8 Cara Mengatasi Resleting Rusak dan Penyebabnya

Cara mengatasi resleting rusak sepertinya wajib untuk diketahui oleh orang-orang yang senang menggunakan tipe pakaian dengan pengait besi ini. Bentuk kerusakannya bisa saja seperti macet atau giginya rusak.

Kerusakan ini tentunya sangat mengganggu jika terjadi dalam kondisi terdesak, seperti di tempat umum. Makanya, kamu perlu banget tahu cara praktis untuk mengatasi resleting rusak tersebut.

Bagaimana Cara Mengatasi Resleting Rusak?

Ketika mendapati pakaian, tas, atau celana dengan resleting rusak, mungkin sebagian orang berpikir untuk membuangnya saja atau menjahit dengan pengait baru. Jangan dulu diganti atau dijual, ya. Sebaiknya coba perbaiki lebih dulu dengan cara berikut ini.

1. Beri Pelumas Berbahan Grafit

Kerusakan yang paling umum terjadi pada resleting adalah macet sehingga tidak bisa ditarik dengan sempurna. Salah satu cara mengatasi resleting rusak dengan instan adalah menggunakan pelumas berbahan grafit. Bahan grafit bisa didapatkan dari bagian tinta pensil.

Caranya oleskan ujung pensil yang berwarna hitam pada gigi-gigi pengait. Kemudian coba untuk menarik resleting setelah diasah dengan grafit dari pensil tersebut. Jika masih terasa macet atau tarikan resleting masih kasar, ulangi lagi cara tersebut hingga tarikan menjadi halus.

2. Bersihkan Kotoran yang Menumpuk di Sela Gigi Resleting

Adanya kotoran pada bagian sela pengait bisa juga menjadi penyebab kaitan sulit ditarik. Mungkin saja ada benang atau kapas yang menghambat dan perlu dibersihkan. Cara untuk mengatasinya tentu saja dengan menyingkirkan kotoran tersebut menggunakan lap bersih.

Jika terdapat benang yang ikut masuk ke dalam geriginya, cobalah untuk keluarkan secara perlahan. Namun, jika kotoran yang menghambat seperti debut maka bisa menggunakan sabun untuk membersihkan resleting yang macet tersebut.

3. Perbaiki Posisi Gigi Resleting yang Bengkok

Cara mengatasi resleting rusak berikutnya adalah dengan memperbaiki bagian yang bengkok. Coba perhatikan kembali bagian gerigi yang bisa saja terdapat bagian yang bengkok sehingga resleting sulit untuk diulur.

Jika menemukan ada posisi gerigi yang bengkok, maka perbaiki secara perlahan dengan mengaturnya kembali pada posisi semula. Cara untuk memperbaiki bengkok tersebut bisa dengan gunting atau tang yang ujungnya runcing.

4. Oleskan dengan Air dan Sabun Cuci

Tidak ada kotoran dan tidak ada gerigi yang bengkok, tapi tarikan pengait masih saja macet? Jika menemukan kondisi tersebut, maka kamu bisa menggunakan sabun cuci sebagai alternatif.

Caranya ambil sedikit sabun cuci dan aduk hingga berbusa. Kemudian gunakan sikat kecil untuk mengoleskan sabun berbusa tersebut pada bagian gerigi. Fungsinya adalah sebagai pelumas agar gerak pengait menjadi lebih halus.

5. Oleskan dengan Minyak atau Lotion

Jika kamu mengalami kerusakan resleting saat di rumah, maka bisa memanfaatkan minyak atau lotion sebagai pelumas. Bahan ini lebih efektif karena lebih licin dibandingkan grafit dan sabun cuci.

Cara mengatasi resleting rusak satu ini juga mudah untuk dilakukan, cukup ambil lap bersih dan oleskan minyak atau lotion pada bagian gerigi yang bermasalah. Lakukan terus hingga tarikan terasa lebih halus.

6. Menggunakan Lilin

Salah satu cara mengatasi resleting yang cukup umum dilakukan adalah dengan mengoleskan lilin pada gigi resleting yang macet. Dengan cara ini, gigi resleting akan dilumasi dan resleting dapat digerakkan dengan lancar. Oleskan lilin secara berulang pada seluruh gigi resleting, kemudian tarik resleting secara perlahan. Lakukan cara ini beberapa kali hingga resleting dapat digerakkan dengan mudah dan kembali berfungsi dengan baik.

7. Mengurangi Tekanan pada Resleting

Terkadang, ketika kamu membuka dan menutup resleting dengan cepat, kamu pernah mengalami resleting tas yang tidak mau menyatu. Hal itu juga cukup umum terjadi saat berada di jalan tanpa melakukan apapun, tas bisa terbuka sendiri karena resletingnya tidak menempel.

Untuk mengatasi masalah tersebut, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengurangi tekanan pada resleting. Tekanan atau tarikan pada resleting seringkali disebabkan oleh isi tas yang terlalu penuh atau melebihi kapasitasnya. Oleh karena itu, kamu dapat memindahkan beberapa barang supaya isi tas tidak terlalu penuh.

8. Membawanya ke Tempat Jahit

Jika cara-cara sebelumnya belum berhasil dalam memperbaiki masalah resleting yang sulit ditutup atau sering rusak, maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah membawa resleting tersebut ke toko resmi (khusus resleting tas) atau tempat jahit.

Bagaimana Cara Mengatasi Resleting Jaket yang Rusak?

Setelah memahami beberapa cara memperbaiki ritsleting tas yang rusak atau mecet diatas, jaket adalah salah satu pakaian yang seringkali memiliki resleting dan tidak jarang mengalami kerusakan. Berikut ini terdapat langkah-langkah yang bisa kamu terapkan untuk memperbaiki resleting jaket yang rusak.

  • Memeriksa kerusakan. Apabila resleting jaket macet, maka periksalah secara detail untuk mengetahui tingkat kerusakannya. Kamu dapat memperbaikinya dengan mudah jika terdapat salah satu gigi yang hilang di bagian resleting, kepala resleting bengkok, atau kepala resleting terlepas.
  • Melepaskan penahan resleting bagian atas. Lepaskan penahan resleting bagian atas (top stop) jaket dengan menggunakan tang. 
  • Memperbaiki atau mengganti kepala resleting. Gerakkan kepala resleting ke atas dan periksa kepala resleting dari samping. Jika terdapat celah antara bagian atas dan bawah kepala resleting tersebut tidak sejajar. Hal itu membuat kepala resleting tidak dapat menutup gigi resleting dengan benar, sehingga keduanya terpisah. Anda dapat membengkokkan kepala resleting dengan tang secara perlahan atau menggantinya dengan yang baru.
  • Memasang kepala resleting. Carilah bagian resleting yang mempunyai keping persegi di bagian bawah. Kemudian masukkan gigi resleting ke bagian dalam kepala resleting.
  • Mengganti penahan resleting bagian atas. Letakkan penahan bagian atas di atas kumpulan gigi ritsleting. Anda bisa memakai tang untuk mengencangkan penahan tersebut kepada tempatnya. Tekan sebanyak 4 samapi 5 kali untuk mengencangkannya.

Baca Juga: 5 Jenis Jaket Pria yang Perlu Kamu Ketahui

Apa Saja Penyebab Resleting Rusak?

penyebab resleting rusak

Setelah tahu cara memperbaiki resleting yang rusak, tentu muncul pertanyaan, kok bisa resleting mengalami kerusakan? Salah satu pemicu yang cukup umum ditemui adalah kesalahan dalam mencuci pakaian. Untuk lebih lengkapnya tentang penyebab resleting rusak, berikut ini informasinya.

1. Kurang Licin

Penyebab pertama kerusakan bisa saja karena barang tersebut sudah jarang digunakan sehingga resleting menjadi kasar. Kondisi ini cukup mudah untuk diatasi yaitu cukup menggunakan pelumas saja. Pelumas yang bisa digunakan seperti sabun, lotion, minyak, grafit, dan lainnya.

2. Gerigi Bengkok

Resleting rusak berikutnya juga bisa disebabkan karena adanya bagian gerisi yang bengkok. Mungkin saja terhimpit atau tertarik dengan keras sehingga posisi gerigi sudah tidak pada tempatnya. Penyebab paling sering dari gerigi yang bengkok adalah karena menggunakan mesin cuci untuk mencuci barang dengan resleting tersebut.

3. Terdapat Kotoran atau Kain

Adanya kotoran atau kain yang ikut masuk pada bagian kepala pengait bisa saja menjadi penyebab kerusakan. Seringkali pada bagian pengait terdapat jahitan yang tidak sengaja ikut tertarik dan membuat tarikan menjadi keras. Jika menemukan kondisi seperti ini sebaiknya jangan dipaksakan, tapi periksa dan keluarkan kotoran atau kain secara perlahan.

4. Memasang resleting tidak sempurna

Kondisi yang paling sering ditemukan berikutnya adalah gerigi tidak mau menyatu walaupun sudah ditarik. Salah satu penyebabnya adalah karena pemakaian yang tidak teliti dan membiarkan kaitan tidak ditarik hingga ke bagian ujung sehingga menjadi longgar.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Baju Lama Menjadi Modis Seperti Baru

Bagaimana Cara Menjaga Agar Resleting Tidak Mudah Rusak?

cara menjaga agar resleting tidak mudah rusak

Ternyata resleting merupakan elemen pakaian yang cukup penting, tapi sering diabaikan perawatannya. Tidak heran jika banyak produk menggunakan pengait tersebut cepat rusak. Mungkin saja kamu salah dalam menjaganya, mulai sekarang coba rawat produk fashion yang memiliki resleting dengan cara ini.

1. Jangan Terlalu Dipaksa

Cara untuk merawat barang yang memiliki resleting sebenarnya cukup mudah. Pertama jika kamu menemukan masalah pada saat menggunakannya, maka jangan paksakan untuk menariknya. Tapi, cara tahu apa sekiranya yang menjadi penyebab menggunakan cara di atas untuk mengatasinya.

2. Hindari Penggunaan Mesin Cuci

Perawatan resleting yang paling penting berikutnya adalah ketika mencuci sebaiknya jangan menggunakan mesin cuci. Penggunaan mesin cuci dapat membuat benang tersangkut pada bagian gerigi. Selain itu juga bisa membuat gerigi menjadi bengkok dan rusak.

3. Jangan Dipaksa Jika Sudah Tidak Muat

Agar barang dengan resleting bisa awet, maka jangan paksakan jika tidak muat. Misalnya saja pada tas, seringkali dijumpai pengguna tas memaksakan resleting agar menutup dengan kondisi dalamnya yang padat. Ini akan membuat resleting menjadi lebih cepat rusak, loh.

Baca Juga: Ketahui Tabel Ukuran Kemeja Pria Dewasa dan Cara Menentukannya

Nah, itulah cara mengatasi resleting rusak hingga tips menjaganya agar tetap awet. Selain merawat, jangan lupa juga untuk memilih pakaian yang memiliki kualitas resleting terbaik. Kamu juga bisa konsultasikan langsung ke Tshirtbar.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 224