Ternyata Inilah Perbedaan Retro dan Vintage Style

Perkembangan dari dunia fashion semakin unik dan beragam, salah satunya fashion banyak mengadopsi gaya retro dan vintage, perbedaan retro dan vintage style ini seringkali sangat sulit dibedakan.

Keduanya style ini sepintas mirip karena mengusung konsep kuno atau jadul namun terlihat trendi dan tak ketinggalan zaman. Untuk lebih bisa membedakan antara style retro dan vintage, berikut pemaparan yang lebih rinci mengenai kedua style tersebut:

Apa Itu Retro Style?

apa itu retro style

Retro style adalah sebuah gaya atau style fashion yang pada dasarnya mengusung mode tahun 70-an hingga 90-an. Style ini memang terlihat kuno karena mengusung tema mode sekitar tahun 90-han, namun tetap tampak modern. Style ini pada dasarnya lebih berani dalam bermain pada warna.

Selain itu gaya retro ini juga lebih terlihat gemerlap dan glamour sehingga akan mudah menjadi pusat perhatian saat berada di tengah banyak orang. Style retro ini juga memiliki tema baju seling juga look ketat dan membentuk lekuk tubuh adalah khas dari style ini.

Apa Itu Vintage Style?

apa itu vintage style

Vintage style adalah sebuah gaya atau style yang memberikan kesan kuno namun terlihat feminim karena biasanya style ini mengusung konsep praktis dan seringkali lebih berani bermain corak.

Style vintage ini diadaptasi dari era mode fashion sekitar tahun 20-an hingga tahun 60-an sehingga terlihat kuno namun tetap terlihat trendy dan tidak ketinggalan zaman karena terlihat feminim.

Apa Saja Perbedaan Retro dan Vintage Style?

apa saja perbedaan retro dan vintage style

Setelah membahas mengenai perbedaan secara rinci dari gaya vintage dan retro, sekarang saatnya untuk membahas beberapa perbedaan dari style retro dan vintage agar kita lebih mudah untuk membedakannya. Perbedaan bisa dilihat dari hal-hal sebagai berikut:

1. Warna

Indikator yang bisa dijadikan sebagai tolak ukur membedakan antara vintage dan retro adalah dari segi warna. Warna ini memang benar-benar bisa membedakan jenis style, karena memang kedua style ini memiliki warna yang berbeda.

Style vintage memiliki warna yang cukup menenangkan, kalem dan cukup soft seperti warna-warna kehijauan telah menjadi khas dari vintage. Sehingga saat seseorang memakai baju style vintage akan terasa kalem dan sejuk saat dipandang karena menggunakan warna-warna yang memang menenangkan.

Beda halnya dengan style fashion retro yang lebih terkesan berani bermain warna cerah dan lebih bercorak. Sehingga pastinya terkesan lebih glamor jika dibandingkan dengan style vintage.

2. Gaya

Selain dari warna, kamu juga bisa membedakan style retro dan vintage dari gayanya. Jika dilihat dari segi gayanya, fashion bertemakan retro akan terlihat seperti gaya disko seperti pakaian berjenis jaket kulit, celana cutbray hingga rompi. Biasanya juga memadupadankan corak di setiap style bertema retro.

Sedangkan jika dilihat dari gaya fashion, style vintage memiliki kesan yang feminim dan pembawaan yang terlihat lebih kalem dari vintage. Dengan warna-warna yang tidak terlalu mencolok seperti retro.

3. Waktu

Hal ini bisa dilihat dari waktu mode yang dipakai. Jika vintage lebih cenderung memakai mode pada era 1920-an hingga 1960. Style vintage terinspirasi dari jenis baju-baju yang dipakai sekitar tahun 20-an hingga 60-an.

Busana retro diadaptasi dari era mode dan gaya busana pada era 1970-an hingga 1990-an. Maka dari itu, rentang waktu dari kedua style yang dipakai cukup jauh bukan?

4. Tampilan

Hal terakhir yang bisa dibedakan adalah dari tampilan style tersebut, biasanya style retro akan terlihat glamor dan menarik banyak perhatian. Sebaliknya jika style vintage terlihat lebih feminim dan kalem jika dibandingkan dengan retro style.

Baca Juga: 7 Inspirasi Outfit Earth Tone Style Pria

Apa Saja Contoh dari Retro Style?

contoh retro style

Untuk lebih memperjelas dari retro style ini mari kita bahas contoh dari style retro ini, berikut beberapa contoh retro style:

1. Kemeja Flanel

Kemeja satu ini sekarang cukup diminati, khususnya dikalangan anak muda dipakai untuk pergi ke kampus hingga hangout bersama teman-teman.

2. Jaket kulit

Jaket kulit adalah produk fashion yang masih digandrungi hingga sekarang. Karena terlihat maskulin dan keren jika dipakai.

3. Celana Overall

Ada banyak orang termasuk kalangan muda yang memakai jenis pakaian ini. Sehingga nampak terlihat santai namun tetap menarik.

4. Dress Motif

Salah satu contoh dari style retro yang masih digunakan sampai sekarang adalah dress motif. Dress motif juga sangat digemari oleh sebagian kalangan muda.

5. Kulot

Celana kulot ini sampai sekarang masih dipakai untuk kegiatan formal seperti bekerja dan kegiatan lainnya. Kulot menambah kesan kasual pada pemakainya.

6. Blazer

Siapa yang tak mengenal style ini, style blazer ini sering digunakan dalam acara-acara formal sehingga menambah look casual dan formal.

Baca Juga: 7 Inspirasi Jogger Pants Style Agar Semakin Keren

Apa Saja Contoh dari Vintage Style?

contoh vintage style

Setelah membahas mengenai contoh dari style retro, saatnya kini untuk membahas style vintage agar kamu bisa lebih membedakan dari kedua style ini sebagai berikut:

1. Loose Shirt

Contoh style vintage yang pertama adalah loose shirt, jenis pakaian ini sampai sekarang masih banyak digemari khususnya bagi kalangan anak muda. Loose shirt biasanya dibuat tanpa lengan, namun sekarang ada jenis loose shirt yang memiliki lengan panjang. Seperti misal double layer long sleeve dan kaos oversize.

2. Windbreaker

Windbreaker adalah solusi tepat untuk menggunakan jaket bebas gerah. Desain sederhana dan menarik dengan berbagai pilihan warna. Pilih ukuran oversize untuk mendapatkan kesan vintage.

3. Ruffle Dress

Bagi sebagian orang ruffle dress adalah pakaian yang unik dan cantik saat dipakai, maka tak heran jika sekarang ini banyak kalangan muda yang memakainya.

4. Midi Dress

Style selanjutnya yang wajib kamu miliki jika ingin berpenampilan vintage style adalah midi dress. Style ini akan cocok dan pas dipakai untuk kegiatan, namun pastikan warna yang kamu pilih cocok dengan karakter kamu.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kombinasi Warna Cream Baju Untuk Berbagai Acara

Itulah beberapa pemaparan mengenai perbedaan retro dan vintage style. setelah membaca artikel ini pastinya kamu tak akan salah lagi bukan saat membedakan retro dan vintage style. Temukan inspirasi gaya berbusana menarik lainnya hanya di Tshirtbar!

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 214