5 Cara Mengatasi Baju Kebesaran dan Kekecilan dengan Mudah

Mungkin saja di antara kalian masih belum tahu cara mengatasi baju kebesaran. Menghadapi situasi tersebut bisa jadi masalah besar ketika kita ingin tampil rapi dan nyaman. Namun, jangan khawatir, ada banyak metode yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi baju kebesaran dengan mudah. 

Khusus di artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik tentang bagaimana mengatasi baju yang terlalu besar agar tetap terlihat stylish dan cocok dengan tubuh. Yuk simak saja sampai habis.

Bagaimana Cara Mengatasi Baju Kebesaran?

bagaimana cara mengatasi baju kebesaran

Sudah tidak dipungkiri bila saat ini baju oversize sudah jadi tren. Perlu diingat juga bahwa tak semua jenis pakaian layak dipakai jika ukurannya tak sesuai badan. Masalah ini sering terjadi, terutama bila kamu baru saja belanja pakaian secara online.

Pergi ke tempat jahit bisa jadi salah satu solusi. Akan tetapi, masih ada banyak cara untuk kamu bisa mengakali baju kebesaran sehingga tidak perlu keluar budget, dan bahkan metode berikut bisa kamu coba di rumah:

1. Gunakan Ikat Pinggang

Metode pertama untuk mengakali atasan atau dress yang terlalu besar adalah dengan menambahkan sabuk pada pinggang. Hal ini membantu untuk menonjolkan lekuk tubuh, serta memberikan tampilan yang lebih anggun. Gunakan ikat pinggang seperti obi, leather belt dan tali kain biasa.

Penting untuk memilih ikat pinggang yang sesuai dengan gaya penampilan. Untuk tampilan casual, pilihan ikat pinggang berbahan kulit dapat digunakan. Sedangkan jika ingin menciptakan penampilan formal, ikat pinggang dengan aksen gold atau silver bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Masukkan Baju Ke Dalam Bawahan

Cara ini juga dinilai ampuh karena tidak butuh banyak effort. Kunci utama dalam metode ini yakni menggunakan bawahan yang punya ukuran lebih ketat. Dengan cara ini, kamu bisa menghasilkan tampilan yang lebih teratur dan rapi. 

Pastikan untuk memilih bawahan yang memiliki elastisitas baik, atau dilengkapi dengan karet pinggang agar baju yang dimasukkan tetap terasa nyaman.

3. Coba Teknik Layering

Mix and match baju yang berukuran terlalu besar dengan lapisan pakaian tambahan untuk menciptakan dimensi dan tampilan yang lebih terstruktur. Misalnya, kenakan jaket hoodie yang pas di atas baju yang terlalu besar untuk memberikan efek lebih modis. Nilai plus-nya lagi, cara ini bisa dilakukan oleh para hijabers karena outfit jadi lebih tertutup dan sopan.

4. Jadikan Sebagai Outer

Niat hati ingin tampil keren dengan baju baru, nyatanya malah kebesaran. Cara ini bisa berguna jika baju kebesaran merupakan model yang punya kancing, seperti kemeja dan dress. Kamu bisa biarkan pakaian tersebut apa adanya, akali saja sebagai outer untuk jadi pemanis outfit pada beragam gaya.

5. Konsultasi Ke Penjahit 

Jalan ini jadi satu-satunya cara bila memang kamu sangat menyukai pakaian, yang nyatanya terlalu besar. Lewat tangan penjahit handal kamu bisa konsultasi dan mengubah pakaianmu sehingga bisa sesuai dengan keinginan. Selain itu, kamu juga bisa tambahkan aksesoris atau ornamen lainnya.

Baca Juga: 3 Cara Mengetahui Ukuran Baju dari Berat Badan

Bagaimana Cara Mengatasi Baju Kekecilan?

Sebelumnya kami sudah jelaskan bagaimana mengatasi baju kebesaran, sekarang mari ikuti tips berikut agar kamu juga bisa mengakali baju yang terlalu ketat:

1. Padukan dengan Pakaian Longgar

Bila memungkinkan, kamu bisa pakai trik layering dengan mengkombinasikan pakaian yang terlalu kecil dengan luaran lebih longgar. Dengan begitu, kamu dapat menutupi lekuk tubuh serta menciptakan tampilan yang lebih modis.

2. Coba Modifikasi Pakaian

Cara ini bisa jadi ‘jalan ninja’ bila sudah bingung. Seperti contoh, tambahkan slit pada bagian samping bawah atau potong bagian bawah untuk menjadi crop top. Kamu juga dapat coba konsultasi langsung kepada penjahit, siapa tahu masih bisa diakali.

3. Jangan Terlalu Dipaksakan

Apabila pakaian terlalu kecil dan tidak nyaman saat dipakai, disarankan untuk tidak memaksakan untuk mengenakannya. Pakaian yang terlalu kecil dapat menghambat gerakan sehingga jadi tidak nyaman.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Sablon yang Pecah dan Tips Merawatnya

Bagaimana Tips Memilih Ukuran Baju dengan Tepat?

tips memilih ukuran baju dengan tepat

Selalu ingat bahwa pakaian adalah produk utama dalam kegiatan sehari-hari. Tanpa pakaian nyaman, kita jadi terganggu aktivitasnya. Maka dari itu, kamu bisa ikuti tips berikut:

1. Perhatikan Size Chart 

Setiap toko di tiap wilayah punya standar sendiri soal ukuran. Maka dari itu, pastikan untuk memeriksa tabel ukuran yang telah disediakan oleh penjual. Dengan membandingkan ukuran tubuh kamu dengan size chart toko, kamu bisa mendapatkan ukuran yang paling cocok.

2. Kenali Bentuk Tubuh

Pastinya saat memilih ukuran baju, kamu perlu kenal dengan tubuh kamu sendiri. Setiap orang punya bentuk tubuh berbeda. Di sini kamu harus bisa cermat dan teliti ketika membeli baju.

Gunakan pita pengukur untuk tahu ukuran lingkar dada, pinggang, dan pinggul. Periksa juga panjang lengan dan panjang bagian belakang yang sesuai.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Resleting Rusak dan Penyebabnya

3. Baca Ulasan Toko

Membaca ulasan dari pembeli sebelumnya tentang ukuran pakaian yang dibeli adalah langkah penting. Ulasan tersebut memberikan informasi yang berharga mengenai apakah pakaian cenderung berukuran lebih kecil, sesuai, atau lebih besar. 

Rekomendasi dari user lain juga jadi acuan yang membantu dalam memilih ukuran yang tepat.

Berikut tadi cara mengatasi baju kebesaran dan kekecilan. Sekarang, kamu juga harus bisa mempertimbangkan pakaian yang berkualitas. Tentunya bisa kamu beli di Tshirtbar!

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 217