10 Jenis Dress Code dan Pengertiannya

Jenis dress code terdiri dari beberapa kategori, baik yang sifatnya resmi maupun tidak. Ada standar tertentu yang harus diperhatikan agar sesuai dengan acara yang dihadiri. Lewat artikel ini, kamu akan mengulik cara memilih pakaian yang tepat sebagai bentuk rasa hormat terhadap tuan rumah.

Apa Itu Dress Code?

Dress code sendiri didefinisikan sebagai aturan berpakaian yang pantas dan tidak pantas dalam suatu lingkungan atau acara tertentu. Sehingga sering kali perlu untuk menentukan jenis pakaian yang sesuai.

Konsep dari dress code adalah jika orang diharuskan berpakaian dengan cara tertentu, maka mereka akan lebih cenderung memperlihatkan sikap yang lebih serius dan profesional. Oleh karena itu, peraturan dalam berpakaian mudah dijumpai di beberapa instansi, misalnya di kantor, sekolah dan bahkan dalam sebuah pesta.

Baca Juga: 5 Style Baju Oversize Wanita dan Rekomendasinya

Apa Saja Jenis Dress Code?

apa saja jenis dress code

Semakin hari banyak jenis dress code yang bisa kita jumpai di beberapa acara tertentu. Namun, ada 10 kode berpakaian paling umum diterapkan, diantaranya adalah:

1. Dress Code Casual

Dress code casual cocok untuk kegiatan yang tidak terlalu formal. Pakaian yang dipilih juga biasanya lebih santai, nyaman, dan tidak terlalu kaku. Sehingga cocok untuk acara hangout, liburan, atau acara santai lainnya. 

2. Dress Code Casual Formal

Pemilihan gaya casual formal adalah salah satu dress code yang menggabungkan unsur-unsur dari gaya casual dan formal. Gaya ini biasanya dipilih untuk acara yang memerlukan penampilan yang formal, namun tetap ingin terlihat santai dan tidak kaku.

3. Dress Code Formal

Lupakan soal gaya santai, formal adalah lawan dari gaya tersebut. Kamu dituntut untuk tampil rapih dengan kemeja atau blazer yang dipakai untuk menghadiri sebuah acara atau kegiatan yang sifatnya resmi dan lebih kaku.

4. Dress Code Cocktail

Dress code ini dipakai untuk pesta dan acara sosial yang diadakan pada malam hari. Pria diharuskan untuk mengenakan jas bisnis, sedangkan wanita diwajibkan memakai gaun pesta. Gaya berpakaian tersebut bisa menambah kesan elegan, sehingga cocok untuk bertemu relasi penting soal bisnis.

5. Dress Code Smart Casual

Smart casual paling sering ditemukan di kantor yang tidak memiliki aturan seragam atau tempat-tempat di mana orang tidak ingin berpakaian secara formal. Tidak ada batasan pada penampilan, sehingga orang dapat tampil dengan gaya yang sesuai dengan kepribadian mereka.

6. Dress Code Black and White

Dua warna ini adalah pilihan kontras paling aman. Dress code black and white sering ditemui pada acara pesta di malam hari. Kuncinya adalah bisa memadukan kedua warna tersebut secara tepat sasaran.

7. Dress Code Informal

Berbeda dengan formal, dress code satu ini sifatnya tidak kaku. Namun, dalam penggunaannya harus tetap terlihat sopan sehingga pemakai akan terlihat lebih elegan dan nyaman.

8. Dress Code Casual Chic

Casual chic menggabungkan dua gaya yang berbeda. Namun pada hakikatnya, kedua dress code antara casual dan chic bisa menyatu satu sama lain. Gaya chic lebih feminim, sedangkan casual lebih santai, sehingga gaya ini lebih dikhususkan bagi para wanita.

Baca Juga: Mengenal Layering Style dan Tips Memadukannya

9. Dress Code Relax Business

Biasa disebut sebagai business casual, dress code satu ini lebih santai daripada dress code formal atau business formal. Adapun jenis baju yang perlu dihindari, seperti kaos oblong, bawahan pendek dan penggunaan pakaian yang ketat.

10. Dress Code Suit and Tie

Sesuai dengan namanya, kode berpakaian suit and tie mengharuskan tamu undangan untuk hadir dalam balutan jas dan dasi. Gaya berpakaian ini sering dijumpai di acara besar, seperti penghargaan, charity ala sosialita atau bahkan jadi bagi para staff di sebuah event kelas tinggi.

Bagaimana Cara Menentukan Dress Code yang Tepat?

cara menentukan dress code yang tepat

Memilih dress code yang sesuai merupakan hal yang penting. Karena, pada dasarnya dress code dapat mempengaruhi suasana acara dan memberikan kesan yang sesuai kepada para tamu. Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menentukan dress code yang tepat:

1. Ketahui Tingkat Formalitas Acara

Penting untuk menentukan tingkat formalitas acara. Sebab beberapa acara perlu dress code yang lebih formal daripada kegiatan lainnya. Begitu pula dengan apa yang dianggap sebagai pakaian yang tepat tidak selalu berlaku di tempat lain. 

2. Gunakan Outer Sebagai Opsi

Menambah aksesori dan pakaian luar juga penting. Setelah menentukan gaya dasar untuk dress code, tambahkan pilihan lain terutama dalam hal pakaian luar dan aksesori. Pakaian outer dapat melengkapi cara berpakaian yang sudah ada atau menambah variasi pada outfit. Beberapa item fesyen memang bisa diperbolehkan dalam kode berpakaian, termasuk jaz dan blazer.

3. Pilih Sepatu yang Tepat

Pada umumnya, kebanyakan aturan dress code acara akan mengharuskan adanya panduan mengenai jenis alas kaki yang diperbolehkan. Hal ini dapat mencakup persyaratan untuk mengenakan jenis sepatu tertentu, seperti penggunaan sepatu boots atau sneakers.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Smart Casual Outfit untuk Sehari-hari

4. Tentukan Pakaian Nyaman

Fesyen bukan hanya sekedar bagaimana baju bisa keren dipakai. Dengan memilih baju berkualitas, kamu bisa merasa nyaman sepanjang acara berlangsung. Faktor nyaman bisa dilihat dari bahan, penggunaan dan tingkat keawetan dari pakaian itu sendiri.

5. Kenali Lokasi Acara

Dress code juga didasari oleh dimana acara berlangsung. Selain dari faktor lokasi, sebetulnya waktu acara juga berpengaruh dalam penentuan dress code agar semua yang terlibat dalam acara tetap merasa nyaman.

Jadi, itu tadi 10 jenis dress code yang bisa kamu gunakan di kemudian hari. Untuk urusan dress code, perlu juga memikirkan item fesyen yang tahan lama. Kunjungi Tshirtbar untuk mendapatkan fashion dan merchandise berkualitas, serta bisa dipakai dalam jangka panjang.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211