Ketahui Tabel Ukuran Kemeja Pria Dewasa dan Cara Menentukannya

Tabel ukuran kemeja pria dewasa sangat variatif, bahkan setiap negara memiliki standar yang berbeda. Untuk kamu yang ingin memberikan hadiah kemeja pada pasangan, penting sekali untuk tahu detail ukuran yang tepat.

Pasalnya memilih ukuran yang tepat akan menjadi tolak ukur nyaman atau tidaknya kemeja tersebut saat dikenakan. Oleh karena itu, jangan sampai salah memilih ukuran.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menentukan ukuran kemeja pria dewasa. Salah satunya bisa dilihat dari tabel ukuran kemeja pria dewasa, berikut ini panduan lengkapnya.

Bagaimana Tabel Ukuran Kemeja Pria Dewasa?

bagaimana tabel ukuran kemeja pria dewasa

Setiap produk fashion umumnya memiliki tabel ukuran yang menjadi patokan sebelum menghasilkan sebuah desain. Ini karena ukuran untuk anak-anak, orang dewasa, pria, dan wanita itu pada dasarnya berbeda.

Dari tabel tersebut bisa menjadi patokan yang menentukan apakah ukuran tersebut kategori M, S, L, atau XL. Biasanya ada beberapa bagian yang menjadi tolak ukurnya, yaitu panjang bahu, lebar dada, dan panjang lengan. Namun tidak dipungkiri bahwa ada toleransi jahitan sekitar 1 hingga 1,5 cm.

Untuk kemeja sendiri, variasi ukuran lebih banyak dengan menjadi beberapa bagian tubuh sebagai patokan. Terlebih produk fashion seperti kemeja memang lebih tepat jika dikenakan dengan ukuran yang sesuai bentuk tubuh.

Berikut ini informasi mengenai tabel ukuran kemeja pria dewasa yang umumnya digunakan sebagai patokan di Indonesia.

1. Ukuran XS

Ukuran XS merupakan potongan kemeja paling kecil untuk pria dewasa. Model ini digunakan untuk pria yang memiliki ukuran tubuh seperti berikut ini.

Panjang baju: 62 cm

Lebar dada: 43 cm

Panjang Lengan: 19 cm

Pria dewasa dengan proporsi tubuh yang kecil atau petite sebaiknya mengenaikan ukuran ini. Walaupun tampak kecil, namun jika dikenakan pas ke tubuh, maka akan terlihat lebih rapi. Ukuran XS hanya terdapat pada produk kemeja semi formal, seperti baju polo.

2. Ukuran S

Kategori S biasanya banyak menjadi pilihan pria dewasa Asia yang bertubuh kecil dan pendek. Model potongan ini memiliki ukuran sebagai berikut.

Panjang baju: 68 cm

Lebar dada: 50 cm

Panjang Lengan: 20 cm

Kemeja ukuran S memiliki tinggi yang sedikit berbeda dengan XS. Panjang lengannya hanya beda 1 cm dari ukuran XS.

3. Ukuran M

Memiliki postur tubuh yang lebih pendek tapi sedikit berisi, maka bisa memilih ukuran M untuk kemeja. Patokan model ini memiliki spesifikasi ukuran sebagai berikut.

Panjang baju: 71 cm

Lebar dada: 53 cm

Panjang Lengan: 22 cm

Ukuran M memiliki panjang baju dan lengan lebih 2 cm dari S. Sedangkan lebarnya beda 3 cm.

Baca Juga: Bahan dan Printing Untuk Kemeja Pria Lengan Pendek Motif

4. Ukuran L

Tabel ukuran kemeja pria dewasa kategori L umumnya yang paling banyak diminati. Pasalnya ukuran ini sesuai dengan ukuran standar pria dewasa di Asia, berikut ini spesifikasinya.

Panjang baju: 74 cm

Lebar dada: 56 cm

Panjang Lengan: 23 cm

Perbedaan paling mencolok dari ukuran L dengan yang sebelumnya adalah panjang dan lebar. Jadi, ukuran ini cocok untuk kamu yang tinggi semampai standar pria dewasa.

