Last Update: May 30th, 2023 at 5:40 pm

Mengenal Bahan Kain Diadora, Karakteristik, dan Tips Merawatnya

Bahan kain diadora sering digunakan sebagai pakaian yang butuh banyak latihan fisik. Contohnya olahraga berat dan ringan. Bahkan, Diadora saat ini juga bisa dijadikan sebagai opsi bahan untuk pakaian yang sifatnya mengarah pada gaya kasual. 

Kain ini dikenal karena karakteristiknya yang patut diacungi jempol. Supaya kamu bisa lebih paham, berikut kami jelaskan tentang kain Diadora khusus di artikel ini. Langsung saja simak!

Apa Itu Bahan Kain Diadora?

Nama Diadora sendiri diambil dari merek dan perusahaan sport asal Italia yang terkenal di dunia olahraga. Didirikan pada tahun 1948 oleh Marcello Danieli, awalnya brand ini hanya memproduksi sepatu. Seiring berjalannya waktu, Diadora mulai memperluas lini produknya hingga terciptalah pakaian dari bahan khas, yang sekarang orang tahu sebagai kain Diadora.

Bahan ini biasanya terbuat dari campuran serat polyester dan elastane, sehingga memiliki kekuatan yang baik dan sangat elastis. Kain ini punya dua tampilan berbeda antara permukaan luar dan dalam, serta mengkilap jika terkena sinar matahari.

Diadora masuk ke dalam kategori kain tebal yang tidak menerawang atau tembus pandang, sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan sportswear seperti baju, jaket, dan celana training serta dapat disesuaikan dengan berbagai desain. 

Baca Juga: 5 Bahan Baju Olahraga yang Menyerap Keringat dan Tips Memilihnya

Bagaimana Karakteristik Bahan Kain Diadora?

karakteristik bahan diadora

Seperti pada jenis kain sintetis lainnya, bahan diadora punya ciri khas yang jadi unggulan para produsen pakaian. Pada dasarnya, kain ini memang dibuat sebagai baju olahraga. Berikut cirinya:

1. Mampu Menyerap Lembab

Kain Diadora punya kemampuan yang baik dalam menyerap kelembaban, supaya menjaga pemakainya tetap kering dan nyaman selama beraktivitas olahraga.

2. Bisa Mengontrol Suhu Tubuh

Selain itu juga kain Diadora mampu mengontrol suhu tubuh dengan baik. Pengguna tidak akan merasa terlalu panas atau terlalu dingin saat berolahraga di lingkungan yang punya suhu berbeda-beda.

3. Kain yang Elastis

Pakaian yang dibuat dari bahan kain Diadora yang sangat lembut dan elastis mampu menyesuaikan diri dengan baik pada bentuk dan gerakan tubuh penggunanya. Tujuannya supaya memungkinkan pengguna untuk bergerak dengan bebas tanpa adanya hambatan. 

Sifat elastis pada kain Diadora juga mampu mengurangi risiko cedera pada otot atau ligamen ketika digunakan, terutama ketika berolahraga.

4. Bahan yang Tahan Lama

Memiliki daya tahan yang sangat baik, sehingga bisa digunakan dalam kurun waktu yang lama. Hal ini dikarenakan bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan kain tersebut adalah serat sintetis dengan tingkat ketahanan yang tinggi terhadap abrasi dan gesekan.

5. Bahan Cenderung Tidak Kusut

Serat sintetis pada kain Diadora memang dikenal bisa menjaga struktur baju supaya tetap rapi. Dari serat tersebut juga tentu akan memudahkan dalam proses perawatan.

6. Memiliki Berat yang Ringan

Bahan Diadora yang halus dan ringan memberikan kenyamanan bagi pengguna. Pakaian yang terbuat dari kain Diadora tidak memberatkan gerakan tubuh pengguna. sifat ringan pada kain Diadora juga memudahkan dalam membawa dan menyimpan pakaian.

7. Kain yang Tampak Mengkilap

Mengkilap akibat proses dari pengerjaan serat sintetis, dengan tujuan untuk memberikan tampilan yang lebih menarik dan estetik. Selain itu juga meningkatkan daya tahan dan ketahanan kain terhadap pemakaian dan perawatan.

