Bahan Drill: Pengertian, Karakteristik, dan Cara Merawatnya

Bahan drill adalah jenis kain serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai macam produk. Mulai dari fashion item hingga merchandise lainnya. Durability dan value kain tersebut menjadi pilihan yang ideal untuk segala kebutuhan. 

Jarang sekali orang tahu akan keistimewaan kain drill. Untuk lebih jelasnya, simak artikel kali ini sampai habis. Kami akan bahas lebih dalam.

Apa Itu Bahan Drill?

Kain drill atau cotton drill merupakan jenis kain tenun yang tahan lama. Biasanya, bahan ini kerap digunakan dalam berbagai produk. Contohnya seperti seragam kerja, seragam militer, dan peralatan outdoor. Cotton drill secara umum terbuat dari 100% kapas. Namun juga bisa dicampur dengan serat lain seperti polyester atau nilon. Ini akan menambah kekuatan dan daya tahan yang lebih tinggi.

Hal yang utama dari drill mengacu pada pola diagonal tenun. Dimana pola tersebut menghasilkan kain yang tahan lama dan padat. Proses pembuatannya dilakukan dengan menenun serat kapas pada sudut 45 derajat, tujuannya supaya kain lebih tahan terhadap robek dan sobek. Keistimewaan dari kain ini juga dikenal karena punya daya tahan terhadap abrasi dan kemampuannya untuk mempertahankan bentuk dari masa ke masa.

Tingkat gramasi kain drill juga termasuk ke dalam kategori  kain berat sedang. Ditambah lagi tenunan yang rapat yang memberikan tampilan yang halus dan seragam. Adapun berbagai desain dalam pilihan warna, dan dapat ditemukan dalam berbagai finish look, dari matte hingga glossy. Untuk meningkatkan kinerja bahan, terdapat lapisan anti air pada produk yang memakai bahan utama kain drill.

Fakta Menarik Sejarah Kain Drill

Selain dikenal menjadi bahan kain yang memiliki kualitas baik dengan harga kain cukup terjangkau, bahan drill juga menyimpan beberapa fakta menarik mengenai sejarah terciptanya kain ini, diantaranya seperti:

1. Awal Kemunculan Bahan Drill dan Asal Usul Namanya

Menurut beberapa sumber, bahan drill muncul karena dampak dari terjadinya perang dunia ke II, yang dimana kain ini digunaka untuk baha pembuatan seragam para tentara. Kata “Drill” sendiri berasal dari bahasa Jerman “Drillich” yang memiliki arti tiga benang.

2. Dijadikan Sebagai Seragam Tentara

Pada saat itu, kain drill digunakan sebagai bahan kain untuk pembuatan seragam tentara Inggris dan India yang juga disebut Khaki Drill. Kata “Khaki” sendiri dalam bahasa India berarti “warna dari debu”. Kemudian sekitar tahun 1840-an, tentara India menggunakan seragam dengan bahan Khaki Drill dengan tujuan untuk menghalau musuh dan juga wilayah disana penuh dengan debu.

Sejak saat itulah, kain drill mulai berkembang menjadi beberapa varian dan seringkali dijadikan sebagai bahan pembuatan seragam tentara. Kini, kain drill juga digemari oleh masyarakat sipil untuk dibuat pakaian sehari-hari.

Apa Saja Jenis-jenis Bahan Drill?

jenis jenis bahan drill

Katun drill adalah jenis kain tenun yang umumnya terbuat dari serat kapas, dengan pola diagonal tenun yang membuatnya tahan lama dan padat. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan katun drill yang sering digunakan:

1. 100% Drill

Jenis ini adalah bahan katun drill murni yang terbuat dari 100% kapas. Kain ini umumnya lembut, nyaman, dan dapat menyerap keringat dengan baik.

2. Japan Drill

Bahan ini merupakan salah satu jenis kain yang merupakan campuran antara polyester dan katun, namun masih memiliki lebih banyak porsi polyester. Tekstur kainnya lebih kaku daripada Verlando namun masih tetap halus dan lembut untuk dipakai. Perbedaan mencolok dari kain Japan Drill memiliki nominal harga yang lebih mahal dari jenis drill lainnya.

3. Castillo Drill

Berikutnya ada castilo drill yang harganya paling terjangkau dibanding dengan bahan drill lainnya. Tentu jadi solusi tepat untuk kamu yang butuh bahan ekonomis.

Tapi jangan salah, sebenarnya perbedaan kain drill satu ini tidak terlalu mencolok. Kelebihan utama dari castilo drill adalah bahan yang tak mudah kusut dan lembut. Sama seperti jenis kain drill lainnya, castilo drill juga punya pintalan kuat serta rapat sehingga bisa awet dan nyaman dipakai dalam jangka panjang.

4. Twill Drill

Twill drill adalah jenis kain yang telah dirancang oleh teknologi khusus untuk menambah fitur tahan air atau waterproof. Umumnya bahan ini dikenakan sebagai pakaian kemeja atau aksesori cocok bila berada di kondisi cuaca yang panas. 

Kelebihan utama dari twill drill tentu sifat permukaan kain yang tahan air. Jadi tak heran jika twill drill sangat pas untuk digunakan dalam berbagai kondisi, terutama saat melakukan aktivitas luar ruangan atau ketika cuaca hujan.

5. Verlando

Bahan ini adalah sejenis kain tropis yang berasal dari Maryland, USA. Kain Verlando punya kekuatan tekstur yang baik dan warna tidak gampang mudar. 

Hal tersebut jadi alasan kenapa bahan Verlando sangat ideal untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan kemeja sampai mini pouch. Tidak perlu diragukan lagi bila bahannya juga nyaman dipakai.

