Rekomendasi Warna Baju untuk Kulit Gelap

Semakin cepatnya tren fashion berlalu, banyak orang kebingungan untuk memilih baju untuk keseharian. Selain karena variasi warna dan gaya, warna kulit juga menjadi salah satu faktor yang membuat orang kebingungan dalam memilih baju untuk dipakai. Apalagi untuk mereka yang mempunyai kulit gelap yang harus pintar dalam memilih warna. Apakah Anda salah satunya? Berikut  panduan dalam memilih warna baju untuk kulit gelap yang bisa Anda ikuti.

1. Warna gelap kulit orang Asia

Dengan adanya stereotip bahwa warna kulit putih adalah warna kulit yang paling cantik, terdapat perbedaan persepsi terhadap penyebutan warna kulit gelap untuk orang Asia. Terlebih di Indonesia sendiri, warna kulit masyarakatnya lebih beragam, sehingga terdapat kerancuan persepsi mengenai apa yang disebut warna kulit gelap dan apa yang disebut warna kulit medium.  Menurut  Anda, warna kulit seperti apa yang disebut sebagai warna kulit gelap?

Agar panduan warna baju untuk kulit gelap ini sejalan dengan ekspektasi Anda terhadap warna kulit gelap, maka mari kita bahas terlebih dahulu soal warna kulit gelap di Indonesia secara singkat.

  • Warna kulit medium dan gelap di Indonesia

Warna kulit orang Indonesia pada umumnya, yakni sawo matang, merupakan warna kulit yang disebut sebagai warna kulit medium secara global. Warna kulit medium sendiri merupakan warna dengan undertones atau aksen warna kuning, peach, dan olive.

Warna kulit medium ini biasanya mudah menjadi lebih gelap karena paparan sinar matahari (tanning) tanpa terlihat terbakar seperti warna kulit putih orang Barat. Mereka yang mempunyai warna kulit ini juga mempunyai warna rambut coklat, hitam, dan warna rambut dengan beraksen merah (auburn, strawberry blonde), dan blonde. Untuk warna mata biasanya berwarna coklat, hazel, atau hijau.

Selain warna kulit medium, Indonesia juga terdiri dari masyarakat dengan warna kulit gelap. Mereka yang tergolong mempunyai warna kulit ini biasanya mempunyai undertones atau aksen warna kulit kuning, merah, atau biru. Warna-warna kulit tersebut biasa ditemukan pada mereka dengan keturunan orang Afrika atau India. Mereka memiliki warna rambut hitam atau cokelat matang, dan warna mata yang bervariasi pada warna cokelat, termasuk amber dan hitam.

2. Warna baju untuk warna kulit medium

Warna kulit medium, termasuk sawo matang milik mayoritas orang Indonesia merupakan warna kulit dengan aksen hangat atau warm undertones. Warna kulit dengan aksen hangat ini mempunyai lebih banyak pilihan warna untuk dipakai. Dibandingkan dengan warna kulit putih yang beraksen dingin atau cool undertones, spektrum warna lebih banyak yang sesuai dibandingkan yang tidak untuk baju yang akan dipakai.

Baca Juga : Kombinasi Warna Kaos yang Bagus Agar Penampilan Makin Trendi

Namun, meskipun mayoritas warna akan sesuai dipakai untuk warna kulit medium, agar pilihan Anda aman, pilihlah warna tengah yang tidak begitu terang maupun gelap. Dengan kata lain, jika Anda ingin memilih warna cokelat pastel, pilihlah pale beige dibandingkan warm sand yang cenderung lebih terang. Jika Anda ingin memilih warna ungu, maka pilihlah warna ungu yang lebih gelap seperti magenta dibandingkan mauve yang cenderung lebih ke warna pastel.

Untuk warna pelengkap, Anda bisa memilih warna dengan aksen warna bumi (earth tones) seperti cokelat, tan, khaki, kuning, hijau, oranye, abu-abu, biru, dan merah. Warna pelengkap lain yang bisa Anda pilih adalah cream, hitam, dan biru navy. Hindari warna-warna pudar seperti pastel untuk Anda yang memiliki warna kulit yang lebih terang. Untuk Anda dengan warna kulit yang sama atau sedikit lebih gelap, hindarilah warna hijau olive dan lime.

3. Warna baju untuk warna kulit gelap

Warna kulit gelap di Indonesia biasanya ditemukan pada orang yang mempunyai keturunan orang di daerah timur Indonesia, seperti Lombok, NTT, dan Papua. Dibandingkan dengan warna kulit yang lain, warna kulit gelap ini paling mudah untuk dipadu padankan dengan berbagai warna. Bahkan, bisa dikatakan bahwa pemilik warna kulit gelap cocok untuk memakai warna apa saja untuk baju mereka.

 

Mereka dengan warna kulit gelap bisa memakai berbagai warna dengan berbagai aksen (undertones). Oleh karena itu, warna baju untuk kulit gelap termasuk warna-warna terang seperti cobalt blue, jade green, dan oranye. Meskipun begitu, jangan memakai banyak warna saat memadu padankan baju. Gunakan satu atau dua warna yang saling melengkapi satu sama lain. Selamat berkreasi!

Bryan Wicaksono
Latest posts by Bryan Wicaksono (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *