5 Rekomendasi Smart Casual Outfit untuk Sehari-hari

Smart casual outfit bukan cuma sekedar trend. Namun gaya busana tersebut kini sudah jadi pilihan utama. Semua orang tahu bahwa smart casual adalah pilihan terbaik ketika kamu harus menghadiri acara atau pertemuan dalam lingkungan bisnis. Tetapi masalahnya kebanyakan dari kita tidak tahu tahapan dalam cara berpakaian seperti hakikatnya smart casual itu sendiri

Outfit ini menarik dan nyaman. Meski tidak kaku namun  tetap sesuai untuk acara sosial, seperti acara meeting kolega dan merayakan hari ulang tahun keluarga. Jika kamu ingin menciptakan pakaian smart casual versi sendiri, berikut ini adalah ringkasan yang dapat membantu:

Apa Itu Smart Casual Outfit?

Cara berpakaian satu ini sering disebut sebagai setengah formal. Gaya smart casual paling sering ditemui di wilayah kantor yang tidak menerapkan aturan seragam. Atau di tempat tertentu yang di mana orang-orang tidak ingin berpakaian formal. 

Manfaat pakaian smart casual adalah tidak ada batasan pada penampilan. Dimana kita dapat mengekspresikan diri dengan bebas meskipun harus ke kantor atau datang ke acara tertentu yang sifatnya sedikit resmi.

Baca Juga: Ternyata Inilah Perbedaan Retro dan Vintage Style

Bagaimana Tips Memilih Smart Casual Outfit?

Pakaian smart casual adalah kombinasi sempurna antara gaya dan kenyamanan. Ada banyak pilihan yang tersedia untuk pakaian smart casual. Ketika berbicara tentang pakaian smart casual, hal yang paling penting adalah menemukan keseimbangan yang tepat antara bentuk dan fungsi. 

Ada banyak faktor yang dapat membantu untuk memutuskan pakaian apa yang akan dikenakan untuk pakaian bergaya smart casual. Ketahui beberapa di antaranya:

1. Tone Kulit

Tone kulit juga merupakan faktor dalam memilih kombinasi outfit yang tepat. Karena warna kulit setiap orang berbeda, ada warna pakaian yang akan terlihat bagus pada warna kulit tertentu. 

Palet warna yang dipilih biasanya yang punya rona gelap seperti coklat dan abu-abu. Dan memadukan warna yang lebih terang seperti putih dan krem. Semua warna tersebut bisa disesuaikan untuk berbagai tone kulit. 

2. Pola Baju

Pola adalah hal lain yang harus dipertimbangkan ketika memilih pakaian untuk pakaian smart casual. Namun, faktor satu ini tergantung pada seberapa banyak pola yang ada pada setiap bagian. 

Kamu perlu memastikan bahwa tidak ada terlalu banyak pola yang terjadi sekaligus. Sebab hal ini dapat membuat pakaian yang bagus jadi terlihat berantakan dan berlebihan. Kunci dari gaya smart casual adalah simpel dan terlihat sopan.

3. Bentuk Tubuh

Sama halnya dengan tone kulit, setiap manusia punya bentuk tubuh yang beragam. Ada yang kurus dan berisi. Di sinilah kamu ditantang untuk bisa memilih ukuran baju secara tepat.

Bentuk tubuh yang cenderung langsing lebih baik gunakan size sesuai. Lain hal dengan orang bertubuh sedikit berisi yang cocok dengan ukuran sedikit lebih besar. Hal ini jadi faktor bagaimana out akan terlihat.

4. Bahan Pakaian

Pemilihan kain pada pakaian tertentu dapat jadi pertimbangan lain. Dalam artian bahwa sudah selayaknya untuk memilih pakaian dengan kualitas bahan terbaik. Hal ini agar menghindari alergi atau kerusakan pada jangka pendek.

Gaya berpakaian kasual cerdas lebih leluasa dalam urusan dress code. Sesuaikan bahan dengan model baju juga menambah rasa nyaman saat dipakai.

Baca Juga: 7 Referensi Outfit Kuliah Pria dan Tips Memilihnya

Rekomendasi Smart Casual Outfit untuk Sehari-hari

Butuh referensi untuk produk pakaian yang cocok dengan gaya smart casual? Kamu bisa coba beberapa pilih berikut:

1. Baju Polo

baju polo

Baju dari hasil karya cipta Rene Lacoste ini memang tak termakan waktu. Baju ini sudah jadi produk paten bagi pecinta tren smart casual. Bahannya hangat tapi tetap nyaman bila dikenakan saat cuaca panas.

Smart casual harus bisa adaptasi dengan berbagai cuaca. Menggunakan baju polo tentu jadi pilihan paling aman, karena mudah di mix and match oleh celana apa saja.

2. Kemeja Pendek

kemeja pendek

Lupakan dulu kemeja panjang biasa. Mengapa tidak coba kemeja pendek ala pantai untuk bisa dikenakan lebih santau. Tapi yang perlu dicermati adalah bagaimana memilih celana yang pas.

Sebaiknya pilih kemeja pendek dengan motif sederhana. Gunakan celana formal seperti ankle pants atau celana chino. Ini akan buat tampilan jadi smart casual meski dengan kemeja pantai sekalipun.

3. Kaos Polos

kaos polos

Atasan dari bahan katun seperti kaos punya banyak keunggulan. Di satu sisi nyaman dan bisa dijadikan apa saja. Baik hanya kaos saja dan dalaman dari blazer untuk memberi kesan gagah.

Smart casual sifatnya juga lebih luwes dari pakaian formal. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadikan kaos sebagai andalan.

4. Dress

dress

Dress atau gaun jadi incaran para wanita. Dewasa ini ada banyak jenis dress yang tersebar di pasaran. Bila ingin coba dress santai tapi bisa untuk smart casual, t shirt dress adalah jawabannya.

T Shirt dress ada kesan feminim dan luwes. Pola bajunya pun tidak berlebihan, tapi tidak luput dari ciri khas baju wanita secara umum. Mudah dikombinasikan dengan flat shoes atau high heels.

5. Pocket T-Shirt

pocket tshirt

Produk satu ini adalah sebuah inovasi yang menggabungkan dua pakaian berbeda. Antara lain adalah kemeja dan kaos biasa. Bisa dilihat dari bahan kaos tapi ada saku di bagian dada. Ini tentu tampak seperti kemeja namun tanpa kerah.

Pocket T Shirt masih bisa masuk untuk kebutuhan outfit smart casual. Apalagi dengan celana bahan katun. Lebih maksimal lagi memakai sepatu boots.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Outfit Kondangan Remaja Pria dan Cara Memilihnya

Kunci utama dalam memilih smart casual outfit adalah bisa terlihat lebih santai. Namun satu hal pasti adalah untuk tidak meninggalkan sisi elegan dan tetap bisa tampil agak formal. Informasi lengkap tentang produk fashion bisa kamu konsultasikan lewat Tshirtbar.

CTA BANNER FASHIONWEAR

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *