Mari Ketahui Berbagai Macam Bahan Untuk Produksi Jaket

Siapa disini yang merupakan pecinta atau penggemar jaket? Ya, jaket sendiri merupakan salah item favorit yang pastinya ada di lemari kamu. Fungsinya selain penangkal cuaca untuk tubuh, barang satu ini juga bisa menjadikan tampilan kamu semakin stylish. Kalian pasti setidaknya punya satu jaket andalan, kan?

 

Meskipun jaket bisa dibilang salah satu barang basic, tapi nyatanya di pasaran terdapat modelnya yang beragam. Selain modelnya, bahan dasar kain yang digunakan pun memiliki banyak variasi. Bukan tanpa alasan, bahan yang digunakan untuk memproduksi jaket pun dilihat sesuai kebutuhan dan menyelaraskannya dengan model yang dipilih. Selain itu juga produk yang dihasilkan bisa dilihat dari seberapa tebal kain yang digunakan atau yang paling penting; setiap bahan kain yang digunakan memiliki keunggulannya masing-masing. Contohnya bisa kita lihat seperti model jaket hoodie yang lebih tebal ketika di sentuh dibandingkan dengan jaket dry fit.

 

Supaya kalian lebih tahu lagi tentang bahan produksi jaket, mari simak penjelasan berikut lebih dalam. 

  • Fleece Cotton

Bahan ini merupakan salah satu komposisi utama yang paling banyak digunakan dan diminati oleh para produsen ataupun konsumen. Memiliki karakteristik bahan yang lembut dan elastis serta serat kain yang ringan, fleece cotton juga sangat nyaman digunakan oleh penggunanya. Tak heran bila bahan satu ini sering kali digunakan untuk produk jaket hoodie, sweater, ataupun kaos.

Fleece cotton sendiri dibuat dari perpaduan polyester dan katun. Proses pembuatan kain ini diawali dengan pemelintiran kain benang hingga menyatu jadi kain utuh. Maka dari itu ukuran benang yang diperlukan untuk menghasilkan fleece cotton pun berpengaruh terhadap ketebalan kainnya itu sendiri. 

Dengan karakteristik kain tersebut, jaket yang berbahan utama fleece cotton sangat pas bila akan di-print dengan menggunakan metode Polyflex dan Direct Transfer Fillm (DTF)

 

  • Diadora Polyster

Kain diadora polyester biasanya sering digunakan untuk sportwear, yang berarti sangat cocok untuk digunakan bagi kalian yang hobi berolahraga. Jenis bahan satu ini juga seringkali dikenal dengan nama kain DDR. Terbuat dari 100 % polyester, kain diadora cukup nyaman digunakan serta lembut dan ringan digunakan .

Dilihat dari karakteristik bahan, kain ini memiliki permukaan luar yang mengkilap, serta kerapatan benangnya yang tinggi. Selain itu, kain ini dapat memantulkan cahaya dengan baik serta daya serap keringat yang bisa dibilang cukup kuat dan juga tidak bahannya tidak mudah melar. Plusnya lagi, kain diadora sangat mudah di rawat bahkan setelah di cuci pun tidak perlu menyetrika kembali.

Jaket yang berbahan dasar diadora polyster bisa juga menggunakan desain secara kustom dengan hasil jaket penuh gambar atau yang kerap kali produsen jaket menyebutnya fullprint.

 

  • Kain NS

Secara garis besar, kain mikro NS yang identik akrab dengan bahan parasut merupakan bahan kain yang diolah dari perpaduan polyester sebesar 80% dan juga nylon dengan ratio 20%. Bahannya lebih adem dibandingkan dengan fleece cotton dan diadora polyester, kain NS memiliki keunggulan fitur water resistant yang baik serta sifat bahannya yang jatuh. Selain itu, bahan kain satu ini juga cepat kering. Sama halnya dengan kain diadora polyester, kain NS juga memiliki permukaan depan yang mengkilat.

Untuk memaksimalkan performa serta hasil jaket dari bahan NS yang lebih variatif, sekarang sudah ada perpaduan NS with Despo. Bahan despo dikenal mampu menangkal angin–atau yang biasa dibilang windbreaker–serta anti air. Di luar itu, ada juga jaket yang berbahan dasar NS with CVC dengan keunggulan bahannya yang dikenal adem serta memiliki kemampuan menyerap kain dengan baik. 

 

Kalau kalian ingin menambahkan gambar atau desain secara kustom, jaket yang menggunakan kain NS sangat cocok bila akan dibuat fullprint. NS with Despo menghasilkan hasil yang bagus dengan menggunakan metode printing Direct Transfer Fillm (DTF) & Sublimation. Untuk NS with CVC sendiri, kami sarankan untuk menggunakan metode printing Direct Transfer Fillm (DTF). Pastikan kalian konsultasikan soal printing kepada tenaga yang terpercaya dan ahli. Untuk lihat contoh jaket hoodie dengan bahan Fleece CVC, kalian bisa cek melalui video satu ini:

 

@tshirtbarid

Premium Hoodie dengan bahan yg lembut, tidak panas, dan harus banget kamu punya nih! #fyp #hoodie #outfit #jaket #fleece #favoritegirl #fypシ

♬ Favorite Girl – Jhaylemuel 🇵🇭

 

Bagaimana, sudah jelas kan dengan pemahaman yang dijelaskan di atas? Tshirtbar sebagai produsen jaket dan kaos yang sudah berpengalaman sejak lama tentunya menyediakan beragam jaket dengan bahan dan model berbeda. Selain harganya terjangkau dan barang yang kualitasnya terjamin, di sini kalian juga bisa kustom desain sesuai keinginan. Seperti yang sudah kami bahas, kalian juga bisa konsultasikan mengenai fashion item satu ini baik secara langsung di toko maupun via daring (online). 

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat