Last Update: July 8th, 2021 at 1:06 pm

Mengenal Apa Itu Jaket Parka dan Fungsinya

Jaket banyak dipakai saat musim hujan untuk melindungi penggunanya agar tidak kebasahan. Umumnya jaket untuk musim hujan memiliki fitur water repellent atau waterproof karena mampu menahan air. Selain itu jaket juga harus mampu menahan angin atau windproof. Seringkali kita memakai jas hujan untuk melindungi dari air, namun jas hujan kurang nyaman dipakai di dalam ruangan, dan tidak praktis jika harus dipakai sehari-hari. Sehingga diperlukan jaket yang memiliki sisi fungsionalitas dan tetap praktis untuk dipakai.

Jaket Parka menjadi pilihan utama banyak orang, karena selain untuk melindungi diri dari cuaca menggunakan jaket parka juga tetap praktis dipakai ke mana pun, biarpun tidak dalam keadaan hujan. Jaket parka adalah jaket yang ditemukan oleh suku Inuit di Amerika Utara. Fiturnya yang sangat distingtif adalah memiliki penutup kepala atau hoodie dan terdapat lapisan bulu-bulu agar membuatnya ekstra hangat dan panjang jaketnya hingga pinggul. Pada tahun 1950, militer Amerika Serikat mengembangkan jaket Fishtail Parka, di mana berbeda dengan sebelumnya, jaket parka jenis ini tidak memiliki bulu pada hoodienya.

Jaket Fishtail Parka ternyata menjadi sangat populer dan memiliki fans tersendiri terutama pada pop culture di seluruh dunia. Seiring berjalannya waktu, jaket parka sering menjadi simbol anak muda di pop culture dan dipakai oleh band-band terkenal seperti Oasis, The Who dan sering dibarengi sambil mengendarai Scooter sehingga bisa tampil trendy.

Jaket Parka semakin berkembang dengan beragam jenis model, mulai dari tebal hingga agak tipis tergantung kondisi tempat jaket tersebut dijual. Sehingga bahannya pun memiliki ragam jenis, seperti Despo, NS dan Taslan. 

Ciri khas jaket parka adalah, hoodie dan bagian leher yang bisa ditutup sampai dagu. Jaket parka pun memiliki model varian berbeda-beda, seperti model cagoule yang memiliki resleting hanya sampai perut saja ada campuran beberapa warna bahan berbeda dalam satu jaket. Jaket parka akhirnya memadukan sisi fungsionalitas dan sisi fashion menjadi satu.

jaket parka koleksi tshirtbar

Jaket Parka hampir pasti terbuat dari bahan polyester karena fitur tahan air dan tahan angin yang wajib ada untuk mempertahankan sisi fungsionalitas jaket parka. Sehingga jaket parka memungkinkan untuk didesain dengan motif fullprint dengan cetak sublimasi.

Untuk bagian dalam jaket, biasanya jaket parka memiliki beberapa varian, mulai dari memiliki lapisan dalam berupa kain jaring atau lapisan dalam jaket lainnya. Tujuannya untuk mempertebal jaket agar lebih tahan dingin dan menambah resistensi jaket terhadap angin dan air. Namun bisa juga jika jaket parka menggunakan sisi dalam menjadi sisi luar juga, sehingga disebut jaket bolak balik atau 2in1 karena dibuat sedemikian rupa agar tetap rapi jika bagian dalam ditarik menjadi sisi luar.

Untuk perawatan, Jaket Parka terbilang sangat mudah, karena jaket ini tidak mudah kotor, cenderung menolak noda dan mudah kering. Sehingga dalam pencucian tidak memerlukan banyak tahap dan tidak perlu dimasukan ke dalam mesin pengering.

Di tshirtbar.id kamu bisa memesan jaket parka dengan berbagai macam varian yang ada, mulai dari jaket parka lipat yang bisa dilipat menjadi kecil dan praktis dibawa-bawa ke mana-mana, jaket parka cagoule, jaket parka 2in1 yang bisa dipakai bolak balik dan lain-lain. Semua jaket parka tersedia pada warna polos yang unik dan cetak sublimasi di mana kita bisa mencetak motif di seluruh bagian jaket. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi sales kami di sini.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan
Latest posts by Bryan (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *