5 Style Casual Pria dan Inspirasi Outfitnya

Style casual pria punya banyak kelebihan, terlebih bagi orang yang ingin serba cepat. Konsep gaya berbusana ini bisa dibilang nyaman. Sebab tidak perlu banyak usaha dalam urusan memilih pakaian.

Tidak hanya itu saja, gaya kasual juga cenderung lebih terjangkau dibandingkan jenis style lainnya. Hal ini bisa menekan alokasi budget supaya bisa dialihkan untuk kebutuhan lain. Supaya tidak bingung dalam menerapkan gaya casual, simak artikel ini sampai akhir.

Apa Itu Style Casual Pria?

Casual outfit bagi pria merujuk pada konsep pakaian yang cocok untuk aktivitas biasa atau situasi yang tidak terlalu resmi, seperti berpergian bersama teman, liburan, atau kegiatan santai lainnya. Jenis pakaian yang dipilih juga cenderung lebih santai, nyaman, dan sifatnya tidak terlalu kaku. Namun, setiap tempat atau acara punya standar kode berpakaian yang berbeda. Maka dari itu, perlu memastikan lebih seksama dan perlu mengikuti aturan yang berlaku.

Pakaian kasual intinya adalah mudah dalam penggunaannya dan bisa menghasilkan ragam gaya yang berbeda. Kuncinya adalah bisa nyaman dan cermat dalam urusan mix and match dari segi warna, model pakaian dan penggunaan aksesoris.

Baca Juga: 7 Outfit Traveling Pria dan Rekomendasinya

Apa Saja Fashion Item untuk Style Casual Pria?

fashion item untuk style casual pria

Memilih pakaian santai tidaklah sulit, terutama bagi para pria yang tidak suka akan sesuatu yang ribet. Berikut adalah beberapa contoh pakaian untuk gaya casual:

1. Kaos Regular Fit

Kaos dengan model regular adalah jenis kaos yang umum digunakan semua kalangan. Bahan pada kaos dibuat dari bahan katun yang adem, tidak mudah berbulu, mudah dicuci, serta harganya terbilang murah. Pada mulanya, kaos digunakan sebagai pakaian dalam pada abad ke-19, hingga saat ini telah berkembang menjadi pakaian kasual paling serbaguna di dunia.

2. Kaos Panjang

Pakaian berupa kaos dengan lengan panjang yang perlu dimiliki para pria. Kaos ini sama seperti regular fit, hanya berbeda di bagian lengannya saja. Biasanya kaos lengan panjang umumnya dipilih untuk digunakan saat berada di daerah yang memiliki suhu dingin atau pada musim yang lebih sejuk agar tubuh tetap hangat. Selain itu, kaos lengan panjang juga dapat menjadi pilihan gaya busana yang populer karena memiliki tampilan sederhana dan mudah dipadukan dengan berbagai jenis busana.

3. Polo Shirt

Jika bosan dengan kemeja biasa, polo shirt bisa jadi salah satu alternatif busana yang sebaiknya dimiliki untuk menunjang penampilan kasual. Bahannya hangat dan lembut, serta memberikan kesan elegan seperti pakaian resmi. Polo shirt yang terbaik tidaklah harus mahal, namun penting untuk dipilih dengan tepat agar cocok dengan bentuk tubuh.

4. Kemeja Pendek

Kemeja pendek adalah jenis atasan yang adem karena terbuat dari bahan katun atau bahan kain lainnya yang ringan dan nyaman digunakan. Kemeja lengan pendek punya kerah, kancing depan, dan saku di bagian depan. Kemeja lengan pendek dapat digunakan dalam berbagai kesempatan, mulai dari gaya busana resmi hingga gaya kasual. Kemeja lengan pendek biasanya dipakai oleh pria secara tunggal atau dengan teknik layering.

5. Topi Premium

Topi premium memiliki bentuk yang serupa dengan topi pada umumnya, namun memiliki perbedaan pada bagian pengencangnya yang dilengkapi dengan fitur snap back closure, sehingga topi dapat disesuaikan dengan ukuran kepala penggunanya. Selain itu, ciri khas lain dari topi premium adalah visor kaku yang berfungsi melindungi pengguna dari paparan sinar matahari.

6. Hoodie

Jaket hoodie adalah opsi pakaian yang juga cocok untuk style casual bagi para pria. Pilih jaket hoodie dengan warna netral seperti hitam, putih, atau abu-abu dapat dipadukan dengan mudah dengan outfit lainnya. 

Pilih jaket hoodie yang terbuat dari bahan berkualitas seperti cotton fleece, yang dikenal karena mampu memberikan kenyamanan dan kehangatan saat digunakan.

7. Tote Bag

Aksesoris tas dengan model tote bag bisa jadi pilihan gaya busana kasual yang stylish dan fungsional. Tas ini bisa dijadikan pengganti backpack atau sling bag, di satu sisi juga menyajikan tampilan yang santai dan modis.

Tote bag mudah dipadukan dengan berbagai pakaian kasual seperti jeans, celana pendek, hoodie, dan sebagainya. Selain itu, tote bag tersedia dalam berbagai pilihan warna dan desain, serta dapat disesuaikan dengan preferensi desain pribadi. 

Baca Juga: 7 Inspirasi Outfit Earth Tone Style Pria

Inspirasi Style Casual Pria dari Tshirtbar

inspirasi style casual pria

Dibawah ini adalah sekian contoh untuk inspirasi gaya busana kasual yang pas, serta mudah ditiru oleh para pria:

1. Kemeja Motif dan Celana Jeans

Hal yang perlu diingat adalah untuk memilih kemeja yang punya desain tidak mencolok. Perhatikan juga ukuran celana agar tidak terlihat ketat. Kemudian pasangkan keduanya dengan sepatu yang cocok untuk kebutuhan kasual, contohnya adalah sneakers klasik dan sandal kekinian jika tidak ingin memakai sepatu.

2. Jaket Hoodie dan Chino

Jaket hoodie yang tebal bisa dipadukan dengan celana chino untuk tampilan kasual yang lebih hangat.

3. Kaos Regular Fit dan Celana Pendek

Kedua paduan Ini adalah contoh gaya yang sederhana namun bisa tetap stylish. Pilih kaos berwarna netral atau motif sederhana seperti pocket print, dan padukan dengan celana pendek dari bahan jeans dan sepatu sneakers.

4. Kaos Panjang dan Celana Chino

Padukan kaos panjang dengan celana chino berwarna beige atau khaki, serta sepatu loafer agar menonjolkan sifat maskulin.

5. Polo Shirt dan Celana Bahan

Gaya pakaian yang sedikit resume tapi santai dengan menyatukan polo shirt dengan celana pendek dan sendal gunung.

Baca Juga: Cara Kombinasi Warna Baju dan Celana Pria Untuk Berbagai Acara

Memilih style casual pria sekarang sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi jika bisa cermat dalam menyeleksi produk pakaian dan merchandise. Tshirtbar menyediakan berbagai kebutuhan untuk gaya kasual sehari-hari.

CTA BANNER FASHIONWEAR

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 225