6 Jenis Bahan Dryfit dan Kegunaannya

Jenis bahan dryfit ternyata bukan cuma satu. Ada ragam jenis yang disesuaikan untuk kebutuhan olahraga tertentu. Khusus di artikel kali ini, kami ingin bahas kain dryfit secara rinci.

Apa Itu Bahan Dryfit?

Dryfit adalah sebuah jenis kain yang dirancang khusus untuk kegiatan yang perlu banyak gerak. Kain ini sering kali digunakan pada pakaian olahraga, karena mampu menjaga kestabilan suhu tubuh pemakai serta menjaga tubuh tetap kering. Terdapat berbagai jenis kain dryfit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kain dryfit dibuat dari 100% serat sintetis yang memadukan beberapa jenis material kain, seperti polyester, spandex, dan nilon. Tingkat rasio untuk masing-masing material dalam campuran kain tersebut bervariasi sesuai kebutuhan penggunaannya. Sebagai contoh, jika ingin mendapatkan kaos atau pakaian lebih lentur, disarankan memilih jenis dry fit yang mengandung bahan spandex yang lebih banyak.

Karena pakaian dry fit dapat mengeringkan keringat jadi lebih cepat, artinya kamu tidak perlu berhenti sejenak untuk mengeringkan tubuh. Dalam hal ini, pakaian dari bahan dryfit mampu memberikan manfaat bagi para atlet maupun individu yang melakukan latihan fisik. Selain itu, bahan dry fit juga sangat cocok bahkan bagi mereka yang memiliki kulit yang sensitif. 

Baca Juga: Contoh Bahan Dryfit dan Berbagai Jenisnya

Apa Saja Jenis-jenis Bahan Dryfit?

apa saja jenis bahan dryfit

Terdapat jenis dryfit yang beragam dan cocok dipakai sebagai baju olahraga:

1. Dryfit Sisik

Kain dry fit sisik punya motif titik tebal seperti sisik yang memberikan saluran udara tambahan bagi tubuh. Jenis dryfit tersebut juga punya fitur quick dry, yaitu kemampuan menyerap keringat dan dengan maksud untuk mempercepat proses pengeringan keringat pada pakaian. 

2. Dryfit Titik

Dryfit titik atau nike adalah jenis kain dryfit yang terdapat pola titik kecil atau bintik-bintik sebagai motif dasarnya. Motif ini memberikan tambahan saluran udara sehingga bisa meningkatkan sirkulasi udara pada pakaian. Hal ini membantu dalam menjaga keringat tetap cepat mengering, serta memberikan kenyamanan dan fleksibilitas pada penggunanya.

Bahan kaos dryfit titik juga punya sifat permukaan yang lembut, ringan serta umurnya awet. Cocok untuk produk jersey futsal dan basket.

3. Dryfit Sehat

Kain jenis ini sering digunakan untuk membuat jersey olahraga, karena memiliki permukaan yang netral tanpa motif atau bintik-bintik, serta tidak terlalu tipis. Dryfit sehat lebih cocok digunakan untuk bahan produksi jersey sepak bola dan baju lari.

4. Dryfit Milano

Ciri utama dari dryfit milano adalah terdapat motif tekstur bergelombang di permukaannya. Hal ini tentu memberikan kesan premium pada produk jersey, paling cocok untuk dipakai berolahraga seperti sepakbola.

5. Dryfit Benzema

Jenis kain woven dengan motif dasar seperti sarang lebah atau hexagon dikenal sebagai honeycomb atau diamond weave. Motif ini banyak memiliki pori-pori ruang nafas untuk kulit dan membantu sirkulasi udara pada pakaian. Bahan ini biasanya digunakan untuk pakaian olahraga karena kelebihannya yaitu mudah menyerap keringat sehingga kainnya cepat mengering dan menjaga tubuh tetap sejuk.

Baca Juga: 5 Alasan Dryfit Cocok untuk Outfit Main Golf

6. Diadora

Jenis kain ini memiliki ciri-ciri yaitu memiliki kilauan ketika terkena sinar matahari, serta memiliki tampilan yang berbeda antara permukaan luar dan dalam. Kain ini sering digunakan sebagai bahan untuk pakaian olahraga karena ketebalannya yang cukup dan tidak menerawang. Kain ini tidak termasuk ke dalam kategori kain tipis dan tidak tembus pandang.

