Bahan Waterproof

BAHAN KAIN ANTI AIR

Kain waterproof merupakan jenis kain yang memiliki sifat tahan air. Kain waterproof ini memiliki lapisan/dilaminasi dengan bahan kedap air seperti bahan karet , polivinil klorida (PVC), poliuretan (PU), silikon elastomer , fluoropolimer , dan lilin. Lapisan inilah yang membuat kain benar-benar anti air dan permeabilitas udara juga kurang karena pori-pori kain benar benar terisi efeknya kain terasa panas.

Bahan : Parasut WP

Parasut Waterproof

Kain Parasut waterproof adalah kain parasut yang mempunyai coating (lapisan anti air).  Berbeda dengan bahan microfibre biasa yang bersifat water repellent (tahan air), bahan ini bersifat waterproof (anti air). Dengan kata lain, bahan ini memiliki daya tahan terhadap hujan jauh lebih baik dari kain microfibre biasa. Kain ini biasanya digunakan untuk Jaket, payung, cover anti air, dan Jas Hujan.

Namun kekurangannya bahan ini lebih kaku dan cenderung berisik jika mengalami gesekan. Serta bahan ini juga lebih panas saat dipakai, sebab coating pada bahan ini menutup rongga udara kain.

Heavy Taslan

Taslan adalah bahan kain benang polyester besar yang memiliki serat sangat rapat, sehingga mampu menahan air, noda dan tahan terhadap abrasi dan gesekan. Varian heavy taslan berbeda dengan taslan biasanya sebab heavy taslan memiliki lapisan waterproof yang kuat sehingga jauh lebih tahan air dari Taslan biasa.

Bahan ini biasanya dipakai untuk jaket gunung, perlengkapan berkemah, jaket motor dan lain-lain. Namun kekurangan jaket ini ialah bahannya yang lebih kaku dan keras dibanding bahan taslan biasa.