5 Style Baju Oversize Wanita dan Rekomendasinya

Style baju oversize wanita memang terlihat menarik. Bagaimana tidak, kaos yang biasanya punya ukuran standar kini tak jadi masalah bila ukurannya longgar. Jika kamu belum pernah coba memakai pakaian dengan ukuran yang over, setidaknya gaya pakaian tersebut perlu kamu coba.

Walau terlihat biasa saja, tentunya kami akan berikan banyak tips untuk bisa tampil lebih keren. Sudah saatnya kamu bisa tampil lebih keren, bukan?

Apa itu Style Baju Oversize Wanita?

Baju oversize tidak hanya dikhususkan bagi pria saja. Seiring perkembangan tren mode, kini para wanita juga bisa dengan mudah memakai baju oversize. Model pakaian ini punya struktur dan ukuran lebih besar dan longgar, yang diadaptasi dari tren fashion streetwear pada era 80-an. 

Alasan kenapa baju oversize mulai digemari wanita, karena baju ini sangat kasual dan santai. Para wanita biasa memadukan baju oversize dengan bawahan apa saja, tergantung tema outfit apa yang sedang dipakai. 

Pada bagian tubuh dibiarkan longgar untuk memberikan kesan volume. Kelebihan dari baju oversize adalah bisa menyamarkan lekuk tubuh. Terlebih untuk wanita yang mungkin merasa kurang percaya diri jika memakai pakaian terlalu ketat.

Selain itu, baju oversize bisa diterapkan untuk style busana apa saja. Entah ingin hadir dengan cara kasual, street style dan bahkan semi-formal juga bisa memakai pakaian yang oversize. Artinya, baju oversize punya tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Baca Juga: 3 Tips Mix and Match Kaos Oversized Agar Terlihat Keren

Bagaimana Tips Memadukan Style Baju Oversize Wanita?

tips memadukan style baju oversize wanita

Saat hendak memilih busana yang cocok, pemilihan gaya jadi kunci utama. Apalagi pada saat memilih baju oversize serta bawahan yang akan dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Ada banyak jenis model dan warna yang bisa membingungkan saat akan dipadukan.

Namun, dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini, kamu bisa tahu jenis baju oversize dan bawahan yang cocok dengan lekuk tubuh dan karakter pribadi.

1. Tema Outfit

Untuk memilih gaya pakaian yang tepat, kamu harus mempertimbangkan kenyamanan terlebih dahulu. Jika kamu ingin terlihat santai, gaya kasual dengan kaos desain aesthetic bisa jadi pilihan paling tepat. 

Selain itu, inspirasi gaya fashion juga dapat ditemukan melalui berbagai platform sosial media, seperti Pinterest dan Lemon8. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua gaya busana bisa cocok untuk semua orang. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan gaya pakaian dengan preferensi masing-masing.

2. Ukuran Baju

Meski baju oversize punya ukuran yang lebih lebar, bukan berarti bisa sembarangan dalam memilih ukuran. Jika kamu punya bentuk tubuh berisi, sebaiknya pilih ukuran satu size dari regular fit supaya badan terlihat lebih langsing dan sesuai dengan proporsi tubuh.

Berbeda jika kamu punya tubuh kurus. Pilih baju oversize dengan ukuran satu tingkat lebih besar untuk memberikan look yang ber-volume dan anti boring. Sekali lagi, cek lagi size chart di penjual bajunya.

3. Paduan Warna

Saat memilih warna pakaian, disarankan untuk menyesuaikan dengan tone kulit pemakai. Untuk menciptakan kesan yang seimbang, kamu dapat coba untuk memadukan dua warna kontras antara warna gelap dan cerah. Atau bisa gunakan warna monokrom atau bahkan tricolor.

@tshirtbarid

Masih mikir beli kaos oversize dimana?Di Tshirtbar aja yukk!! #oversize #tshirts #oversizeshirt #20s #fypシ #fy #outf #outfitsoftheweek #fypso #fypsoundsss #fypviralシ゚

♬ original sound – Ny’Jae🤠

4. Memilih Bawahan

Baju oversize sejatinya punya ukuran lebih besar. Disarankan untuk menggunakan bawahan seperti celana atau rok dengan potongan yang pas pada bagian kaki. Tujuannya sebagai penyeimbang bagi atasan yang sudah longgar.

Baca Juga: Mengenal Layering Style dan Tips Memadukannya

5. Bahan Baju

Tidak hanya masalah merek dan penampilan, tetapi mengetahui tentang bahan pakaian yang digunakan oleh penjual juga sangat penting. Jika Anda ingin membeli kaos, disarankan untuk mencari yang terbuat dari serat alami seperti katun. Demikian juga untuk celana jeans, ketebalan kainnya juga harus diperhatikan.

6. Eksplorasi Gaya

Kamu tidak perlu resah untuk mencoba gaya yang beraneka ragam. Dimulai dari mencoba untuk berpenampilan berbeda di tiap acara tertentu, sehingga kamu dapat memadukan pakaian dengan cara berbeda dan menghindari tampilan yang monoton.

7. Custom Baju

Terakhir, jika kamu masih belum menemukan produsen baju yang pas, maka segera cari tempat jasa custom baju yang punya reputasi bagus. Cari tempat yang bisa diajak diskusi serta memiliki size chart variatif.

Rekomendasi Style Baju Oversize Wanita dari Tshirtbar

rekomendasi style baju oversize wanita

1. Gaya Feminim: Tunik Dress

Tunik biasanya digunakan oleh para hijaber. Jenis baju ini punya siluet lebar dan simpel, sehingga cocok untuk semua bentuk tubuh. Gaun tunik terdiri dari ragam warna, dari gelap hingga terang.

Kamu bisa memadukan tunik dress dengan sepatu sneakers low, atau bisa hanya memakai sendal flat.

2. Gaya Kasual: Kaos Oversize

Di sini pasti punya T-Shirt di lemari pakaian. Untuk menciptakan gaya kasual yang berbeda, coba gunakan kaos oversize yang bisa dipadukan dengan apa saja. Kamu bisa mix and match dengan rok flare, atau bahkan wide pants juga sah-sah saja.

3. Gaya Smart-Casual: Kemeja Pendek

Pemilihan gaya seperti smart casual bisa menghasilkan kesan yang lebih formal dan elegan. Gaya tersebut bisa dipakai saat bekerja atau meeting dengan klien. Gunakan kemeja pendek dengan ukuran longgar dan sesuaikan dengan celana berbahan katun atau linen.

4. Gaya Edgy: Double Layer Long Sleeve Shirt

Kaos dengan dua lapis di bagian lengan bisa memberikan kesan tomboy dan edgy. Gunakan celana jeans longgar supaya semakin tampak ber-volume.

Baca Juga: 7 Rekomendasi OOTD Jaket Oversized Hijab dan Tips Memilihnya

5. Gaya Monokrom: T-Shirt Bamboo

Terakhir, jika kamu hanya ingin pergi ke acara santai bisa pakai kaos dari bahan bamboo cotton. Saat memilih baju ini, pilih ukuran satu tingkat di atas ukuran biasa untuk menghasilkan baggy look.

Dengan mencoba style baju oversize wanita, kamu sudah satu langkah tampil lebih up to date. Semua produk rekomendasi di atas bisa kamu temukan di Tshirtbar dengan klik banner di bawah ini:

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 211