Bagaimana Kelebihan dan Kekurangan Bahan Dryfit?

Kelebihan dari bahan dryfit:

  • Ringan: Dryfit didesain agar bisa  menghilangkan keringat dan kelembaban dari tubuh. Bahannya yang ringan membuat  penggunanya tetap kering dan nyaman selama aktivitas fisik.
  • Tidak mudah rusak: Sifatnya tahan lama dan tidak mudah rusak. Artinya,  pakaian yang terbuat dari bahan ini tetap awet walau sudah digunakan berulang kali.
  • Anti alergi: Fitur dryfit memiliki kemampuan untuk mencegah iritasi kulit yang disebabkan oleh kelembaban dan keringat yang berlebihan.
  • Mudah Dirawat: Bahan dryfit mudah dicuci dan cepat kering, sehingga cara merawatnya pun tidak ribet sama sekali..

Kekurangan dari bahan dryfit:

  • Tidak cocok untuk musim dingin: Kain dryfit bahannya tipis dan breathable. Ini menyebabkan pemakai jadi merasa lebih dingin.
  • Harganya tinggi: Soal nominal, dryfit lebih mahal dari bahan lain karena punya segudang fitur yang optimal.
  • Kurang fleksibel: Kain dryfit lebih pas untuk dipakai olahraga dan kegiatan kasual. Makanya kurang cocok untuk kegiatan formal atau bisnis.

Apa Saja Kegunaan Bahan Dryfit?

kegunaan bahan dryfit

Beberapa contoh produk ini bisa kamu manfaatkan dari kain dryfit:

1. Jersey Sepak Bola

Menggunakan bahan dryfit pada jersey sepak bola bisa dipakai berulang kali. Sebab dryfit dikenal tidak mudah mengkerut. Selain itu, para pemain akan merasa lebih nyaman dan leluasa dalam bergerak karena bahan ini juga memiliki sifat elastis.

2. Celana Sports

Celana olahraga dapat menunjang kegiatan olahraga apa saja. Maka tak heran bila bahan dryfit dipilih sebagai komposisi utama dalam produksi celana tersebut.

Baca Juga: Jersey Sepeda Gunung yang Nyaman Digunakan

3. Baju Badminton

Olahraga badminton butuh kelincahan ekstra. Jadi tidak ada salahnya jika dryfit jadi bahan utama, karena punya sifat elastis.

4. T-Shirt

Baju seperti kaos juga bisa menggunakan bahan dryfit. Bahannya ringan dan nyaman bisa jadi alternatif untuk orang yang bosan dengan bahan cotton combed.

5. Singlet

Pakaian tanpa lengan ini cocok dipakai untuk olahraga dengan tingkat intensitas tinggi. Dryfit bisa menghilangkan keringat lebih cepat dari bahan lainnya.

6. Jersey Sepeda

Ada dua model jersey sepeda, lengan pendek dan model zipper. Fitur dari bahan dryfit ini yang akan memberikan performa ekstra bagi para pesepeda.

Bagaimana Cara Merawat Pakaian Jenis Bahan Dryfit?

Kemudian, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat pakaian dengan jenis bahan dryfit untuk tetap menjaga kualitasnya tetap baik dan tahan lama. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Jangan Disikat saat Mencucinya

Apabila jersey kamu terkena noda, disarankan untuk merendamnya terlebih dahulu dalam air hangat atau air biasa yang telah dicampur dengan detergen. Kemudian, kucek noda tersebut dengan lembut. Hindari menggunakan sikat untuk membersihkannya karena hal itu dapat merusak serat kain.

2. Jangan Direndam Terlalu Lama

Tak hanya bisa merusak serat benang kain yang terurai saat terendam dalam air, merendam pakaian bahan dryfit terlalu lama juga berisiko menyebabkan baju menjadi luntur dan meningkatnya pertumbuhan jamur pada kain.

3. Simpan di Tempat yang Kering

Kain drifit cenderung mudah menyerap kelembapan di tempat yang lembap, sehingga dapat menyebabkan timbulnya bau yang tidak sedap pada pakaian. Oleh karena itu, lebih baik menyimpannya di suhu ruang yang kering dan menyediakan pewangi lemari untuk menjaga kesegaran pakaian.

Jika ingin order baju olahraga dengan jenis bahan dryfit yang beragam, kamu bisa langsung kontak team sales Tshirtbar pada banner di bawah ini.

CTA Banner Sportswear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224