Last Update: November 23rd, 2022 at 1:37 pm

Apa itu Bahan Babyterry? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Banyak sekali macam bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian, namun setiap pakaian juga mempunyai kategori masing-masing untuk setiap bahan dasar yang digunakan. Contohnya seperti kaos pada umumnya menggunakan bahan katun dan sejenisnya. Yang akan kita bahas di artikel ini adalah bahan Baby Terry atau biasa dikenal dengan kain Terry. Mengapa sebutan lainnya adalah babyterry? Karena kelembutan bahan ini yang sangat lembut layaknya kulit bayi dan membuat sangat nyaman saat dipakai. Sekarang kita kenali lebih jauh mengenai bahan baby terry yuk!

Apa Itu Bahan Babyterry?

apa itu bahan babyterry

image source: https://ethica-collection.com/jenis-kain-baby-terry/

Bahan Babyterry adalah salah satu jenis bahan dasar yang biasa digunakan untuk pakaian hangat seperti jaket, hoodie, sweater, sweatpants dan pakaian sejenisnya. Bahan babyterry ini terbuat dari bahan serat kapas, yang dimana dapat menimbulkan kesan spesial karena memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus.

Bahan babyterry ini sebelumnya juga digunakan sebagai bahan untuk handuk karena memiliki daya serap yang baik. Karena bahannya yang tebal dan tetap nyaman digunakan, bahan babyterry juga beralih menjadi bahan pakaian lainnya. Untuk mengenali bahan Babyterry, mari ketahui ciri-ciri, kelebihan dan kekurangannya lebih dalam.

Ciri-Ciri Bahan Babyterry

ciri ciri bahan babyterry

image source: https://fitinline.com/article/read/ciri-khas-kain-baby-terry-kelebihan-dan-kekurangan-serta-pemanfaatannya-dalam-industri-sandang/

Mirip halnya dengan jenis kain lain, kain babyterry ini memiliki ciri khas atau karakteristiknya tersendiri dan mungkin tidak akan ditemukan pada jenis kain yang lain. Agar kamu semakin pintar dalam memilih kain baby terry, yuk kenali ciri-cirinya berikut ini.

  • Terdapat perbedaan pada tekstur permukaan luar dan dalam bahan kain ini. Cara membedakannya yaitu dengan melihat bagian luar yang terlihat seperti kain kaos biasa dan bagian dalamnya mempunyai struktur yang menyerupai kumpulan loop sehingga membuat lebih lembut seperti selimut.
  • Dengan struktur permukaan bahan yang berbentuk kumpulan loop ini, membuat bahan kain babyterry cenderung lebih tebal dari pada bahas kaos pada umumnya.
  • Walaupun jenis bahan babyterry ini tergolong cukup tebal, bahan ini tetap terasa nyaman saat digunakan dan juga tidak begitu panas karena mempunyai daya menyerap keringat yang baik.
  • Sifat dari bahan kain babyterry memberikan kehangatan tetapi tidak bikin gerah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Bandel di Baju

Kelebihan Bahan Babyterry

Hadirnya bahan babyterry dalam dunia fesyen memang memberikan terobosan baru bagi para konsumen maupun produsen pakaian. Lebih lagi jenis kain ini menyuguhkan beberapa kelebihan diantaranya sebagai berikut.

  • Bahan kain baby terry yang sangat halus dan lembut sehingga cocok juga digunakan oleh anak kecil ataupun bayi.
  • Memiliki daya serapnya yang sangat baik karena adanya bentuk kumpulan loop yang terdapat pada permukaan dalam bahan Babyterry.
  • Bahan Babyterry memiliki sifat yang menghangatkan jadi sangat cocok jika digunakan untuk suhu rendah (dingin).
  • Selain cocok untuk suhu yang rendah, bahan Babyterry juga cocok digunakan saat cuaca terik atau panas karena seratnya yang berongga sehingga tidak membuat pemakainya menjadi gerah.
  • Kain baby terry juga mempunyai berbagai varian pilihan warna, maka dari itu hal ini menjadi daya tariknya tersendiri bagi orang-orang.
  • Terkait harganya, meskipun komposisi bahan memiliki kualitas yang cukup bagus, tetapi harga jual dari kain baby terry masih relatif murah. Tentu saja hal ini dapat menjadi alternatif untuk bisa menggunakan pakaian dari bahan yang terlihat mewah namun dengan biaya terjangkau.

Baca Juga: Cara Membersihkan Tas yang Berjamur Mudah dan Ampuh!

Kekurangan Bahan Babyterry

Disamping kelebihan yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa kekurangan yang dimiliki bahan kain baby terry. Berikut ini adalah kelemahan dari kain baby terry, diantaranya:

  • Karena bahan Babyterry yang seratnya tidak begitu rapat dan cenderung kurang tebal, bahan ini dikatakan tidak begitu tahan lama atau cepat rusak jika tidak dirawat dengan cara yang tidak tepat.
  • Bahan Babyterry ini cukup mudah melar atau molor karena banyaknya rongga yang terdapat pada permukaan bahan ini.
  • Jika dibandingkan dengan cotton fleece, kain Babyterry cenderung lebih tipis dan kualitasnya berada di bawah bahan cotton fleece.

Perbedaan Bahan Babyterry dan Cotton Fleece

Tahukah kamu bahwa babyterry dan cotton fleece adalah jenis kain serat kapas yang karakteristiknya hampir mirip satu sama lain. Namun bukan berarti keduanya tak memiliki perbedaan. Jika kamu masih bingung perbedaan dari baby terry dan cotton fleece, berikut ini penjelasannya.

  • Permukaan kain cotton fleece lebih halus dan lembut dibandingkan kain baby terry.
  • Komposisi serat kapas dalam kain baby terry lebih rendah dibandingkan kain cotton fleece.
  • Bahan cotton fleece cenderung memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan baby terry.
  • Tingkat ketebalan kain cotton fleece sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan kain baby terry.

Baca Juga: Lebih Baik Mana Bahan Jaket Babyterry vs Fleece?

Tips Merawat Kain Babyterry

Walaupun bahan baby terry sangat nyaman untuk digunakan, namun salah satu kekurangannya yaitu kondisi bahan yang gampang berbulu bahkan rusak. Akan tetapi, hal tersebut tak akan terjadi pada kain babyterry kamu jika mengikuti beberapa tips merawat kain babyterry di bawah ini.

1. Merendam Beberapa Saat Sebelum Dicuci

Agar pakaian kamu yang terbuat dari bahan babyterry terjaga kebersihannya, biasakanlah untuk merendam kain ini beberap saat sebelum dicuci. Tetapi, hindari merendam kain ini terlalu lama sebab dapat membuat warna kain cepat pudar. Rendamlah sekitar 5-10 menit untuk merawat pakaian berbahan baby terry ini.

2. Mencuci dengan Air Dingin

Sangat dianjurkan untuk mencuci bahan babyterry menggunakan air dingin. Hal itu dikarenakan, jika kain ini dicuci dengan air hangat atau panas akan membuatnya mudah menyusut dan serat kainnya rusak.

3. Menggunakan Sedikit Deterjen

Hindari kebiasaan menggunakan banyak deterjen untuk mencuci pakaian atau kain dari bahan baby terry. Pastikan bahwa kamu hanya menggunakan sedikit deterjen pada saat mencuci kain jenis ini. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan karena serat kain babyterry justru dapat menangkap residu dari pemberian deterjen yang terlalu banyak sehingga kain akan lebih sulit saat dibilas.

4. Dilarang Menyikat Kain Baby Terry

Kain baby terry merupakan jenis kain yang gampang berbulu jika kamu menyikatnya. Dibanding menyikatnya, kamu bisa menggantinya dengan mengucek secara perlahan pada saat mencucinya.

5. Jemur di Tempat yang Teduh

Tips merawat kain baby terry berikutnya adalah menjermunya di tempat yang teduh hingga benar-benar kering. Hindari menjemur bahan ini dibawah sinar matahari langsung agar serat kain lebih awet.

6. Menyetrika dengan Suhu yang Tepat

Menyetrika pakaian dari bahan baby terry tidak disarankan menggunakan suhu tinggi. Suhu tinggi akan membuat serat kain babyterry mudah terbakar dan rusak. Suhu ideal yang dapat kamu gunakan untuk menyetrika kain ini adalah tak lebih dari 140 derajat celcius.

Dari penjelasan yang sudah di bahas di atas, untuk saat ini Tshirtbar menjual beberapa pakaian hangat dengan bahan cotton fleece yang mirip dengan babyterry. Bahan yang menggunakan cotton fleece dan dijual di Tshirtbar yaitu seperti Sweater Hoodie, dan Zipper Hoodie.

Jika kamu ingin merasakan langsung fisik asli dari Hoodie yang di produksi oleh Tshirtbar, kamu bisa langsung datang ke toko Tshirtbar di Jalan Abdul Majid Raya No. 6A, Cipete Utara, Jakarta Selatan. Kamu juga bisa custom dengan gambar atau tulisan yang kamu inginkan. Kamu bisa memesan langsung untuk jasa print di Tshirtbar ke sales kami di nomor 0818-0839-2323 atau bisa juga langsung datang ke store Tshirtbar.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *