Last Update: May 8th, 2024 at 3:37 pm

Simak Tips Cara Memilih Jaket dengan Tepat

Cara memilih jaket bisa menjadi tantangan tersendiri, mengingat beragam pilihan model, warna, dan bahan yang tersedia di pasaran. Jaket telah menjadi salah satu item fashion yang wajib dimiliki oleh pria maupun wanita dari berbagai usia, mulai dari bayi hingga dewasa. 

Fungsi utama jaket adalah untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin, tetapi kini jaket juga berperan penting dalam menunjang penampilan yang stylish dan modern.

Dengan ragam variasi yang ada, jaket dapat dipadukan dengan berbagai gaya busana dan digunakan dalam berbagai kesempatan, mulai dari aktivitas sehari-hari hingga acara khusus. 

Memilih jaket yang tepat memerlukan perhatian terhadap beberapa aspek penting, seperti ukuran, bahan, warna, dan model. Dengan memahami tips dan panduan memilih jaket, kamu bisa menemukan jaket yang sesuai dengan selera, kebutuhan, dan gaya pribadi.

Baca juga: Lebih Baik Mana Bahan Jaket Babyterry vs Fleece?

Bagaimana Cara Memilih Jaket dengan Tepat?

tips cara memilih jaket

Namun, terkadang kita bingung dalam memilih jaket yang pas dan berkualitas. Untuk menghindari kesalahan pilih, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips cara memilih jaket dengan tepat!

  • Sesuaikan Ukuran Jaket dengan Badan

Penting untuk memastikan jaket memiliki ukuran yang sesuai dengan tubuhmu. Jaket yang terlalu besar atau terlalu kecil akan membuatmu merasa tidak nyaman saat memakainya. Jaket yang pas akan meningkatkan percaya diri dan memberikan penampilan yang menarik. Pastikan jaketmu tidak mengganggu mobilitas dan aktivitas sehari-hari.

  • Pilih Warna Jaket yang Sesuai dengan Mood

Pemilihan warna jaket bisa disesuaikan dengan suasana hati dan gaya pribadimu. Jika ingin tampil ceria, kamu bisa memilih warna terang seperti kuning atau merah. Jika ingin terlihat lebih maskulin atau elegan, warna gelap seperti hitam atau biru tua bisa menjadi pilihan. Warna earth tone juga sedang populer dan memberikan kesan alami serta tenang. Pastikan warna jaketmu tidak bertabrakan dengan pakaian lain yang kamu kenakan.

  • Perhatikan Bahan dan Model Jaket

Jaket dengan model berbeda juga menggunakan bahan yang berbeda pula. Penting untuk memeriksa kualitas bahan jaket yang bagus agar tahan lama dan nyaman dipakai. Jaket hoodie dengan bahan fleece cotton, misalnya, sangat direkomendasikan karena ringan, elastis, dan tidak mudah gerah. Selain itu, bahan ini mudah dicuci dan lembut saat dipakai.

Model jaket dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan acara yang akan dihadiri. Misalnya, jaket hoodie dengan model zipper praktis untuk dipadukan dengan pakaian lainnya, sementara jaket jumper cocok untuk tampilan kasual. Jaket windbreaker yang tipis dan tahan angin ideal untuk aktivitas luar ruangan. Model parka yang reversible juga bisa menjadi pilihan praktis.

  • Ikuti Cara Perawatan

Setelah memiliki jaket yang sesuai, perawatan yang baik juga penting untuk menjaga kualitas dan keawetan jaketmu. Berikut adalah beberapa cara merawat jaket dengan baik:

  1. Cuci sesuai petunjuk: Macam-macam bahan jaket memiliki instruksi perawatan yang berbeda. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pencucian pada label jaket.
  2. Hindari penggunaan air panas: Mencuci jaket dengan air panas dapat merusak serat bahan dan menyebabkan warna jaket cepat pudar.
  3. Jemur di tempat yang teduh: Hindari menjemur jaket di bawah sinar matahari langsung untuk menjaga warna dan kualitas bahan tetap baik.
  4. Simpan di tempat kering: Pastikan jaket disimpan di tempat kering dan bersih agar tidak lembab dan berjamur.
  5. Hindari setrika langsung: Jika jaket perlu disetrika, gunakan suhu rendah atau letakkan kain diatas jaket untuk melindungi permukaan kain.
  6. Perhatikan penanganan khusus: Jaket dengan aksen khusus seperti bulu atau hiasan perlu dirawat dengan hati-hati sesuai instruksi.
  • Perhatikan Detail Tambahan:

  • Jaket Berlapis: Jaket yang memiliki lapisan dalam atau tambahan seperti pelindung dari angin atau hujan bisa memberikan perlindungan ekstra saat cuaca tidak bersahabat.
  • Zipper dan Kancing yang Kuat: Pastikan jaket memiliki resleting atau kancing yang kuat dan tahan lama. Zipper yang mudah rusak bisa mengurangi kenyamanan dan fungsi jaket.
  • Kantong yang Fungsional: Jaket dengan kantong yang cukup dan fungsional akan memberikan kemudahan untuk membawa barang-barang pribadi seperti kunci, dompet, atau telepon.
  • Harga yang Sesuai dengan Kualitas: Pilih jaket yang memiliki kualitas baik sesuai dengan harganya. Jangan tergiur harga murah tanpa memperhatikan kualitas jaket.

Baca juga: Apa itu Hoodie? Dan Perbedaan Jaket, Sweater, dan Hoodie

Bagaimana Cara Memilih Jaket Sesuai Warna

cara memilih jaket sesuai warna

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih jaket sesuai warna:

  • Pilih Warna yang Sesuai dengan Gaya Pribadi

Pertimbangkan gaya pribadi Anda ketika memilih warna jaket. Jika Anda suka tampil ceria dan menonjol, pilih jaket dengan warna-warna cerah seperti merah, kuning, atau oranye. Sebaliknya, jika Anda suka tampilan yang lebih tenang dan netral, pilih warna seperti hitam, abu-abu, atau navy.

  • Sesuaikan dengan Wardrobe Anda

Pilih warna jaket yang dapat dengan mudah dipadukan dengan pakaian lainnya dalam lemari Anda. Warna-warna netral seperti hitam, abu-abu, dan coklat biasanya lebih mudah dipadukan dengan berbagai pakaian.

  • Pertimbangkan Warna Kulit

Warna kulit juga bisa menjadi faktor penentu dalam memilih warna jaket. Orang dengan kulit cerah mungkin cocok dengan warna-warna pastel, sedangkan orang dengan kulit lebih gelap mungkin cocok dengan warna-warna kuat dan berani.

  • Ikuti Tren, tetapi Jangan Takut Bereksperimen

Terkadang, mengikuti tren warna terbaru bisa memberikan sentuhan segar pada gaya Anda. Namun, jangan takut untuk bereksperimen dengan warna-warna yang tidak biasa jika itu sesuai dengan kepribadian Anda.

  • Pertimbangkan Musim

Warna jaket yang dipilih juga dapat disesuaikan dengan musim. Warna-warna cerah cocok untuk musim panas atau semi, sementara warna-warna gelap lebih cocok untuk musim dingin atau gugur.

Kunjungi Tshirtbar untuk Jaket Berkualitas

Jika kamu sedang mencari jaket berkualitas tinggi dengan berbagai pilihan model dan bahan, kunjungi Tshirtbar. Tshirtbar menyediakan beragam jaket seperti hoodie series dan parka series dengan keunggulan masing-masing. Kamu juga dapat custom jaket di Tshirtbar baik dalam jumlah satuan maupun partai besar. Cek sekarang untuk informasi lebih lanjut!

 

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222