Cara Kombinasi Warna Baju dan Celana Pria Untuk Berbagai Acara

Sulit untuk mencari kombinasi warna baju dan celana pria yang variatif. Tidak seperti wanita yang bebas bermain pola dan warna. Sementara fashion pria terbatas dengan pola sederhana dan cenderung bermain di warna aman saja, seperti hitam dan putih.

Sedangkan ada juga kombinasi warna lain yang bisa digunakan siapa saja, termasuk pria. Bermain di warna monokrom memang aman. Namun, sesekali kamu perlu mengekspresikan dengan menggunakan warna-warna lainnya.

Takut terlihat menonjol? Jangan khawatir, karena jika kamu memadukan warnanya dengan tepat, pastinya akan memberikan kesan positif. Ingin tips dan trik kombinasi warna baju dan celana pria untuk berbagai acara? Simak ulasan berikut ini.

Bagaimana Cara Kombinasi Warna Baju dan Celana Pria untuk Berbagai Acara?

Memang tidak boleh sembarangan memadukan warna baju dan celana. Jika salah kombinasi warna, maka penampilan akan kurang enak terlihat. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa bermain dengan warna-warna terang. Kamu hanya perlu memadukannya dengan pasangan warna yang tepat, caranya seperti berikut ini.

Baca Juga: 5 Desain Kaos Lari Pria yang Keren Abis

1. Kenali Warna Tone Kulit

Setiap orang memiliki warna tone kulit yang berbeda. Ini juga mempengaruhi pilihan warna pakaian untuk seseorang. Jika salah memilih warna, bisa saja tampilan kamu terlihat kusam dan kuno. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan dengan undertone kulit masing-masing.

Cara mudah mengetahui undertone dapat dilihat melalui pembuluh nadi di pergelangan tangan. Nadi berwarna biru menandakan undertone kulit yang cool. Jika hijau maka kulit kamu termasuk kategori warm. Sementara jika kombinasi biru hijau artinya neutral.

Jika sudah tahu tipe kulit, tinggal padukan warna. Misalnya tipe warm disarankan bermain pada warna merah, coral, dan kuning. Jika tipe cool sebaiknya gunakan zamrud, biru, atau ungu. Terakhir, tipe netral sebaiknya gunakan warna pastel atau peach.

2. Sesuaikan dengan Tema Acara

Selanjutnya adalah menyesuaikan dengan tema acara. Jika kamu telah diberikan dresscode tertentu. Maka tinggal pilih gradasi sesuai tips sebelumnya. Namun, jika tidak ada ketentuan dresscode acara maka kamu harus cermat memilih baju dan celana yang akan dikenakan.

Umumnya pria akan memilih warna aman atau bermain di monokrom. Sebaiknya kamu mulai mengeksplor diri dengan gaya fashion lebih segar. Cara agar fashion tidak salah kostum ketika menghadiri acara adalah dengan mengetahui tema acara.

Misalnya, jika acara non-formal dengan latar tempat pantai. Kamu bisa padukan celana pendek biru gelap dengan pink lembut. Ini akan memberikan kesan segar dan semangat.

Sebaliknya, jika menghadiri acara formal. Sebaiknya kenakan celana gradasi gelap atau tone bumi. Lalu, padukan dengan kemeja atau kaos berwarna senada.

3. Pilih Motif Sesuai Proporsi Tubuh

Motif juga mempengaruhi kesan fashion seseorang dimata orang melihatnya. Apalagi setiap orang memiliki proporsi tubuh berbeda. Motif yang ramai akan membuat proporsi tubuh terlihat lebih besar. Oleh karena itu lebih disarankan untuk orang dengan tubuh kecil.

Jika tidak ingin terlihat besar, maka kamu bisa memilih baju dan celana dengan motif yang sedikit. Lalu, kamu bisa bermain pada pilihan warna saja jika tidak ingin motif yang banyak.

Baca Juga: 5 Jenis Jaket Pria yang Perlu Kamu Ketahui

Rekomendasi Kombinasi Warna Baju dan Celana Pria untuk Berbagai Acara

Dalam fashion ada rekomendasi pilihan gradasi fashion agar tampak fashionable. Terdapat 5 jenis kombinasi warna yang populer digunakan. Berikut ini diantaranya.

1. Kombinasi Monokrom

Kamu tentu sudah sangat akrab dengan kombinasi fashion pria monokrom. Namun, monokrom ini bukan hanya hitam atau putih saja. Kombinasi monokrom artinya bermain pada satu jenis warna saja.

Misalnya menggunakan biru terang untuk baju. Kemudian dipadukan dengan celana biru gelap. Ini juga dinamakan dengan monokrom. Menariknya, gradasi monokrom adalah tips fashion paling aman untuk pria.

2. Kombinasi Analogous

Ingin tampil lebih ceria dan segar, maka kamu bisa gunakan kombinasi analogous. Untuk mengetahui perpaduan warnanya dapat dilihat dari diagram tingkatan warna. Paduan analogous umumnya terletak pada tingkat yang berdampingan.

Misalnya warna kuning dan hijau, biru dan violet, jingga dan merah, atau lainnya. Perpaduan ini juga sudah banyak diterapkan untuk pakaian pria. Terutama untuk menghadiri acara dengan tema ceria.

Kamu bisa menggunakan celana berwarna biru dengan baju kuning. Sekilas memang terlihat bentrok. Namun, bagi orang yang melihat tampilan kamu akan nampak segar dan penuh semangat.

3. Kombinasi Triadik

Kombinasi triadik sama hampir mirip dengan analogous. Bedanya disini kamu dapat bermain dengan tiga pilihan warna. Tenang saja, kamu tidak akan nampak tampil berlebihan. Orang yang menggunakan perpaduan ini umumnya akan memberi kesan berwarna.

Jika kamu adalah tipikal pria yang ceria dan ingin menebarkan kesan positif. Maka tidak ada salahnya menggunakan pilihan gradasi fashion satu ini. Namun kamu harus memperhatikan pilihan warnanya.

Kombinasi triadik ini dipilih dari diagram warna dengan membaginya menjadi sudut 120 derajat. Sehingga nanti akan ada tiga warna dimasing-masing sisi. Contoh triadik adalah menggunakan pakaian warna ungu, biru, dan hijau lumut.

4. Kombinasi Komplementer

Rekomendasi baju dan celana pria  untuk berbagai acara selanjutnya adalah dengan kombinasi komplementer. Yaitu menggunakan dua warna yang saling bertabrakan. Dari diagram lingkaran warna kamu bisa mencarinya dengan mudah.

Pertama pilih warna dominan yang ingin dikenakan. Untuk mengetahui lawannya, lihat warna yang berseberangan pada diagram tersebut. Itu adalah komplemen gradasi yang dapat dipilih.

Misalnya untuk pakaian pria dengan tema formal, kamu bisa gunakan celana dasar biru. Kemudian, padukan dengan kemeja oren lembut. Tampilan akan tetap terlihat formal dengan kesan menyegarkan.

Baca Juga: 5 Model Topi Keren untuk Pria

Cermat dalam memilih kombinasi warna baju dan celana pria memang penting. Di samping itu kamu juga harus bisa memilih bahan pakaian yang nyaman. Dengan begitu, kamu tidak hanya nyaman namun rasa percaya diri juga akan meningkat ketika mengenakan fashion yang disukai. Coba lah buat baju dan celana custom supaya bisa terlihat pas untuk kamu.

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *