Mengenal Layering Style dan Tips Memadukannya

Layering style jadi pilihan tren mode yang kian populer saat ini. Gaya ini menggabungkan beberapa lapisan pakaian untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik dan unik. Selain penampilan jadi lebih stylish, teknik layering juga melindungi tubuh dalam berpakaian, terutama pada musim peralihan cuaca. 

Dalam artikel ini, kamu bisa temukan ragam tips dan ide memadukan outfit dengan gaya layering untuk tampilan yang semakin fashionable dan trendy.

Apa Itu Layering Style?

Gaya berlapis dalam fashion adalah konsep berpakaian yang memakai beberapa lapisan baju secara bersamaan pada bagian badan. Jenis pakaian terdiri dari dalaman dan luaran, yang dikenakan secara bersamaan untuk menciptakan tampilan yang lebih rumit dan menarik.

Tujuan utama dari gaya layering adalah untuk menampilkan outfit dengan cara mengkombinasikan dua pakaian dengan ragam tekstur, warna, dan pola. Selain itu, lapisan tersebut juga bisa menambah kenyamanan dan fleksibilitas dalam berpakaian, apalagi saat cuaca sedang tak menentu.

Baca Juga: Apa itu Hoodie? Dan Perbedaan Jaket, Sweater, dan Hoodie

Apa Saja Fashion Item yang Bisa Digunakan untuk Layering Style?

fashion item untuk layering style

Tak perlu bingung jika ingin pakai teknik layering dalam outfit. Ini adalah beberapa contoh pakaian yang bisa kamu coba:

1. Jaket Hoodie

Jaket hoodie adalah satu dari berbagai pilihan dasar dalam menentukan outer. Salah satu fitur unggulan dari hoodie yakni terdapat tudung yang bisa melindungi kepala dengan baik. Hoodie punya sifat kain yang lembut dan hangat saat digunakan pada cuaca dingin. 

Meskipun permukaan kainnya tebal, jaket hoodie tetap nyaman dan tidak membuat pemakainya merasa gerah. Kamu bisa memadukan hoodie dengan coat, kaos oversize dan syal sebagai aksesoris pelengkap, untuk mendapatkan tampilan outfit yang lebih menarik.

2. Jaket Windbreaker

Diambil dari kata “wind” dan “breaker”, jenis jaket ini didesain khusus untuk melindungi tubuh dari angin, tetesan air hujan ringan, atau gerimis. Jaket windbreaker biasanya simpel dan fungsional, yang fokusnya pada kenyamanan dan fleksibilitas. 

Windbreaker gampang dipadukan dengan berbagai produk fashion seperti kaos panjang dan pendek. Jadi, tak heran bila jaket windbreaker pun kerap dipakai dalam gaya athleisure.

3. Blazer

Blazer adalah pakaian formal yang sekilas mirip dengan jaket. Namun, yang jadi pembeda dengan jaket adalah punya potongan yang lebih kasual. Blazer punya kancing dan kerah panjang yang terbuat dari kain berwarna solid

Dalam penggunaannya, orang biasanya memakai blazer sebagai pakaian formal. Tapi penggunaan blazer saat ini kerap dipakai untuk kebutuhan outfit kasual untuk menambah kesan estetika.

4. Rompi

Rompi jadi pakaian luar yang dibuat khusus untuk menambah sisi estetika pada tampilan. Umumnya bisa dikenakan di atas baju atau kemeja lainnya dan mampu menciptakan tampilan yang lebih profesional.

Bukan hanya dari jenis bahan yang digunakan, setiap rompi punya ciri khas pada desainnya. Beberapa rompi punya kancing atau resleting sebagai aksen tambahan pada penampilannya. Ada banyak model rompi yang bisa dipilih, tergantung pada kebutuhan.

5. Kimono

Terinspirasi dari busana tradisional Jepang, kimono jadi opsi outer yang banyak dipakai banyak orang. Mulai dari anak sampai dewasa, terutama bagi anak muda. Outer kimono punya pola yang longgar dan lebar, serta terbuat dari bahan yang ringan dan adem.

Biasanya, outer kimono hanya digunakan sebagai pakaian luaran saja untuk memberikan sentuhan gaya yang unik pada penampilan seseorang. Saat ini, outer kimono menjadi salah satu tren fashion yang sering diadopsi oleh industri fashion. Termasuk untuk para wanita berhijab.

Baca Juga: 7 Style Rompi Wanita dan Rekomendasi Outfitnya

6. Coat

Sebuah coat punya struktur yang beragam. Coat bisa dibawa dari satu tempat ke tempat lain. Pola coat lebih longgar dan lebar, bahkan ada yang panjangnya sampai mata kaki.

Coat bisa digunakan pada acara formal. Sangat cocok untuk kegiatan luar pada saat musim dingin. Kamu bisa coba padukan coat dengan dalaman apa saja, termasuk dress.

7. Jaket Cagoule

Cagoule adalah jenis pakaian luaran yang terdiri dari serat sintetis dan dilengkapi dengan tudung kepala. Cagoule bisa dibuat polos atau ditambah desain sendiri lewat jasa custom baju terpercaya.

@tshirtbarid

Perfect movie buat ngabuburit, ya JOHN WICK Chapter 4! Ayo tambah persiapan nonton kamu agar lebih fun dengan membawa custom merchandise totebag canvas carlito JW4 yang bisa dibuat di Tshirtbar! #johnwick #johnwick4 #fupシ #customtotebag #totebag

♬ nhạc nền – 如邓ndang – 如邓ndang

Teknik layering dengan jaket cagoule bisa cocok dengan pakaian apa saja. Salah satunya adalah kaos yang ditambah tote bag sebagai pemanis.

Bagaimana Tips Memadukan Outfit Layering Style?

tips memadukan outfit layering style

Ikuti tips berikut untuk bisa lihai dalam menerapkan gaya layering pada outfit terbaik versimu:

1. Perhatikan Panjang Outer

Pastikan luaran yang dipilih punya panjang yang sesuai agar tidak tampak terlalu kaku dan berantakan.

2. Jangan Overdo

Perlu diingat untuk tidak terlalu banyak memakai lapisan pakaian. Sebab terlalu over justru bisa buat penampilan terlihat gerah dan aneh.

3. Sesuaikan dengan Cuaca dan Acara

Tidak semua pakaian outer bisa cocok untuk kondisi cuaca dan event tertentu. Contohnya adalah jaket windbreaker yang tidak direkomendasikan bila dipakai pada musim dingin.

Baca Juga: 5 Style Casual Pria dan Inspirasi Outfitnya

4. Gunakan Warna dan Tekstur yang Berbeda

Kamu bisa padukan dua warna atau pilih dua bahan pakaian yang berbeda. Ini akan buat outfit semakin variatif.

5. Fokus Utama Adalah Pakaian Luar

Ketahui bahwa teknik layering lebih menunjukkan pakaian outer sebagai highlight utama. Jangan sampai tiap lapisan tidak selaras secara warna dan motif.

6. Tambahkan Aksen

Aksesoris seperti perhiasan bisa jadi statement untuk gaya layering. Kamu bisa pakai tas mini, kacamata hitam dan sepatu kulit atau sneakers.

Itu tadi beragam pakaian untuk layering style serta tipsnya. Sekarang kamu sudah bisa coba dengan berbagai busana untuk outfit harian. Tentunya dengan produk baju dan outer berkualitas dari Tshirtbar.

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 225