Baca Juga: 6 Jenis Bahan yang Bagus Untuk Hoodie

Bagaimana Karakteristik Bahan Drill?

Bahan drill punya tekstur yang padat dan kuat. Berikut adalah ragam karakteristik kain drill yang perlu diketahui:

1. Daya tahan

Bahan drill terkenal karena memiliki karakteristik bahan yang sangat tahan lama dan kuat. Karena kain tersebut punya permukaan tebal dan sedikit kaku.

2. Warna

Diproses melalui tahapan yang panjang, kain drill sudah dijamin warnanya tidak cepat pudar selama beberapa tahun ke depan.

3. Berat kain

Kain drill memiliki massa yang terasa lebih berat dibandingkan jenis kain lainnya. Serat katun yang digunakan memang tebal sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya.

4. Kaku

Sifat dari kain drill adalah tidak mudah melar meski sudah dicuci beberapa kali. Jadi, cocok jika kamu akan membuat produk yang perlu mempertahankan bentuknya dengan lama.

5. Tidak Mudah Kusut

Karena bahan ini kaku, maka tidak akan mudah kusut meski sudah dilipat dalam jangka panjang. Cocok untuk produk seperti tas.

6. Breathable

Walaupun tebal, kain ini bisa memberikan sirkulasi udara yang baik. Maka dari itu, bahan drill bisa dipakai di negara yang punya iklim tropis seperti Indonesia.

Baca Juga: Bahan Sarung Bantal Sofa yang Bagus

Apakah Bahan Drill Adem Di Kulit?

Bahan drill memiliki sifat yang adem dan sejuk ketika digunakan. Hal itu dikarenakan kain ini terbuat dari bahan katun yang memiliki ciri khas yang adem juga. Oleh karena itu, bahan kain ini dapat dimanfaatkan menjadi beragam jenis pakaian yang diminati banyak orang. Meskipun terdapat kain drill yang bahan dasarnya bukan dari katun, namun tetap memiliki sifat adem dan nyaman.

Apa Saja Kelebihan Kain Drill?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa bahan drill terutama american drill adalah kain yang memiliki daya tahan lama (awet) dan tidak mudah kusut. Namun berikut ini terdapat beberapa kelebihan lain dari kain drill yang membuat bahan ini banyak digunakan, diantaranya seperti:

1. Memiliki Tingkat Ketebalan dengan Variasi yang Beragam

Secara umum kain jenis ini memiliki tingkat tingkat ketebalan yang beragam berdasarkan ukuran seratnya. Dengan bervariasinya tingkat ketabalan ini, para produsen dan konsumen akan lebih mudah untuk membuat jenis pakaian yang sesuai dengan kebutuhannya.

2. Cocok Digunakan Untuk Pakaian Resmi Maupun Casual

Dalam penggunaannya, bahan drill dapat digunakan secara resmi maupun casual. Sebagai contoh untuk jenis drill yang memiliki serat berat, sangat pas untuk dipakai sebagai seragam lapangan. Lalu serat ringat bisa digunakan untuk bahan pakaian kemeja ataupun blouse (blus).

3. Mudah Menyerap Air dan Keringat

Dibandingkan dengan jenis kain lainnya, tekstur kain drill terbuat dari bahan yang bersifat mudah menyerap air, sehingga nyaman ketika dikenakan di dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor). Selain itu juga, kain ini memiliki sifat tidak mudah bau apabila telalu lama terkena keringat.

Apa Saja Kekurangan Bahan Drill?

Disamping memiliki sejumlah kelebihan yang akan dirasakan oleh penggunanya, kain drill juga tetap memiliki beberapa kekurangan yang mesti diperhatikan, diantaranya:

1. Beberapa Jenis Kain Drill Mudah Luntur

Meski kebanyakan jenis kain drill memiliki ketahanan warna yang baik, tetapi ada beberapa jenis seperti american drill yang justru memiliki masalah dengan kecenderungan pudarnya warna daripada jenis lainnya.

2. Bahannya Relatif Cukup Berat

Seperti yang diketahui bahwa jenis drill ini seratnya cukup tebal, sehingga mempengaruhi berat pakaiannya. Sebagai orang mungkin akan merasakan sedikit keberatan pada saat mengenakan pakaian jenis ini.

Bagaimana Cara Merawat Pakaian dari Bahan Drill?

cara merawat pakaian dari bahan drill

Perlunya perawatan yang baik agar kain pada pakaian tetap tampak menawan. Berikut adalah beberapa tips merawat pakaian dari bahan drill:

1. Pakai air dingin

Supaya warna kain tidak mudah pudar, sebaiknya hindari penggunaan air panas untuk menjaga keawetan pakaiannya.

2. Jemur secara alami

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan pengering mesin cuci supaya kualitas bisa sama.

3. Cara setrika

Kamu tak perlu menggosok pakaian berbahan drill dengan suhu tinggi, cukup dengan suhu rendah saja.

4. Hindari pemutih

Penggunaan pemutih akan merusak serat kain bila dipakai terlalu berlebihan.

5. Cuci secara terpisah

Tujuannya supaya kain tidak rusak dan tidak terkena tinta warna kain lainnya.

6. Gunakan deterjen lembut

Pilihlan deterjen yang lembut saat mencuci pakaian dari bahan drill supaya serat kain tidak pecah.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Serat Kapas, Kelebihan, serta Kekurangannya

Nah, berikut tadi informasi lengkap tentang kain drill. Sekarang kamu sudah tahu bahwa bahan drill adalah salah satu jenis kain yang patut kamu pertimbangkan. Dapatkan berbagai produk dengan bahan kain drill hanya di Tshirtbar.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 222