Contoh Bahan Dryfit dan Berbagai Jenisnya

Kain dryfit banyak dipilih oleh sebagian tim olahraga. Ini karena dryfit memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Beberapa di antaranya adalah cepat kering, sejuk, ringan, dan mudah ketika dicuci. Di samping itu, dryfit pun mampu menyerap keringat dengan cepat. Bahan utama dryfit ialah campuran antara nilon, polyester, dan spandex. Berikut beberapa contoh bahan dryfit dan berbagai jenisnya yang perlu Anda ketahui.

 

Dryfit smash

Jenis kain dryfit yang pertama adalah smash. Ciri kain jenis ini adalah pori-porinya mirip dengan biji mentimun. Sususnannya pun seolah membentuk pola persegi panjang yang berurutan. Sifat kain dryfit smash ini anti bakteri dan anti UV, membuatnya tidak mudah bau ketika basah oleh keringat.

 

Dryfit wave

Selanjutnya adalah dryfit jenis wave. Motif ini bisa dibilang adalah motif baru yang sangat diminati oleh tim olahraga. Corak motifnya memang nampak seperti ombak, sehingga dinamakan dengan dryfit wave. Keunggulan lainnya dari dryfit wave ialah sifat anti UV dan juga anti bakteri yang membuat pemakainya lebih nyaman dan terbebas dari kuman penyebab penyakit saat sedang beraktivitas di luar.

Baca Juga: Kenali Jenis Bahan Dry Fit untuk Kaos

Dryfit rabbit

Sama halnya dengan wave, dryfit rabbit dilengkapi pula dengan fitur kain yang bersifat anti bakteri dan anti UV. Hal yang membedakannya dari dryfit lainnya ialah dari segi motif. Bila wave terlihat seperti ombak, maka rabbit cenderung memiliki motif seperti belah ketupat.

 

Dryfit Mtiis

Jenis dryfit Mtiis memang paling banyak dipilih dan digunakan oleh sebagian besar tim olahraga. Hal itu karena jenis kain ini termasuk salah satu yang terbaik dengan pori-pori yang berbentuk zig-zag di permukaannya. Tekstur kainnya pun sangat halus dan mampu menyerap keringat dengan baik. Begitu juga dengan kelembutannya yang memberikan rasa nyaman kepada pemakainya ketika berolahraga.

 

Dryfit Nike

Bila menyebut nama Nike, mungkin benak kita akan tertuju pada brand olahraga yang sangat terkenal di dunia. Ya, memang contoh bahan dryfit ini terinspirasi dari pakaian olahraga yang dijual brand olahraga tersebut. Ciri khasnya adalah memiliki pori menyerupai lubang jarum dan merata di setiap bidangnya. Penggunanya pun bisa lebih nyaman dan tetap merasa sejuk saat olahraga. Di pasaran, jenis kain dryfit Nike dikenal pula dengan sebutan dryfit sido.

 

Dryfit MU

Dari sekian contoh bahan dryfit yang ada, bisa dibilang dryfit MU ini cukup unik. Permukaannya memiliki motif layaknya sisik ikan. Di pasaran, jenis dryfit ini memang mudah dikenali karena motif kainnya yang beda dari yang lain. Kainnya pun terasa sangat ringan dan sejuk, sehingga nyaman untuk digunakan, bahkan ketika Anda melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat sekalipun.

 

Dryfit polymesh atau wafel

Sama halnya seperti contoh bahan dryfit MU, jenis polymesh juga memiliki bentuk unik layaknya kue waffle. Maka tak heran jika banyak orang pun menyebutnya dryfit wafel. Keunggulan dari jenis polymesh adalah teksturnya yang cukup elastis. Selain itu, kain ini juga sejuk ketika digunakan. Anda pun tak perlu khawatir saat melakukan olahraga berat karena bahan jersey ini mampu menyerap keringat dengan baik.

 

Dryfit sulkul

Dryfit jenis sulkul biasa juga dikenal dengan istilah dryfit bobin. Dari teksturnya, kain ini memang terlihat lembut dan sejuk saat dikenakan. Hal itu karena pori-pori yang ada pada kain jenis ini cukup lebar. Biasanya, jenis sulkul banyak digunakan untuk jersey sepak bola. 

 

Dryfit jala erbin

Untuk contoh bahan dryfit jala erbin, bentuk pori-porinya menyerupai jarum. Susunannya pun menyerupai sebuah jaring. Tak heran bila disebut dengan istilah jala. Untuk teksturnya sendiri, permukaannya dikenal lembut dan rata. Bila Anda penggemar olahraga outdoor dan olahraga yang berat, maka jenis dryfit jala erbin sangat cocok untuk dijadikan pilihan.

 

Dryfit ferrari

Contoh bahan dryfit yang terakhir adalah jenis ferrari. Cirinya adalah memiliki tekstur pori-pori yang rapat. Bila dilihat dari segi teksturnya, kain jenis ini memang dikenal ringan dan lembut untuk olahraga. Selain itu, daya regang atau stretch-nya cukup tinggi, begitu juga dengan daya serapnya. Maka tak heran banyak yang menggunakannya sebagai baju untuk olahraga karena nyaman dan selalu terasa kering saat digunakan. 

 

Itulah beberapa contoh bahan dryfit dan berbagai jenisnya yang bisa dijadikan pilihan untuk pakaian olahraga . Dalam memilih dryfit, Anda pun perlu memastikan penyedia jasa konveksi yang terpercaya agar mendapatkan hasil yang terbaik. Salah satunya adalah Tshirtbar, di mana Anda bisa temukan berbagai macam jenis dryfit sesuai dengan kebutuhan.

Founder and CEO at Tshirtbar
began my entrepreneurship journey back in 2013 after spending sometime working for a multinational company. Tshirtbar was established to meet the growing demand of customized apparel in Indonesia. I believe that incorporating technology into the custom apparel industry can provide great values and services for Tshirtbar's customers. Apart from entrepreneurship, being a cancer survivor, I also have a passion in fitness and healthy diet. I am based in Jakarta.
Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *