Apa Itu Bahan Fleece Cotton?

Buat Anda yang hobi berpakaian kasual, terutama mengenakan kaos saat beraktivitas, baik di dalam atau di luar rumah, Anda pasti sadar kalau kaos memiliki jenis bahan yang berbeda-beda. Tidak bisa hanya menyebut “bahan kaos” saja karena ternyata ada jenis-jenis bahan kaos di luar sana yang dipakai untuk membuat kaos yang super nyaman buat Anda.

 

Salah satu jenis bahan yang comfy dan banyak digunakan untuk membuat kaos adalah fleece cotton. Apa itu bahan fleece cotton sebenarnya? Apa yang membedakan bahan kaos yang satu ini dari jenis yang lain? Berikut ulasan selengkapnya.

 

Apa itu bahan fleece cotton

Mari kita mulai dengan membahas apa itu bahan fleece cotton terlebih dahulu. Bahan fleece cotton ini pada dasarnya adalah campuran antara kain katun dan polyester. Perpaduan kedua bahan inilah yang membuat fleece cotton terasa sangat nyaman saat dikenakan. Tidak heran jika jenis kaos atau pakaian lain yang berbahan fleece cotton sangat populer.

 

Selain dijadikan kaos, bahan fleece cotton ini umumnya juga digunakan untuk membuat jaket hoodie atau sweater. Dengan serat kain yang jauh lebih ringan, kain fleece cotton akan terasa sangat halus di kulit. Kain berbahan fleece cotton ini memiliki proses pembuatan yang cukup unik. Proses pembuatan diawali dengan memelintir rajutan benang sampai terbentuk kain. Dengan kata lain, ukuran benang juga akan mempengaruhi ketebalan bahan fleece cotton.

 

Kelebihan fleece cotton

Setelah mengetahui apa itu bahan fleece cotton dengan deskripsi umum tadi, berikutnya Anda juga perlu mengenal lebih jauh bahan kaos yang satu ini. Dimulai dengan kelebihan bahan fleece cotton ini sendiri. Kelebihan bahan kaos ini sudah sempat disinggung di atas, yakni memiliki bahan yang halus di kulit dan membuat pemakainya merasa lebih nyaman.

 

Selain itu, bahan fleece cotton ini juga memberi rasa hangat, sehingga cocok jadi pilihan Anda yang tinggal di area yang cukup dingin. Fleece cotton memungkinkan sirkulasi udara terjadi dengan lancar, jadi saat dikenakan tidak terasa lembap. Elastisitas yang dimiliki bahan fleece cotton juga cukup tinggi. Karenanya, kain ini sangat nyaman dikenakan bagi orang dengan postur tubuh yang besar.

 

Beberapa kelebihan fleece cotton yang sudah disebutkan ini bahkan tidak hanya dimanfaatkan untuk diolah menjadi pakaian. Ada juga yang memanfaatkan keunggulan fleece cotton ini untuk membuat produk lainnya seperti sprei, sarung bantal, hingga selimut. 

 

Kekurangan fleece cotton

Setelah tahu apa itu bahan fleece cotton serta kelebihannya, Anda juga perlu tahu tentang kekurangan dari bahan yang satu ini. Fleece cotton tidak terlalu bagus dalam hal menyerap air. Kain yang satu ini hanya dapat menyerap hingga 1% air saja dari total beratnya. Selain itu, warna bahan fleece cotton juga cepat memudar apabila sering dicuci.

 

Bahan fleece cotton begitu halus, sehingga dianggap sebagai salah satu bahan tekstil yang mudah sekali kotor. Kekurangan fleece cotton yang juga sangat mengganggu adalah saat menggunakan bahan fleece cotton sebagai medium sablon, cenderung akan lebih mudah mengelupas. Tidak heran kalau bahan fleece cotton lebih sering ditemukan di pakaian-pakaian polos.

 

Cara merawat bahan fleece cotton

Lengkap sudah pengetahuan Anda kini tentang apa itu bahan fleece cotton, sekarang saatnya Anda mengetahui cara merawat bahan fleece cotton yang sesuai. Hal ini penting karena akan membantu Anda untuk bisa memiliki pakaian yang nyaman dengan kualitas yang masih tetap terjaga dalam jangka waktu panjang. 

 

Tips pertama, sebaiknya cuci pakaian berbahan fleece cotton dengan cara manual atau dengan tangan. Cukup dengan mengucek pakaian saja. Kalaupun ingin menggunakan mesin, pastikan Anda memakai air dingin dan menyetel putaran mesin dengan putaran yang paling pelan. Dengan begini, baju tidak cepat rusak dan warna tidak mudah pudar.

 

Tips berikutnya adalah menghindari pemakaian pemutih, pewangi, juga pelembut saat mencuci baju berbahan fleece cotton. Ini dikarenakan ketiga jenis produk ini dapat merusak daya serap baju. Tips selanjutnya, balik baju saat akan dijemur agar warna baju tidak cepat pudar. Terakhir, hindari menyetrika baju berbahan fleece cotton dengan panas tinggi.

 

Setelah membaca ulasan panjang tentang apa itu bahan fleece cotton, Anda kini sudah paham soal kualitas dari kain yang satu ini. Jika Anda ingin mendapatkan baju atau membuat custom baju dengan bahan premium yang satu ini, Tshirtbar menyediakan kualitas fleece cotton dengan bahan katun 100% untuk Anda, begitu nyaman dikenakan dan tidak mudah rusak.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *