8 Bahan Jaket yang Bagus dan Nyaman Dipakai

Jaket adalah pakaian outerwear atau baju bagian luar yang penting dimiliki untuk melindungi kita dari faktor suhu dan cuaca yang tidak menentu. Dengan jaket kita lebih terlindung dari udara dingin, angin, hujan, polusi dan bahkan sinar matahari langsung. Jaket sebenarnya memiliki banyak ragam jenis yang masing-masing terdapat keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri. Untuk memilih jaket mana yang paling tepat untuk kita pakai, kita harus mengetahui dulu tujuan kita memakai jaket.

Jaket memeliki banyak kegunaan, seperti untuk mengendarai motor, camping dan naik gunung, untuk menghangatkan tubuh karena berada di lokasi berudara dingin Ataupun untuk berolahraga. Tujuan penggunaan jaket harus kita tentukan terlebih dahulu. Dari sisi budget biaya pun juga akan mempengaruhi pilihan jaket kita. Sebab jenis bahan jaket yang bagus, harganya jauh lebih mahal.

Berikut ini adalah 8 rekomendasi bahan jaket yang bagus, adem, dan nyaman dipakai menurut Tshirtbar.id, diantaranya sebagai berikut.

1. Bahan Fleece (Cotton atau Polyester)

Bahan Fleece (cotton atau polyester)Bahan ini sangat umum dipakai untuk jaket kampus, sekolah dan streetwear. Sebab jaket ini biasa dipakai oleh anak muda dan bisa tampil trendy dengan bahan jaket terbaik ini. Bahannya memberikan rasa hangat karena dibagian dalamnya memiliki sisi yang berbulu dan biasanya cenderung tebal. Namun jaket ini biasanya berbahan tebal dan terbuat dari katun, sehingga harganya relatif mahal, sehingga ada juga alternatifnya yang terbuat dari polyester atau sering disebut dengan PE Fleece yang jauh lebih murah. 

Biarpun keduanya sepintas serupa, nama sangat terasa berbeda ketika dipakai. Cotton fleece lebih nyaman dipakai dan lebih tebal sehingga lebih cocok dipakai untuk udara dingin. Bahan ini tidak anti air, sehingga punya tendensi untuk meresap air hujan akan membutuhkan waktu lama untuk kering.

2. Bahan Baby Terry

Baby Terry

Sepintas bahan ini serupa dengan bahan fleece, namun baby terry lebih tipis dan memiliki dalam yang tidak terlalu berbulu seperti fleece. Sehingga jaket yang bagus dan adem ini lebih sering dipakai untuk outerwear yang ringan, bukan untuk melindungi dari udara dingin. Contohnya bahan ini dipakai untuk keperluan cardigan atau baju lengan panjang. Bahan ini juga sering dipakai untuk busana perempuan. Bahan ini tidak anti air, sehingga punya tendensi untuk meresap air hujan akan membutuhkan waktu lama untuk kering.

Baca Juga: Apa itu Bahan Babyterry? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

3. Bahan Microfibre dan Parasut Waterproof

Bahan Microfibre dan parasut waterproof

Istilah Microfibre didapat dari serat benang yang sangat tipis bahkan lebih tipis dari helai rambut, sehingga menciptakan serat kain yang tidak mudah ditembus air. Jika kita meneteskan air pada kain ini, maka tendensi akan menahan dan membawa air jatuh seperti daun talas. Bahan ini banyak sekali ragam jenisnya, mulai dari yang tipis sampai yang tebal.

Contohnya seperti despo, NS, taslan, ribstop, columbia dan banyak jenis lainnya. Beberapa jenis bahan memiliki tekstur motif berbeda-beda, contohnya seperti ribstop yang memiliki motif kotak-kotak. Ada juga bahan yang lebih tebal seperti Taslan. Dari sisi ketahanan air pun juga berbeda-beda, mulai dari bahan yang cenderung lemah menahan air sampai yang sangat sulit ditembus air seperti bahan parasut waterproof, heavy taslan dan lain-lain.

Apabila bahan tersebut memiliki fitur waterproof maka biasanya bahan akan lebih kaku dan panas saat dipakai karena memiliki lapisan coating agar menambah kemampuannya menahan air. Namun pada saat yang bersamaan juga mengganggu sirkulasi udara. Bahan ini cocok untuk keperluan jaket olah raga, jaket tahan air, jaket gunung, jaket motor dan lain-lain tergantung dari tujuannya dipakai.

4. Bahan Drill

Salah satu bahan jaket yang nyaman dikenakan dalam cuaca panas adalah kain drill. Bahan ini juga sering dipakai untuk membuat jaket motor karena keunggulannya. Kain drill mempunyai karakteristik berupa tekstur pintalan benang diagonal yang kuat. Jika dilihat sekilas, kain ini memang mirip dengan kain denim sebab memiliki struktur yang kuat dan padat.

Jaket yang terbuat dari bahan kain drill memang lebih pas digunakan dalam cuaca panas. Akan tetapi, bahan ini kurang cocok untuk dikenakan saat cuaca dingin sebab ketebalannya yang tidak terlalu tebal.

Baca Juga: Bahan Drill: Pengertian, Karakteristik, dan Cara Merawatnya

5. Bahan Kulit

Kulit adalah salah satu jenis kain yang umumnya digunakan dalam pembuatan model jaket motor. Jaket kulit terdiri dari dua kategori bahan, yaitu kulit sintetis serta kulit asli yang dihasilkan dari kulit sapi, domba, atau kerbau. Tentunya kain yang terbuat dari kulit asli memiliki harga yang relatif lebih mahal, tetapi kualitasnya sangat baik. Berikut ini adalah karakteristik jaket kulit asli, antara lain:

  • Jaket kulit asli mempunyai tekstur yang beragam dan berbeda-beda.
  • Cenderung lebih lentur serta tingkat elastisitas yang berbeda-beda.
  • Tekstur kulitnya lebih lembut.
  • Ketika dipakai akan terasa bagus dan tidak panas, terutama saat di siang hari dan hangat pada saat dipakai dalam cuaca dingin.
  • Mempunyai bau yang khas dan sangat berbeda dengan bau kulit sintesis.
  • Tahan terhadap api.
  • Kuat dan tahan lama sampai bertahun-tahun.

6. Bahan Denim

Kain denim juga merupakan salah satu jenis bahan jaket yang nyaman dipakai dalam cuaca panas. Selain digunakan untuk membuat celana jeans, kain denim juga kerapkali digunakan dalam pembuatan jaket. Karakteristik dari bahan ini ialah teksturnya yang mirip dengan karpet, namun cenderung lebih tipis dan halus. Selain nyaman saat dikenakan dalam cuaca panas, jaket denim juga mempunyai daya tahan yang sangat baik sehingga awet.

7. Bahan Baby Corduroy

Bahan baby corduroy adalah bahan yang mempunyai ciri khas unik, yakni memiliki permukaan berlapis-lapis dengan pola tekstur garis-garis. Pola garis-garis dari bahan baby corduroy ini membuat jaket tidak gampang kusut.

Selain itu, bahan baby corduroy juga cukup nyaman dipakai dalam cuaca panas, terutama saat siang hari. Selain cocok digunakan untuk membuat jaket, banyak orang yang memilih bahan ini untuk membuat sweater, rok, celana, overall, serta beragam jenis pakaian lainnya.

Baca Juga: Lebih Baik Mana Bahan Jaket Babyterry vs Fleece?

8. Bahan Baby Canvas

Bahan baby canvas adalah salah satu jenis kain kanvas yang mempunyai tekstur serat kain yang kuat dan cukup tebal. Jaket yang terbuat dari bahan ini juga tidak akan menimbulkan rasa gerah ketika digunakan di cuaca panas. Berikut ini merupakan beberapa karakteristik dari bahan baby canvas:

  • Lebih tipis daripada dengan kain kanvas jenis lainnya.
  • Tidak gampang mengkerut.
  • Tekstur pada permukaan kainnya lebih halus.

Tshirtbar.id tersedia beragam jenis jaket yang bisa kamu pilih, mulai dari jaket olah raga, jaket cagoule, jaket hoodie fleece, jaket hoodie dengan zipper. Semua jaket bisa kamu pesan dengan custom printing desain kamu sendiri dan tanpa minimum order. Tunggu apalagi segera hubungi tim sales kami di sini!

CTA BANNER Custom

began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224