7 Rekomendasi Desain Kaos Streetwear Terbaik

Beragam desain kaos streetwear mulai mengalami perkembangan dari zaman ke zaman. Walaupun sebenarnya konsep pakaian seperti streetwear terkenal pada tahun 90-an, akan tetapi di zaman sekarang mulai bermunculan konsep-konsep menarik.

Streetwear adalah gaya berpakaian yang pertama kali muncul di New York pada tahun 70-an mengikuti trend anak hip hop. Gaya streetwear mencakup beberapa elemen seperti anak skateboard di Jepang, punk, dan sporty. Ada banyak pilihan model desain kaos streetwear sebagai berikut:

Apa Itu Gaya Streetwear

Sebenarnya streetwear sudah ada sejak tahun 70-an, hanya saja baru berkenal di tahun 90-an. Sebelumnya orang-orang menggunakan model pakaian streetwear dinilai sebagai seorang pemberontak. Walaupun demikian, kini sudah ada banyak orang yang menggunakan model tersebut.

Sekarang jenis pakaian ini sudah ada banyak bentuknya yaitu berupa sneaker, baseball cap, hoodie, t-shirt, dan jeans. Gaya berbusana anak hip hop semakin dikenal banyak orang setelah selebritas internasional menggunakannya seperti Pharrel William, Justin Bieber, Kanye West dan sebagainya.

Sejak saat itu pasar pakaian ini semakin mengalami peningkatan seperti awalnya hanya dipakai oleh anak laki-laki hip hop menjadi pakaian hampir semua orang. Seiring dengan berkembangnya zaman, model pakaian ini sudah lebih variatif dalam bentuk kemeja, rok, dan dress.

Lalu siapa penguasa pasar model pakaian ini? Dulu pada tahun 70-an brand pakaian-pakaian olahraga seperti Adidas, dan Fila mulai membuat desain kaos streetwear yang bervariatif. Pada tahun 80-an ada Shawn Stussy juga turut merancang baju ala anak skaters.  

Begitu pula dengan saat ini label-label pakaian terkenal melakukan kolaborasi untuk membuat desain yang menarik dalam jumlah terbatas. Contohnya mendiang Virgil Abloh yang ikut andil sebagai creative director di Louis Vuitton, dimana beliau juga merilis koleksi seasonal dengan gaya yang lebih streetwear.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Desain Kaos Lengan Panjang Anda Tidak Lagi Membosankan

Bagaimana Cara Desain Kaos Streetwear

Apabila kamu tertarik untuk membuat pakaian model seperti itu, ketahui dulu bagaimana cara membuatnya. Biasanya untuk mode pakaian memanfaatkan aplikasi seperti Corel Draw atau Adobe Photoshop karena fiturnya lengkap. Tetapi sebelumnya bisa mengikuti langkah berikut:

1. Mengetahui Tujuan Membuat Kaos

Sebelum masuk ke pembuatan desain kaos streetwear, kamu perlu tahu apa  tujuan dari pembuatan pakaian tersebut. Apabila tujuan membuat pakaian untuk publikasi dan promosi, berarti ada nama brand yang harus diprioritaskan dalam pakaian.

2. Menentukan Budget

Langkah kedua setelah menentukan tujuan adalah dengan menentukan budget pembuatan pakaian. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan di masa mendatang. Apabila sudah tahu berapa biaya seluruhnya bisa langsung membuat baju.

3. Mulai Menentukan Konsep

Langkah ketiga adalah mulai membuat desain kaos streetwear atau konsepnya. Jika ingin menggunakan model tersebut sebaiknya dikumpulkan terlebih dahulu. Semua informasi meliputi streetwear seperti apa modelnya dan berapa modal untuk membuat baju tersebut.

Menentukan konsep tidak dapat dilakukan sendirian, Jika bisa berdiskusi dengan teman atau partner agar lebih mudah.

4. Melakukan Hasil Konsep Tersebut

Jika sudah selesai membuat konsep, kamu bisa melakukan evaluasi terlebih dahulu. Pastikan bahwa konsep tersebut memang sudah sesuai dengan keinginan dan bertanya kepada orang sekitar apakah  sudah pas atau belum. Jika masih ada yang kurang kamu bisa langsung memperbaikinya.

Baca Juga: Desain Kaos Kekinian yang Sesuai Tren

Rekomendasi Desain Kaos Streetwear

Buat kamu yang masih bingung bagaimana gaya dari kaos ala anak hip hop, ada beberapa rekomendasi di bawah ini. Desain baju anak hip hop ini memang sangat menarik dan out of the box.

1. Desain Kaos dengan Graffiti

desain kaos graffiti

Pilihan pertama jatuh kepada gambar grafiti. Biasanya seni gambar ini sering ditemukan di berbagai sudut jalanan. Tapi sekarang desain ini juga bisa diaplikasikan ke pada berbagai medium, termasuk kaos. Gambarnya yang keren juga bikin tampilan kamu makin streetwear.

2. Desain Kaos Typography

desain kaos typography

Kedua, ada pilihan kaos dengan desain typography. Secara teori, tipografi punya arti sebagai desain yang hanya mengandalkan unsur abjad atau huruf saja. Hasil yang didapatkan pun tidak terlalu mencolok. Namun di satu sisi juga bisa buat outfit kamu semakin fresh.

3. Desain Kaos Polos

desain kaos polos

Kamu tidak mau ada gambar pada kaos? Tenang, menggunakan kaos polos bisa buat tampilan kamu makin catchy tentunya. Kaos oversize dengan celana jeans adalah pasangan baik untuk OOTD kapan saja. Kedua produk ini sifatnya timeless dan simple.

4. Desain kaos fotografi

desain kaos fotografi

Apakah kamu sering mengabadikan momen dalam waktu tertentu? Jika iya, coba kamu bisa kreasikan hasil potretmu untuk dijadikan gambar pada kaos. Kamu bisa menambah kepuasan tersendiri atas hasil karya yang sudah diciptakan. Dengan hasil fotografi sendiri pun, kamu bisa terbebas dari isu hak cipta.

Baca Juga: Contoh Desain Kaos Polos Lengan Panjang Vector

5. Desain Kaos Double-Layer

desain kaos double layer

Baju panjang tentu bisa jadi pilihan lain. Apalagi kalau dibuat lebih youthful. Contohnya bisa kamu lihat dari kaos double-layer long sleeve. Pada bagian lengan, ada lapisan pendek dan panjang. Look-nya jadi semakin bervolume dan tampil beda.

6. Desain Kaos Ilustrasi

desain kaos ilustrasi

Gambar memang bisa menambah kesan estetika untuk barang apapun. Sama halnya dengan gambar kaos. Ilustrasi bisa mengambil tema ceria, identitas brand atau ingin mengenalkan bisnis fashion kamu.

7. Desain Kaos Pocket

desain kaos pocket

Mungkin kamu jenuh dengan gambar kaos yang diletakkan di bagian tengah. Sekarang, cobalah untuk merancang gambar untuk area kiri atau kanan dada. Tentukan luas area desain yang pas. Contohnya bisa dilihat dari brand Anti Social-Social Club.

Baju model streetwear adalah baju anak hip hop yang terkenal sejak tahun 70-an. Seiring dengan berkembangnya zaman, baju model ini banyak peminatnya hingga mulai bermunculan desain kaos streetwear yang keren dan estetik. Kamu bisa custom sendiri hanya di Tshirtbar. Banyak pilihan baju dan jaket dan bisa kamu jadikan look ala streetwear.

Custom Produk Tanpa Minimal

Contributor and Creative at Tshirtbar at Tshirtbar
Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *