Kain Japan Drill: Pengertian, Karakteristik, dan Kelebihannya

Kain japan drill adalah satu dari varian bahan drill yang sering digunakan. Bahan ini terkenal karena fleksibel serta mudah dalam penggunaannya. Japan drill juga kian populer di kalangan produsen baju dari berbagai belahan dunia. 

Jadi, japan drill juga bisa kamu pertimbangkan untuk dikoleksi dalam lemari pakaian. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel ini sampai habis!

Apa Itu Kain Japan Drill?

Kain Japan Drill adalah bahan campuran polyester dan katun, dengan proporsi lebih banyak pada polyester. Meskipun cukup kaku, kain ini masih terasa halus dan lembut saat dikenakan, meski tak sehalus Verlando.

Gabungan serat kapas alami dan serat sintetis pada japan drill membuat kain tersebut punya tingkat durabilitas tinggi dan sulit untuk rusak. Ciri khas kain ini terletak pada penampilan seratnya yang telah dipintal membentuk pola diagonal, membedakannya dari jenis kain lain.

Japan drill juga dikenal karena keunggulannya dalam menghasilkan warna yang cerah dan tahan lama. Karenanya, banyak industri fashion yang menggunakan kain ini untuk membuat produk berkualitas tinggi. Penggunaan japan drill semakin populer di kalangan fashion dan streetwear di seluruh dunia.

Baca Juga: Bahan Drill: Pengertian, Karakteristik, dan Cara Merawatnya

Bagaimana Karakteristik Kain Japan Drill?

karakteristik kain japan drill

Berikut adalah ciri yang bisa kamu temukan dari bahan japan drill:

1. Punya Tekstur Halus dan Rapat

Kain japan drill terdiri dari bahan katun yang diolah dengan teknik drill, sehingga menciptakan pola yang rapat dan ketebalan yang ideal, tidak terlalu tipis ataupun terlalu tebal. Kualitas serat katun yang baik turut mempengaruhi penampilan kain ini, yang terlihat lebih halus dan teratur.

2. Tebal dan Kuat

Dikenal karena kekuatan dan kepadatannya, karena kain tersebut terbuat dari serat yang lebih tebal dan rapat dibandingkan dengan kain biasa. Kain japan drill juga tahan terhadap kerusakan dan aus. Oleh sebab itu, kain ini bisa dipakai untuk produk pakaian sehari-hari.

3. Ciri Warna Kain

Umumnya, warna pada bahan japan drill punya kecerahan yang tinggi sehingga terlihat elegan dan menarik. Kain ini juga dikenal karena memiliki ketahanan warna yang baik, sehingga warnanya tidak mudah pudar saat dicuci.

4. Pilihan Warna

Beberapa warna dasar yang sering digunakan pada kain japan drill adalah hitam, putih, coklat, dan khaki. Selain itu, variasi warna lain seperti warna cerah dan pastel juga tersedia opsi yang lebih bervariasi.

5. Bahan yang Adem

Terbuat dari bahan katun yang memiliki serat halus dan rapat. Bahan katun sendiri dikenal karena sifatnya yang adem dan nyaman saat digunakan karena mampu menyerap keringat dengan baik. Maka tak heran bila kain japan drill adalah bahan yang memberikan kenyamanan yang saat digunakan dalam waktu lama.

Baca Juga: Bahan Twill: Ciri, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apa Saja Kelebihan Kain Japan Drill?

Jika kamu masih ragu dengan karakter dari bahan japan drill itu sendiri, mungkin beberapa keunggulan ini bisa jadi bahan pertimbangan ke depannya:

1. Mudah Dijahit

Kelebihan utama dari kain japan drill yaitu mudah dijahit, sehingga para pengrajin bisa membuat detail dan aksen yang halus pada pakaian.

2. Hadir dalam Berbagai Warna

Kain japan drill menyediakan berbagai pilihan warna dan pola yang berbeda sehingga memberikan banyak opsi bagi pengguna untuk memilih kain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka.

3. Cocok untuk Segala Jenis Pakaian

Sangat memungkinkan bila japan drill dijadikan berbagai jenis pakaian. Baik pakaian formal seperti seragam, maupun pakaian semi-formal seperti coat bahkan apron sekali pun.

4. Tidak Mudah Rusak

Kain japan drill menggunakan serat kapas yang berkualitas tinggi sehingga memperpanjang masa pakainya dan menjadikannya tahan lama. Kain ini memiliki ketebalan dan kekuatan yang cukup sehingga tidak mudah rusak atau robek. Penampilan kain japan drill selalu terlihat rata dan teratur, menunjukkan bahwa kain ini tidak memerlukan perawatan khusus.

Apa Kekurangan Kain Japan Drill?

Disamping beragam kelebihannya, jenis bahan kain drill memiliki kekurangan yakni harga kain ini lebih mahal dibandingka  jenis bahan lainnya. Hal itu dikarenakan bahan dasar japan drill lebih banyak terbuat dari serat katun. Selain itu, bagi sebagian orang akan merasa kurang nyaman ketika memakai pakaian yang terbuat dari japan drill, sebab terdapat kandungan serat polyester.

Apa Perbedaan Kain Japan Drill dan American Drill?

Baik kain american drill maupun japan drill umumnya digunakan untuk pembuatan bahan seragam. Secara fisik, keduanya memiliki serat kain yang membentuk garis diagonal. Dari segi bahan baku, kain american drill dan kain japan drill terbuat dari campuran serat katun dan poliester. Oleh karena itu, karakteristik permukaan kain american drill dan japan drill dapat dikatakan serupa. 

Kemudian, baik american drill maupun japan drill cocok digunakan sebagai bahan untuk seragam maupun tote bag. Perbedaan antara kedua jenis kain ini hanya terletak pada merek dan pabrik yang memproduksinya. Tentu saja, ketersediaan pilihan warna juga bisa berbeda antara keduanya. Terakhir, dalam hal harga, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kain american drill dan japan drill.

Baca Juga: 5 Fungsi Apron dan Jenis-jenisnya

Apa Saja Contoh Penggunaan Kain Japan Drill?

contoh penggunaan kain japan drill

Berikut adalah beberapa inspirasi pakaian serta yang bisa kamu buat dari bahan japan drill. Diantaranya:

1. Apron

Apron yang terbuat dari japan drill akan tampak rapi dan elegan. Selain itu bisa memberikan perlindungan yang baik untuk pakaian yang dikenakan di bawahnya. 

Kain japan drill adalah bahan yang tahan lama, sehingga cocok untuk membuat apron yang sering digunakan berulang kali.

2. Seragam

Seragam perlu diberi logo atau bordir supaya terlihat lebih profesional. Pas dengan japan drill yang punya pilihan warna beragam dan mudah dicetak. Tentunya bisa dipakai untuk keperluan formal acara perusahaan, meeting dengan klien, atau kegiatan seminar.

3. T-Shirt

Japan drill mampu menyerap keringat dengan baik sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan walau seharian. Lewat fitur tersebut, T-shirt dari japan drill cocok untuk aktivitas harian maupun olahraga. 

Selain itu, japan drill juga bisa dicetak dengan berbagai desain dan teknik cetak digital supaya T-shirt terlihat unik dan menarik.

4. Tas

Penggunaan bahan japan drill sebagai tas juga cocok untuk berbagai aktivitas, baik itu untuk keperluan sehari-hari atau keperluan khusus seperti saat melakukan perjalanan. 

Tas dari bahan japan drill juga dapat memberikan kesan yang lebih elegan dan profesional jika dibandingkan dengan bahan tas lainnya.

5. Celana Panjang

Beberapa celana panjang dari bahan ini biasanya punya fitur tambahan seperti kantong di bagian samping atau belakang, namun biasanya tidak terlalu banyak aksen atau detail yang mencolok. Contohnya celana workwear yang jadi highlight product brand Dickies.

Nah, itu tadi penjelasan lengkap tentang salah satu jenis kain drill yang paling digemari. Kain japan drill adalah salah satu bahan utama pakaian yang perlu kamu coba, dan kamu juga bisa dapatkan segera di Tshirtbar.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224