Baca Juga: 6 Jenis Bahan Dryfit dan Kegunaannya

Apa Saja Kelebihan Bahan Kain Diadora?

Nah, ini dia keunggulan kain diadora yang wajib kamu tahu. Diantaranya:

1. Bahan Tidak Mudah Luntur

Kain Diadora juga dikenal karena tahan terhadap sinar UV dari pancaran sinar matahari. Sehingga memungkinkan jika dipakai di segala kondisi cuaca tanpa khawatir baju akan tampak kumel.

2. Punya Fleksibilitas Tinggi

Baju yang terbuat dari kain ini bisa adaptif dengan bentuk dan gerakan tubuh pemakai dengan sangat baik. Selain itu, kain Diadora juga bisa dijadikan pakaian apa saja selain baju olahraga.

3. Banyak pilihan warna

Meskipun variasi warna bukanlah karakteristik khusus dari kain Diadora, namun kain ini memang tersedia dalam berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan pengguna. Terdapat banyak pilihan warna dan corak yang dapat dipilih untuk pakaian olahraga atau busana sehari-hari.

4. Bisa Di-Custom Sendiri

Baju yang terbuat dari bahan Diadora juga bisa ditambahkan tulisan, logo atau bordir. Pengguna atau pelanggan dapat memilih desain, warna, dan ukuran yang diinginkan untuk produk custom mereka. Tentunya harus bisa pilih tempat jasa custom baju dengan reputasi baik.

5. Kain yang Breathable

Berkat bahan berkualitas yang digunakan, baju dengan bahan Diadora mampu menyerap dan mengeluarkan keringat dari tubuh. Agar pengguna bisa merasa lebih nyaman dan tidak mudah lelah selama beraktivitas. 

Sifat breathable pada kain Diadora juga membantu menjaga suhu tubuh dari kondisi kepanasan atau kelembaban yang berlebihan. Dengan begitu, pengguna dapat fokus pada aktivitas mereka.

6. Tidak Gampang Melar

Karakter kain Diadora yang tidak mudah melar juga dapat membantu menjaga tampilan pakaian yang rapi dan teratur. Sehingga pemakai bisa lebih percaya diri dalam beraktivitas.

Apa Saja Kekurangan Bahan Kain Diadora?

Selain beberapa kelebihan yang sudah dijelaskan diatas, pakaian yang terbuat dari bahan kain diadora juga memiliki sejumlah kekurangan yang perlu kamu ketahui, diantaranya sebagai berikut:

  1. Tekstur kain diadora bisa berbulu dan berubah menjadi lebih kasar jika kamu salah merawatnya.
  2. Karena bahannya ringan, maka sangat mudah untuk diterpa angin.
  3. Lebih mudah meninggalkan noda.
  4. Kain lebih mudah rusak apabila salah merawatnya.

Baca Juga: Kain Japan Drill: Pengertian, Karakteristik, dan Kelebihannya

Bagaimana Tips Merawat Pakaian dari Bahan Kain Diadora?

tips merawat pakaian berbahan diadora

Ini adalah beberapa cara menjaga agar pakaian yang terbuat dari kain Diadora tetap tahan lama dan selalu terlihat bagus:

  1. Cuci baju dengan air dingin agar tidak merusak serat kain.
  2. Hindari penggunaan pengering untuk mengindari hilangnya elastisitas kain Diadora.
  3. Jangan pakai deterjen mengandung bahan pemutih.
  4. Setrika baju Diadora dengan suhu sedang atau rendah.
  5. Hindari kucek pakaian terlalu keras supaya elastisitas kain tetap terjaga.

Terima kasih sudah membaca bahasan lengkap tentang bahan kain diadora. Kamu sudah bisa tarik kesimpulan bahwa kain satu ini bisa kamu jadikan referensi bahan utama baju, terutama pakaian olahraga. 

Jika kamu butuh baju dari bahan Diadora dengan cepat, dapatkan segera juga di Tshirtbar!

Custom Fashion Wear

Nabila merupakah penulis sekaligus tim creative dari Tshirtbar, seseorang yang mempunyai ketertarikan kuat dengan industri fashion, enterpreneur dan lifestyle
Nabila Putri Viatikara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 2 3 214