Mengenal Raincoat dan Beragam Jenis-jenisnya

Raincoat adalah pakaian khusus untuk melindungi diri dari hujan atau percikan air. Namun, seiring perkembangan zaman penggunaan raincoat tidak lagi mengutamakan fungsional saja. Para desainer fashion mengembangkan raincoat stylish yang dapat menunjang penampilan.

Raincoat stylish ini sudah banyak digunakan di negara-negara eropa, terutama ketika musim dingin. Tampilan raincoat berubah menjadi lebih trendy dan membuat penggunanya tampak modis. Jadi, raincoat tidak lagi sekedar jas hujan yang bahannya terbuat dari plastik atau sejenisnya.

Walaupun tampil modis, namun produk fashion satu ini tetap mengutamakan fungsi. Terutama untuk membantu melindungi diri agar tetap kering. Biar tidak penasaran tentang raincoat, yuk cari tahu apa itu raincoat dan jenis-jenisnya.

Apa Itu Raincoat?

Raincoat adalah perlengkapan pakaian yang menjaga tubuh agar tetap kering. Ada dua versi raincoat yang saat ini masih banyak penggunanya, yaitu versi jadul dan stylish. Versi jadul biasanya terbuat dari bahan plastik dan mengesampingkan nilai estetika. Ini membuat orang yang menggunakannya tidak tampak modis.

Sebaliknya, raincoat stylish merupakan pengembangan dari jas hujan dengan mengkolaborasikan nilai fungsi dan estetika. Raincoat dengan desain stylish tentunya hadir dengan kelebihan berupa keindahan. Jadi, walaupun menggunakan raincoat ini dalam kondisi apapun akan tetap terlihat modis.

Bagi para pecinta fashion tentunya memiliki raincoat ini menjadi kewajiban. Walaupun memiliki desain yang modis, tetap mengutamakan fungsi awalnya yaitu perlindungan. Jenis dari raincoat pun ada banyak dan terbuat dari bahan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Pakaian Saat Musim Hujan yang Perlu Disiapkan

Apa Saja Jenis-jenis Raincoat?

jenis jenis raincoat

Ada banyak jenis raincoat berdasarkan desain ataupun bahannya. Berbagai jenis raincoat ini akan membuat penampilan tampak lebih fashionable. Apalagi jika ingin melindungi diri dari hujan ketika menonton konser, dijamin penampilan kamu akan tetap menawan walaupun mengenakan raincoat. Berikut ini jenis raincoat yang dapat menjadi referensi agar tampil modis.

1. Raincoat Cape

Raincoat cape menjadi salah satu desain yang peminatnya banyak. Selain bisa melindungi dari hujan, desainnya juga membuat kesan pemakai tampak cool. 

Cape berbentuk seperti jubah dengan potongan yang longgar. Ketika mengenakannya akan tampak seperti melambai. Bahannya terbuat dari polyester atau nilai sehingga akan melindungi dari hujan.

2. Raincoat Pattern

Jika kamu senang dengan fashion yang penuh motif dan berwarna. Maka jas hujan dengan versi patterned dapat menjadi pilihan tepat. Ciri khas dari pattern adalah adanya pola bunga dan garis yang membuat pemakainya tampak fresh.

Versi pattern biasanya terbuat dari bahan yang tebal seperti poliuretan atau PVC. Penerapannya lebih banyak pada raincoat untuk anak-anak.

3. Raincoat Parka

Gaya parka termasuk salah satu raincoat yang populer juga. Selain itu, siapapun cocok untuk menggunakannya baik pria maupun wanita. Ciri khas utamanya adalah pada potongan yang longgar.

Namun, panjang raincoat ini hanya menutupi tubuh hingga bagian paha. Kemudian terdapat penutup kepala yang bentuknya besar. Parka raincoat terbuat dari bahan poliamida atau polyester.

4. Raincoat Transparan

Raincoat transparan adalah yang paling mudah untuk menemukannya. Bahkan banyak yang menjual di toko-toko kecil untuk orang yang kehujanan. 

Namun, mantel ini memiliki kekurangan yaitu penggunaannya hanya untuk satu kali pakai. Tapi, versi ini cocok untuk kamu yang membutuhkan raincoat dalam waktu cepat dengan harga terjangkau.

5. Raincoat Trench Coat

Trench coat adalah raincoat yang terinspirasi dari gaya fashion klasik. Potongannya memberikan kesan elegan dan mampu menutupi tubuh dari  kepala hingga kaki.

Kesan dari raincoat ini adalah dominan dan membuat penggunanya tampak keren. Untuk bahannya sendiri terbuat dari gabardin atau kanvas sehingga harganya pun relatif lebih mahal.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Jaket Parka dan Fungsinya

Apa Saja Bahan Kain yang Cocok untuk Raincoat?

bahan kain yang cocok untuk raincoat

Bahan untuk raincoat adalah kain khusus yang tidak menyerap air. Salah satu bahan yang banyak menjadi pilihan untuk jas hujan adalah plastik. Selain itu bisa juga menggunakan perpaduan dari kain lain seperti di bawah ini.

1. Bahan PVC 

Polyvinyl Chloride (PVC) terbuat dari serat seperti plastik yang dapat menahan air. Varian warnanya beragam dan bisa membuat raincoat versi transparan. 

PVC sendiri dapat menjadi jas hujan yang modern dan keren apabila menggunakan lapisan tebal. Namun, jika lapisan bahannya tipis umumnya untuk membuat mantel sekali pakai.

2. Bahan Polyester

Polyester menjadi bahan andalan untuk membuat raincoat stylish. Serat polyester mampu menahan air sehingga tidak merembes dan membasahi pemakainya.

Kelebihan lain dari bahan polyester adalah para kualitasnya yang tahan lama dan ringan. Apabila basah juga lebih cepat kering dan tidak mudah berkerut.

3. Bahan Poliamida

Poliamida merupakan serat sintetis yang bisa untuk membuat raincoat stylish. Sifatnya kuat sehingga cocok untuk penggunaan berulang. Selain itu, bahannya juga kering dan tidak merembes apabila kena air.

Kelebihan lain dari bahan poliamida adalah kemampuannya dalam menjaga kelembaban. Jadi, bahan poliamida bisa menjaga tubuh agar tidak gerah atau kedinginan karena cuaca.

4. Bahan Gabardin

Selanjutnya adalah bahan gabardin yang cukup jarang penggunaannya pada pakaian. Teksturnya seperti plastik namun lebih kuat dan tahan air.

Bahan seperti gabardin lebih mudah untuk merancangnya menjadi raincoat. Gabardin juga cocok untuk membuat raincoat yang kesannya elegan dan klasik.

Baca Juga: Perbedaan Bahan Taslan dan Parasut yang Perlu Kamu Tahu

5. Bahan Gore-Tex

Terakhir adalah bahan Gore-Tex yang merupakan kualitas raincoat terbaik. Harganya relatif lebih mahal, namun memiliki bahan yang nyaman dan awet. Pastinya juga bisa menjaga tubuh tetap kering walau di bawah hujan.

Jadi, dapat dikatakan bahwa raincoat adalah jas hujan yang sekaligus menjelma menjadi produk fashion yang stylish. Produk fashion seperti raincoat sangat cocok untuk daerah yang sering mengalami hujan. Jadi, tidak perlu khawatir terlihat kusam saat hujan karena ada raincoat stylish yang tetap membuat kamu tampak modis. Dapatkan produk raincoat dan custom sendiri di Tshirtbar.

CTA BANNER Merchandise

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211