Last Update: January 30th, 2023 at 1:40 pm

4 Cara Memilih Warna Baju yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang

Baju yang cocok untuk kulit sawo matang perlu dicermati terlebih dahulu. Ketahuilah bila warna adalah salah satu faktor penting ketika pilih pakaian kamu jadi lebih baik. Bukan cuma satu warna, pemilihan kombinasi warna pun sangat penting.

Dalam memilih warna yang tepat merupakan aspek penting dalam penampilan. Khususnya bagi orang yang punya kulit sawo matang, bisa jadi lebih sulit untuk dicocokkan dengan pakaian. Kulit sawo matang sejatinya memang terlihat eksotis, dan melekat dengan cantik Indonesia. Sayang bila tidak bisa memadukan warna baju yang pas dengan tone kulit.

 

Memilih warna baju yang tepat untuk warna kulit memang tidak semudah kedengarannya. Sehingga kamu perlu mengikuti tips di bawah ini untuk bisa tampil dengan versi terbaik dan tanpa cela.

Bagaimana Cara Memilih Warna Baju yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang?

cara memilih warna baju yang cocok untuk kulit sawo matang

Warna kulit sawo matang justru punya pesona menarik. Kulit gelap juga bisa tampak indah bila bisa memadukan baju dengan tepat. Apabila kamu adalah orang yang punya tone kulit gelap, ada banyak aspek yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan outfit apa yang akan kamu pilih:

1. Pilih Warna Monokrom

Warna monokrom adalah jenis kelompok warna yang masih satu tone dengan warna primer. Monokrom sebetulnya tidak hanya sekadar hitam dan putih. Tapi juga warna yang sifatnya masih serupa. Karena pada dasarnya ada hijau, merah dan kuning sebagai warna primer. Karena itu tidak mustahil bila warna apapun bisa dibuat dengan gaya monokrom.

Kamu bisa coba padukan satu warna sekaligus. Kuncinya adalah lihai dalam memilih paduan tone terang dan cerah. Nilai plus lagi tidak buat kulit terlihat kusam.

2. Jangan Pilih Warna Gelap

Kulit dengan tone gelap juga harus bisa tampil sempurna. Jika memakai warna gelap semua bisa buat wajah kamu jadi kusam. 

Alasan lainnya untuk tidak memakai pakaian serba gelap adalah akan buat look jadi redup. Kamu tidak mau kan terlihat datar saat berpenampilan?

3. Kurangi Pemakaian Warna Putih

Memang benar kalau putih punya rona paling cerah di antara warna lainnya. Tapi, sebaiknya warna putih kamu hindari terlebih dahulu. Sebab warna terang akan menggeser kulit sawo matang yang sudah mempesona.

Trik lain jika memang ingin memakai pakaian hitam, lebih baik tambahkan sedikit aksen warna yang playful. Misal warna oren, hijau atau pink fuschia.

4. Coba Beberapa Opsi ini

Manusia punya banyak keunikan terutama pada warna kulit. Sawo matang punya rona gelap yang seksi dan sangat cantik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memang tidak semua warna cocok dengan beberapa tone kulit. Namun, empat warna ini nyatanya sangat bisa jadi andalan.

Keempat warna tersebut diantara lain adalah ungu, peach atau salem, biru turquoise dan merah marun.

Baca Juga: Rekomendasi Warna Baju untuk Kulit Gelap

Rekomendasi Baju yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang

rekomendasi baju yang cocok untuk kulit sawo matang

Baju warna apa pun bisa menyanjung warna kulit dan terlihat bagus. Namun beberapa warna lebih baik daripada yang lain. Panduan kami akan membantu kamu untuk bisa mendapatkan tampilan keren yang sesuai untuk warna kulit sawo matang.

1. Hijau Tosca

Warna pertama adalah warna hijau. Dimana warna ini cocok karena dapat membuat kesan tegas dan sekaligus ceria pada tampilan. Cocok dipadukan dengan kulit sawo matang, yang semakin mempertegas warna kulit dan tampak lebih bersinar.

2. Salem

Warna ini termasuk ke dalam kategori pastel. Meski begitu, warna ini juga termasuk ke dalam golongan netral. Punya rona seperti warna kulit, salem dan kulit sawo matang bisa membaur dengan sempurna. Bahkan dengan warna kulit cerah dan netral sekalipun.

3. Kuning

Punya sifat yang playful, kuning bisa jadi opsi. Bagaimana tidak, warna kuning punya banyak turunan warna yang bisa dijadikan opsi. Namun pastikan untuk tidak memilih mustard. Nanti yang ada tampilan jadi tampak kurang segar.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Warna Baju yang Pudar

4. Merah Marun

Warna merah marun dikenal karena identik dengan keberanian. Sisi bold pada warna ini buat siapa saja terlihat tegas dan dewasa. Dengan kombinasi warna merah marun untuk kulit sawo matang, maka semakin memancarkan kulit sawo matang yang eksotis.

5. Hijau Sage

Hijau sage adalah warna paling trendy di tahun 2022. Sifatnya sangat membumi dan beri kesan kalem. Warna ini pas dipakai bagi kulit sawo matang. Rona cerah pada hijau sage tidak membuat tone kulit jadi samar. Malah yang ada jadi terbawa segar.

6. Ungu

Selanjutnya ada ungu yang aman digunakan dalam kegiatan apapun. Nilai tambahnya lagi bisa dipadukan dengan warna lain agar terlihat lebih menarik. Keindahan pada warna ungu juga sangat cocok digunakan bagi orang dengan kulit sawo matang. Pilih ungu dengan tone lebih cerah dari ungu biasa.

7. Abu-abu

Abu-abu ada di antara hitam dan putih. Meskipun tampak gelap, tapi di satu sisi juga cerah. Ada banyak varian abu-abu yang bisa disandingkan dengan kulit sawo matang. Namun pastikan untuk memilih abu-abu terang, supaya tidak terlihat kusam.

8. Orange

Orange atau jingga melekat dengan warna matahari tenggelam atau sunset. Punya kesan cantik tapi juga bisa digunakan bagi para kaum pria. Cerah dan kalem, adalah dua kata yang bisa mendeskripsikan warna tersebut. Apalagi pada kulit sawo matang yang semakin memperjelas keindahan warna kulit.

Baca Juga: Cara Kombinasi Warna Baju dan Celana Pria Untuk Berbagai Acara

Itu tadi beberapa tips dan pilihan warna baju yang cocok untuk kulit sawo matang. Semoga cara di atas bisa membantu kamu dalam memilih pakaian. Terutama bagi kulit sawo matang yang punya ciri khas dan layak dipamerkan. 

 

Bosan dengan gaya hoodie yang gitu gitu aja?

 

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *