun.

Fleece PE memiliki ciri khas yang membuatnya lebih panas sekitar 50-70% daripada dengan kain katun. Walaupun demikian, jenis fleece ini tetap diminati di pasaran, baik untuk bahan dasar pembuatan jaket, sweater, hoodie, maupun sebagai selimut.

2. Fleece Cotton

Fleece cotton adalah salah satu jenis kain fleece yang sangat populer di pasaran. Banyak permintaan untuk menggunakan bahan ini sebagai dasar pembuatan bahan sweater, jaket, dan hoodie. Hal itu tidak heran, sebab fleece cotton memiliki tekstur yang lembut dan halus. Selain itu, kain ini juga terasa sejuk daripada dengan jenis fleece PE. Ketika kain ini disentuh, fleece cotton akan memberikan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi daripada dengan fleece polyester.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Bahan Fleece?

Bahan kain fleece tentunya memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri, diantaranya sebagai berikut:

Kelebihan:

  1. Memiliki tekstur lembut dan menghangatkan.
  2. Mudah untuk kering.
  3. Mempunyai sirkulasi udara yang baik.
  4. Bahannya kuat dan tahan lama.
  5. Elastisitasnya cukup baik.
  6. Mempunyai kemampuan daya serap yang cukup baik.

Kekurangan:

  1. Gampang kotor atau terkena debu
  2. Tidak cocok untuk suhu yang terlalu ekstrim.
  3. Bulu yang ada di bagian dalam mudah rontok.
  4. Diperlukan perawatan yang tepat.

bahan jaket babyterry vs fleece

Apa Itu Jaket bahan Baby Terry?

Namanya diambil dari istilah terrycloth atau bahan yang umumnya dipakai untuk handuk. Sedangkan istilah baby diambil karena bahan ini seringkali dipakai untuk baju anak. Dibagian dalam bahannya sepintas bentuk seratnya menyerupai serat handuk, bentuk ini sering disebut dengan istilah cross loops. Sedangkan dibagian luar memiliki tekstur yang lembut. Namun jika dibandingkan bahan fleece, bahan baby terry memiliki serat yang jauh lebih rapat. Bahan ini memiliki gramasi yang jauh lebih rendah daripada fleece, yaitu sekitar 220-230 gsm saja. Bahan baby terry ini memiliki insulasi terhadap dingin dibawah fleece. Sehingga baju berbahan babyterry berada ditengah-tengah antara kaos biasa dan fleece di segi ketebalan.

Namun bahan ini terbilang sangat ringan dan cocok dipakai sebagai outer untuk cuaca yang sejuk dan tidak terlalu dingin. Lalu bahan ini juga lebih ekonomis dan terjangkau daripada fleece. Baby terry biasanya dipakai untuk memproduksi cardigan, baju lengan panjang, celana jogger dan hoodie.

Baca Juga: Apa itu Bahan Babyterry? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Apa Saja Jenis Kain Baby Terry?

Bahan baby terry juga memiliki beberapa jenis yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah dua jenis kain baby terry dengan karakteristiknya masing-masing. antara lain:

1. Baby Terry Cotton

Bahan baby terry PE adalah salah satu jenis kain yang populer di toko kami. Nama “baby terry PE” mengacu pada campuran bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan kain tersebut, yaitu polyester dan kapas/serat kapas, dengan dominasi bahan polyester dalam komposisinya. Kain ini seringkali dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan jaket sweater, hoodie, bahkan celana jogger.

2. Baby Terry PE

Baby terry cotton adalah kain yang terbuat dari 100% serat kapas, yang menghasilkan kain berkualitas tinggi dan sangat nyaman ketika digunakan. Selain memiliki tekstur yang sangat lembut dan nyaman, kain ini juga memberikan efek sejuk dan adem saat dipakai. Oleh sebab itu, kain ini banyak digunakan mulai dari pakaian bayi, anak-anak, sampai dewasa.

Baca Juga: Mari Ketahui Berbagai Macam Bahan Untuk Produksi Jaket

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Bahan Baby Terry?

Bahan kain baby terry tentunya memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri, diantaranya sebagai berikut:

Kelebihan:

  1. Mudah kering.
  2. Mempunyai tekstur yang lembut dan halus.
  3. Memiliki daya serap yang sangat baik.
  4. Serat kainnya memiliki sirkulasi udara yang baik.

Kekurangan:

  1. Kainnya cenderung lebih tipis daripada bahan fleece.
  2. Mudah longgar.
  3. Memerlukan perawatan yang tepat.

Di Tshirtbar.id kami menjual hoodie dan zipper hoodie yang terbuat dari bahan fleece dengan kualitas premium. Tersedia hoodie dengan bahan cotton fleece yang premium dan memberikan kesan mahal, dan ada juga yang terbuat dari bahan PE fleece yang lebih ekonomis. Di Tshirtbar.id kamu bisa custom hoodie dengan desain yang kamu inginkan tanpa minimum order, tunggu apalagi segera hubungi kami sekarang di sini.

CTA BANNER Custom

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222