5. Ukuran XL

Kategori ukuran XL lebih lebar dari ukuran L dengan panjang yang beda secara signifikan. Cocok untuk pria dewasa dengan postur tubuh lebih berisi. Berikut ini spesifikasi lengkapnya.

Panjang baju: 77 cm

Lebar dada: 59 cm

Panjang Lengan: 24 cm

Kemeja dengan ukuran XL memiliki panjang yang punya perbedaan 3 cm dari L. Begitu pun dengan panjang lengan yang hanya beda sekitar 1 cm.

6. Ukuran XXL

Kemudian terdapat tabel ukuran kemeja pria dewasa khusus untuk postur tubuh yang lebih besar. XXL menjadi patokan terakhir dalam standar ukuran yang sering tersedia untuk kemeja. Untuk estimasi ukurannya sebagai berikut ini,

Panjang baju: 80 cm

Lebar dada: 62 cm

Panjang Lengan: 25 cm

Ukuran 2XL atau XXL punya perbedaan 3 cm. Baik panjang baju serta lebar dada. Panjang lengan punya jarak 1 cm dari XL.

7. Ukuran Big Size

tabel ukuran big size

Terakhir ada tabel ukuran kemeja pria dewasa khusus untuk postur tubuh yang lebih besar. Ada beberapa ukuran yang tersedia, diantaranya 3XL hingga 10XL. Untuk estimasi ukurannya bisa dilihat lewat tabel berikut ini:

Sama seperti ukuran S-XXL yang punya dominan perbedaan ukuran panjang dan lebar sekitar 3 cm. Namun, jika kamu merasa memiliki postur tubuh yang berbeda dari ukuran di atas. Maka tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan jasa custom pakaian.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Hem dan Kemeja yang Perlu Kamu Tahu

Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Kemeja Pria Dewasa?

Tentu nilai ukuran di atas sulit untuk diperoleh secara detail, terlebih jika membeli kemeja secara online. Ada beberapa tips yang dapat membantu kamu menentukan ukuran kemeja yang tepat, berikut ini caranya.

  • Menggunakan kaos dalaman sebelum mengukur panjang setiap bagian tubuh. Pilih kaos dalam dengan bahan yang tipis dan nyaman.
  • Kemudian, mulai ukur setiap bagian dengan menggunakan meteran.
  • Pertama, ukur lingkar dada dengan meletakan meteran di tulang belikat hingga dada.
  • Kedua, mengukur lingkar pinggang di bagian biasanya celana dalam dikenakan.
  • Ketiga, mengukur panjang kemeja dengan membawa meteran dari bahu hingga pinggul bagian bawah.
  • Keempat, mengukur lingkar leher dengan membawa meteran melingkar pada leher.
  • Kelima, panjang lengan dapat diukur dengan membawa meteran dari leher hingga siku untuk kemeja pendek atau hingga pergelangan tangan untuk kemeja panjang.
  • Setelah mendapatkan berbagai ukuran tersebut cocokan dengan tabel ukuran kemeja pria dewasa atau cari nilai yang paling mendekati.

Sangat mudah, bukan? Untuk penggunaan kaos dalam disarankan karena umumnya kemeja dikenakan bersama dengan kaos dalaman.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Style Kemeja Oversize Korea Agar Terlihat Keren

Nah, itulah informasi mengenai tabel ukuran kemeja pria dewasa yang dapat menjadi referensi. Dengan mengetahui estimasi ukuran tersebut, maka kamu bisa mendapatkan kemeja yang nyaman dan pas untuk tubuh. 

Bagi kamu yang sedang mencari kemeja atau produk fashion pria lainnya, di Tshirtbar menyediakan beragam pilihan pakaian dengan mulai dari ukuran kecil sampai besar. Yuk, cek penawaran menarik selengkapnya di Shopee, Tokopedia, dan TikTok Shop Tshirtbar sekarang!

CTA BANNER Custom

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217