7 Cara Membuat Baju Lama Menjadi Modis Seperti Baru

Kebanyakan orang pasti pernah merasa tidak punya baju untuk dipakai. Padahal masih ada banyak baju layak di lemari. Maka dari itu kamu perlu mengetahui cara membuat baju lama menjadi modis kembali.

Akibatnya, kamu bisa manfaatkan barang dan mengurangi hidup boros. Ada banyak cara untuk membuat baju lama jadi tambah keren dan berguna.

Bagaimana Cara Membuat Baju Lama Menjadi Modis?

bagaimana cara membuat baju lama menjadi modis

Memanfaatkan baju lama yang memenuhi lemari menjadi pakaian yang lebih modis bukan mustahil dilakukan. Hal ini pastinya sangat bermanfaat, terlebih bagi kamu yang seisi lemari penuh dengan baju lama tapi tak kunjung dipakai. Ada baiknya jika kamu coba tips berikut:

1. Gabungkan Kaos dan Kemeja Menjadi Sebuah Tunik Cantik

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk merubah pakaian lama agar lebih modis lagi adalah dengan menggabungkan kaos dan kemeja menjadi sebuah tunik yang cantik. Namun pastikan jika warna dari kemeja dan kaos itu senada dan serasi agar tampak modis.

Lalu potong bagian atas kemeja kemudian segera satukan keduanya dengan cara menjahit bagian tengahnya, jadikan kaos sebagai bagian atas dan kemeja di bagian bawah. Hal ini tentunya membuat keduanya menjadi sebuah tunik yang keren.

2. Tambahkan Kancing Pada Sweater Lama

Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat kancing di sisi kanan atau kiri sweater. Cukup buat tiga kancing saja, usahakan memilih kancing yang terlihat agak unik dan berukuran cukup besar agar tampak menjadi pemanis di sweater tersebut.

Baca Juga: Jangan Salah, Ternyata Ini Cara Mengukur Baju yang Benar

3. Ubah Kemeja Putih Menjadi Rok Pendek

Selanjutnya kamu juga bisa menyulap kemeja yang tak terpakai menjadi sebuah rok yang tampak elegan saat dipakai. Pastinya style ini membuat kamu berbeda, tak akan ada orang yang menyangka jika rok tersebut terbuat dari bekas kemeja.

4. Ubah Sweater Lama Menjadi Cardigan Cantik

Caranya adalah dengan menggunting bagian depan sweater lalu buatlah seperti cardigan yang bisa dengan mudah di buka tutup dari bagian depan. Jika sweater telah menjadi cardigan, pastinya baju lamamu lebih modis bukan?

5. Ubahlah Kemeja Lama Menjadi Chic Top

Jika kamu bosan dengan kemeja-kemeja lama, kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah chic top yang indah seperti baru. Dengan mengubahnya kamu bisa memotong bagian lengan panjang kemeja lalu setelah itu rapihkan.

6. Buatlah Kaos Oversize Menjadi Blouse Cantik

Jika kamu bosan dengan kaos oversize, ini saatnya untuk mengubahnya menjadi sebuah blouse yang cantik. Baju oversize lamamu pastinya akan terlihat sangat modis ketika diubah menjadi sebuah blus cantik.

7. Ubah Jeans Lama Menjadi Maxi Dress

Kamu bisa menggunakan jeans lamamu untuk bagian atas maxi dress, sedangkan bagian bawahnya kamu bisa mencari dress lama yang jarang dipakai. Kemudian gabungkan keduanya dengan mesin jahit. Dress cantik itu akan memiliki tampilan baru dan modis.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Produk Sendiri Mulai dari Nol

Bagaimana Tips Membuat Baju Lama yang Kekecilan Menjadi Lebih Besar?

tips membuat baju lama yang kekecilan menjadi lebih besar

Saat melihat lemari yang berisi baju lama, pastinya ada keinginan untuk memakainya kembali. Apalagi jika baju tersebut memiliki kenangan tertentu, tapi karena telah lama tidak kamu pakai dan berat badanmu yang naik sehingga baju-baju tersebut tak muat alias kekecilan di tubuhmu.

Jika hal ini terjadi padamu tak usah khawatir, berikut tips membuat baju lama yang kekecilan menjadi lebih besar:

1. Memakai Sampo Bayi dan Kondisioner

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan sampo bayi dan kondisioner. Langkah-langkahnya yakni siapkan air hangat di ember, lalu campurkan sekitar 2 sendok sampo bayi dan kondisioner ke dalam ember air hangat.

Rendam baju yang kekecilan tersebut sekitar 30 menit, biarkan hingga waktunya tiba dan jangan mengucek atau menggosoknya dengan sikat. Jika sudah, angkat lalu pindahkan baju tersebut dalam ember air hangat bersih tanpa adanya sabun.

Setelah itu peras dan angkat baju dengan memegang bagian pundak baju sambil sesekali menggerakkannya ke atas dan bawah. Baju tersebut akan sedikit mengendur karena panasnya air.

Langkah selanjutnya yakni jemur baju di ruangan berventilasi dan jauh dari terik matahari, jika sudah setrika baju tersebut.

2. Buat Baju Tampak Lebih Besar dengan Renda

Caranya adalah dengan memotong bagian kanan dan kiri baju yang kekecilan. Setelah itu ukur renda dengan ukuran yang pas, dan pasangkan renda tersebut di kanan dan kiri baju. Pastinya bajumu yang kekecilan akan lebih besar dengan bantuan renda.

Namun perlu diingat jika kamu menambahkan renda pada baju yang kekecilan tersebut, kamu perlu untuk memakai tank top karena renda akan membuat bajumu menjadi transparan pada bagian samping.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Serat Kain yang Rusak dengan Mudah

Rekomendasi Mix and Match Baju Lama Menjadi Modis

Jika kamu memiliki baju lama yang jarang dipakai, cobalah untuk mix and match baju tersebut agar terlihat lebih modis. Berikut rekomendasinya yang bisa kamu tiru:

1. Lakukan Layering Pakaian

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan layering pakaian, yakni dengan memakai inner seperti bahan kaos di dalam dan memakai blazer atau cardigan. Selain menggunakan inner kaos, kamu juga bisa menggunakan dress polos dan padukan dengan cardigan atau blazer.

Pastinya kamu akan nampak modis dan baju lamamu akan terlihat baru ketika kamu memakainya dengan cara ini.

2. Pahami Color Wheel atau Roda Warna

Dengan memahami ini pastinya kamu akan lebih berani untuk memadukan berbagai macam warna baju lamamu. Karena tak selamanya baju harus dipasangkan dengan warna senada. Misalnya memadukan pakaian orange dengan bawahan berwarna coklat akan tampak serasi.

3. Gunakan Tes Ombre

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan tes ombre, atau melakukan eksperimen untuk memadukan warna gelap dengan warna yang agak terang. Caranya adalah cari baju yang warna yang tonenya masih sama seperti biru tua dan biru muda.

Kamu juga bisa memadukan baju yang berwarna terang ke warna gelap. Misalnya memakai baju berwarna biru muda atau langit dan memakai bawahan berwarna biru tua.

Baca Juga: Cara Melipat Kaos Lengan Panjang dengan Cepat dan Mudah

Itulah beberapa cara untuk membuat baju lamamu menjadi modis kembali. Sudah selayaknya kita punya baju dengan kualitas bagus supaya bisa digunakan dalam jangka panjang. Manfaatkan juga baju lama di lemari untuk tampil keren.

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *